Berita

Contoh Integrasi Sistem dan Cara untuk Mengimplementasikannya

Sebenarnya contoh integrasi sistem saat ini ada banyak. Sementara itu untuk konsepnya sendiri berkaitan dengan lainnya menggunakan banyak cara sesuai kebutuhan. Ini berguna sekali untuk mempercepat kinerja pengguna saat membutuhkan data yang akan digunakan oleh prosedur lainnya. Seperti output menjadi input.

Kelebihannya adalah bisa membuat jalannya informasi organisasi semakin baik. Bagaimanapun juga dalam menyusun laporan secara relevan itu biasanya memakan banyak waktu. Namun berkat adanya penggabungan membuat setiap orang bisa mendapatkan informasi sesuai kebutuhannya di saat itu juga.

contoh integrasi sistem

Namun meskipun begitu, agar berhasil sebagaimana mestinya, praktik ini harus dilengkapi dengan strategi jelas dulu. Jadi tujuan dan sasaran utamanya harus dibuat sebelumnya. Sehingga segala bentuk perbaikan layanan dalam memajukan bisnis atau birokrasi bisa berhasil diwujudkan sebagaimana mestinya. Jadi perhatikan dulu alurnya sebelum melakukan merger.

Bagaimanapun juga, saat dilakukan penggabungan sistem membuat efektivitas pekerjaan karyawan semakin meningkat untuk setiap instansi. Mengingat kebutuhan koordinasi setiap unit instansi semakin kompleks, sehingga kehadiran merger sistem semakin dibutuhkan oleh perusahaan. Di bawah ini adalah contoh integrasi sistem, antara lain:

Contoh Implementasi pada Perusahaan

Salah satu contohnya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri semen. Bagi manajemennya, bentuk informasi dan alur pasoknya harus tergabung sebaik mungkin karena bisa mempengaruhi segalanya. Sehingga mereka membutuhkan bantuan IT profesional dan memadai demi kemajuan bisnis perusahaan.

Baca Juga : Integrasi sistem perangkat lunak

Ada banyak alasan kenapa mereka membutuhkan merger sistem. Yaitu distributornya banyak tersebar di berbagai wilayah sehingga butuh metode yang tersentralisasi agar setiap pengiriman orderannya bisa terpenuhi sebaik mungkin. Selain itu, bisa juga karena jaringan distribusinya terdiri atas 2 pabrik, ratusan distributor, dan puluhan ekspeditur.

Cara pengiriman yang kompleks membuat kebutuhan unifikasi data tentang barang dengan pihak ekspeditur sangat dibutuhkan sekali. Meskipun sudah dibantu adanya aplikasi, namun bila tidak terintegrasi, hasilnya kurang memuaskan. Sehingga dalam praktiknya butuh tenaga IT untuk mengintegrasikan setiap sistem perusahaan sesuai kebutuhan.

Sesuai contoh integrasi sistem tersebut, maka dibutuhkan tenaga IT yang bisa mengintegrasikan semua data informasi sesuai kebutuhan. Dalam praktiknya, tim IT harus bisa mewujudkan tujuan perusahaan, menerapkan platform sistem sebaik mungkin demi pengembangan bisnis. Hasilnya terjadi beberapa perbaikan dan peningkatan kinerja perusahaan seperti penjualan meningkat.

Contoh Implementasi pada Smart City

Konsep kota pintar ini berperan penting untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi sesuai kebutuhannya. Sehingga pengelolaan sumber daya lebih efisien karena penyatuan informasinya dilakukan secara langsung untuk warga perkotaan. Tujuannya adalah supaya bisa menciptakan kota hijau yang lebih tertata rapi.

Salah satu contoh integrasi sistem yang diterapkan pada smart city adalah teknologi untuk mengontrol lalu lintas. Caranya adalah dengan mengintegrasikan setiap kendaraan yang lewat sebagai satu kesatuan lalu lintas holistic. Dari sinilah pihak IT bisa langsung memanfaatkan teknik kontrol lalu lintas sebaik mungkin.

Yaitu dengan melakukan perencanaan jaringan cerdas serta ramah lingkungan dalam penerapan integrasinya tersebut. Sehingga dengan unifikasi itulah akan membuat lalu lintas kendaraan terjaga dan terbantu dengan baik. Karena dari pusat pengontrol lalu lintas itulah semua datanya akan dikumpulkan.

Sehingga dari data yang didapatkan bisa dilakukan evaluasi untuk mendapatkan solusi dari permasalahan lalu lintas selama ini. Setidaknya parkir kendaraan dan lalu lintas jalan bisa berjalan dengan baik berkat merger teknologi pada smart city. Dengan begitu tidak ada lagi kendaraan menerobos dan parkir secara sembarangan.

Contoh Implementasi di Rumah Sakit

Jika dulu rumah sakit masih memakai cara konvensional, saat ini pelayanan public di bidang kesehatan sudah memanfaatkan teknologi informasi yang tergabung dengan baik. Entah itu dari segi manajemen dan pelayanannya. Contoh integrasi sistem yang diterapkan meliputi banyak hal.

Misalnya saja di bidang layanan kesehatan berupa data pasien sebelum melakukan penanganan medis. Dalam hal ini setelah dilakukan registrasi pasien, maka di situlah bisa diputuskan kebijakan yang harus diambil. Apakah pasien harus menjalani rawat jalan atau inap.

Karena dari data tersebut, maka segala keluhan pasien langsung muncul dan terkirim langsung ke dalam laporan medisnya. Rekam medis sendiri merupakan catatan penting tentang kondisi kesehatan pasien supaya pihak rumah sakit tahu tindakan seperti apa yang harus diambil untuk mengobatinya.

Itulah sebabnya data rekam medis harus terjaga dengan baik dengan cara disimpan ke dalam teknologi yang termerger secara online. Sehingga pencariannya lebih mudah dan tentunya semakin aman karena penyimpanan rekam medis berbasis cloud efektif menjaga data pasien dengan baik. Dengan begitu risiko kehilangan data terminimalisir.

Jika Anda sedang membutuhkan kebutuhan IT atau hanya sekedar ingin melakukan konsultasi demi perkembangan bisnis, langsung hubungi kami di (0274) 588599 dan +62 811-2542-515. Kami dari JMC IT Consultant selalu siap membantu kebutuhan IT, salah satunya seperti contoh integrasi sistem di atas untuk kemajuan perusahaan.

Comment here