Teknologi

Manfaat Menggunakan e-Planning Internal untuk Kinerja yang Optimal

Manfaat aplikasi e-Planning internal tak hanya membantu mengoptimalkan pekerjaan namun juga memberikan strategi perencanaan kegiatan bagi OPD. Perencanaan kegiatan yang seperti apa Min maksudnya? Yuk kita cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Perencanaan Kegiatan dalam e-Planning Internal

Kalau sebelumnya kita sudah membahas apa itu e-Planning Internal dan contohnya, sekarang kita mau fokus pada manfaat dari aplikasi e-Planning Internal Sobat. Aplikasi e-Planning internal sendiri sangat erat berkaitan dengan perencanaan kegiatan dalam OPD atau Organisasi Pemerintah Daerah.

Jadi, aplikasi ini akan membantu para pemangku pemerintahan untuk membuat program kegiatan, pengajuan, hingga monitoring kegiatan. Jika sebelumnya koordinasi antara staf dan kepala bidang dilakukan sulit dilakukan, adanya aplikasi ini akan memudahkan koordinasi staf dan kepala bidang dimanapun dan kapanpun mereka berada.

Pentingnya Koordinasi dengan e-Planning Internal

Koordinasi menjadi poin penting dalam kelancaran pekerjaan, maka dari itu diperlukan pula alat komunikasi yang baik untuk memudahkan Sobat saat bekerja. Salah satu alat koordinasi adalah aplikasi e-Planning internal yang sudah memiliki sistem yang terintegrasi. Mengapa harus terintegrasi? That’s a good question!

Integrasi sendiri adalah penggabungan konten aplikasi lain dalam satu aplikasi. Misalnya, kalau berbicara e-Planning internal kita akan menemukan integrasi aplikasi e-Monev dan e-Bendahara. Penggabungan ini tentu akan menghemat waktu kerja yang dilakukan oleh staf pemerintahan. Jadi proses kerja pun akan lebih efisien dan hemat waktu.

Manfaat Integrasi Aplikasi e-Monev dan e-Bendahara

Aplikasi e-Planning dari JMC IT Consultant sudah terintegrasi dengan e-Monev dan e-Bendahara. Keduanya sangat penting untuk mendapatkan kelancaran dan efisiensi pekerjaan. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kedua aplikasi yang sudah terintegrasi dengan e-Planning Internal ini?

Aplikasi e-Monev Internal

Aplikasi e-Monev Internal memberikan kemudahan bagi kepala OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) dan Sub Bagian Program dalam mengawal pelaksanaan kegiatan di internal OPD. Adanya aplikasi e-Monev internal akan memperlihatkan kinerja bidang dan sub bidang berikut berbagai detail masalah penyebab deviasi yang menyertai.

Aplikasi e-Bendahara Internal

Aplikasi e-Bendahara Internal memberikan kemudahan bagi Bendahara di setiap OPD dalam mendeteksi NPD yang tidak sesuai dengan aliran kas dan perencanaan. e-Bendahara juga memudahkan pencatatan UP/GU/TU/LS. Sehingga tidak akan terjadi lagi selisih pencatatan dana yang memusingkan untuk ditelusuri penyebabnya.

Jadi kamu bisa mendapatkan tiga keuntungan sekaligus saat menggunakan aplikasi e-Planning Sob. Nggak cuma merencanakan program saja tapi juga untuk menganalisis dan memonitor jalannya program kegiatan tersebut.

Sudah cukup nih ngomongin integrasi aplikasi e-Planningnya sekarang saatnya cari tahu poin utama dari pembahasan kita yuk. Apa aja ya manfaat dari aplikasi e-Planning Internal yang banyak digunakan pemerintahan daerah? Lanjut belajar bareng MinTar di bawah ini.

Manfaat e-Planning Internal untuk OPD dan Pemerintah Daerah

Menggunakan e-Planning Internal memiliki sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat utamanya.

1. Memberikan efisiensi operasional
Aplikasi e-Planning internal akan lebih mengurangi biaya dan waktu kerja sehingga kinerja staf akan lebih efisien. Pemerintah khususnya OPD dapat mengoptimalkan berbagai proses perencanaan program kegiatan. Misalnya, mengelola anggaran, jadwal kegiatan, serta alokasi sumber daya.

2. Informasi yang mudah didapatkan
Aplikasi e-Planning Internal membantu staf dan kepala dalam berbagai departemen dan unit organisasi untuk berbagi informasi dengan mudah. Sistem ini membantu meningkatkan kekompakan data, sehingga koordinasi pelaksanaan tugas dan proyek dapat terjalin dengan lebih baik.

