Jasa pembuatan sistem integrasi terpercaya memang tidak mudah untuk ditemukan karena banyak juga jasa abal-abal yang beredar di pasaran. Sistem integrasi sangat diperlukan dalam pekerjaan, apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Sudah saatnya kita melibatkan teknologi modern untuk membuat pekerjaan efektif dan efisien.
Coba bayangkan apa yang akan terjadi bila Anda memiliki usaha dimana data-data yang dimiliki tidak bisa diakses kapan pun dan masih perlu mencocokkan kembali. Benar-benar menguras tenaga dan waktu. Contoh yang nyata penggunaan integrasi adalah di perusahaan. Dalam sebuah perusahaan yang memiliki beberapa unit atau deparment, data yang dimiliki bisa saling berkaitan satu sama lain. Jika dalam perusahaan tersebut data tersebut tidak saling terintegrasi besar kemungkinan ada tumpang tindih data yang menyebabkan ketidakefektifan bekerja karena harus double check data, dan parahnya pengambilan keputusan tidak bisa dilakukan secara tajam. Data-data yang dimiliki terpisah-pisah dan tidak bisa memberikan gambaran yang apa yang terjadi di perusahaan.
Bekerja cerdas berarti tahu bagaimana cara yang paling mudah dan memberikan hasil kerja yang lebih tepat seperti sistem integrasi. Dengan adanya sistem integrasi dalam suatu perusahaan atau perkantoran tentu memudahkan kita untuk bekerja cerdas. Kita tidak perlu lagi melakukan entri data berulang-ulang karena semua itu bisa terselesaikan dengan baik oleh sistem integrasi.Pentingnya fungsi sistem integrasi membuat kita tidak boleh sembarangan dalam memilih jasa pembuatan sistem integrasi.
Salah satu bidang usaha yang melakukan integrasi sistem adalah Tifa Foundation, salah satu yayasan terbesar di Indonesia. Mereka menghadirkan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi yang dibangun oleh JMC IT Consultant. Didalamnya terdapat aplikasi keuangan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengelolaan dan evaluasi program kerja yang saling terhubung. Manfaat yang dirasakan dari integrasi tersebut adalah:
- Setiap aplikasi terhubung untuk bertukar data secara otomatis.
- Pertukaran data lintas aplikasi menjadi lebih aman karena diproses secara sistemik.
- Dapat menampilkan rekap data lintas aplikasi secara menyeluruh.
Selain pihak swasta seperti Tifa Foundation melakukan integrasi, ada juga pemerintahan daerah yang sudah menjalankan integrasi untuk memaksimalkan produktivitas dan layanan ke masyarakat yaitu D.I.Yogyakarta. Integrasi yang dilakukan dikenal dengan Command Center D.I.Yogyakarta. Dengan menerapkan integrasi sistem informasi, ada beberapa manfaat yang sudah dirasakan yaitu :
- Hanya tinggal klik satu tombol, data berpindah dari aplikasi A ke aplikasi B.
- Secara real time, Gubernur dan pejabat daerah dapat memonitor keuangan, kinerja pegawai per instansi, dan detail lainnya mudah diamati.
- Mudah memonitor setiap sudut kota dari satu buah tempat.
- Kinerja setiap instansi dalam memberikan respon terpantau dengan optimal.
Untuk menghasilkan sistem integrasi yang bisa meningkatkan produktivitas kerja perlu persiapan yang matang dan pemilihan tim IT yang tepat. Salah satu penyedia layanan jasa pembuatan sistem integrasi di Indonesia adalah JMC IT Consultant. Mereka telah bekerjasama dengan berbagai macam bidang usaha dalam melakukan integrasi sistem. Untuk informasi lebih detail tentang layanan integrasi sistem ini, Anda bisa bertanya-tanya melalui WA JMC di +62811-2582-510.
Baca Juga : Jasa Pembuatan Sistem Dinas
Comment here