3. Pekerjaan dapat dipantau secara real-time
Real-time merupakan data yang bisa dilihat secara langsung. Nah melalui e-Planning Internal, manajer dan pemimpin bidang bisa memantau pekerjaan secara real-time. Sehingga jika ada masalah yang terjadi dapat diatasi dengan cepat.

4. Meningkatkan kekompakan
Aplikasi e-Planning internal memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antar tim dan anggota organisasi. Staf bisa memunculkan ide-ide inovatif, meningkatkan produktivitas, dan menjalin komunikasi yang lebih lancar di antara anggota tim.

5. Membantu pimpinan mendapatkan keputusan terbaik
Saat data dan informasi bisa diakses melalui aplikasi, maka pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih tepat dan cepat. Pemerintah daerah dalam hal ini bisa memutuskan program apa yang lebih berdampak bagi masyarakat serta merumuskan strategi yang lebih efektif untuk kesejahteraan masyarakat.

6. Mengelola risiko yang mungkin muncul
Melalui e-Planning Internal, pemerintah daerah dapat mengidentifikasi risiko potensial dan mengembangkan strategi pencegahan yang tepat. Hal ini membantu dalam mengurangi risiko yang terkait dengan pelaksanaan proyek atau kegiatan.

7. Meningkatkan pertanggungjawaban antaranggota
Dengan dokumentasi yang lengkap dan transparan tentang perencanaan dan pelaksanaan proyek, e-Planning Internal membantu dalam meningkatkan pertanggungjawaban di antara anggota organisasi. Setiap orang memiliki akses ke informasi yang relevan dan tanggung jawabnya, yang membantu dalam meningkatkan tanggung jawab dan kinerja individu.

Pemerintah daerah sangat membutuhkan e-Planning Internal untuk membantu organisasi dalam mencapai kinerja yang optimal Maka dari itu dibutuhkan aplikasi e-Planning yang bisa mewadahi semua kebutuhan OPD dan pemda tersebut. Kalau kamu lagi cari aplikasi ini MinTar akan kasih satu rekomendasi jasa pembuatan aplikasi yang sudah sempat disinggung sebelumnya.

Aplikasi e-Planning Internal dari JMC IT Consultant

JMC IT Consultant adalah jasa pembuatan software E-government yang terbukti pengalamannya dibuktikan dengan penghargaan The Reliable Consultant In Service Excellence Of The Year 2015. Aplikasi yang dibuat JMC mencakup aplikasi untuk pemerintah hingga swasta.

Nah salah satu yang mereka buat adalah aplikasi e-Planning internal untuk instansi pemerintahan. Tahukah Sob aplikasi e-Planning internal ini juga telah membawa beberapa provinsi menjuarai Anugerah Pangripta dari Bappenas. Untuk kelebihannya apa saja, bisa kamu cek disini.

Kelebihan Aplikasi e-Planning Internal JMC IT Consultant

  • Membantu perencanaan OPD sebelum masuk ke dalam aplikasi SIPD
  • Membantu Kepala OPD dan Sub Bidang Program dalam monitoring kegiatan
  • Monitoring sebaran anggaran per bidang dan sub bidang
  • Tampilan rencana strategis, RKPD sampai dengan RKA dalam satu halaman
  • Memantau sumber pendanaan untuk Kemendagri dan Kemenkeu
  • Mengetahui usulan program yang sudah terverifikasi atau belum secara cepat
  • Usulan dan pembahasan bidang dan sub bidang dilakukan dengan mudah
  • Update perubahan secara real time melalui fitur histori kronologi
  • Terdapat fitur pemulihan data ke posisi histori tanggal tertentu yang diinginkan
  • Mengakomodir kebutuhan khusus dalam OPD atau Pemda
  • Adanya fitur Berita Acara untuk merekam diskusi dan koordinasi
  • Renstra, Renja, dan RKA sudah tervalidasi sebelum transfer ke SIPD
  • Adanya fitur penjadwalan untuk mengatur sesi entri data dan realisasi
  • Adanya fitur mencetak berbagai format laporan secara lengkap

JMC IT Consultant punya kualitas aplikasi yang oke banget untuk mendukung kinerja pemerintahan. Jadi buat Sobat yang ingin mengikuti jejak Bappeda Aceh dan DIY menjuarai Pangripta, langsung kontak JMC IT Consultant lewat chat Whatsapp mereka sekarang.