Berita

Pengertian Integrasi Sistem Perangkat Lunak dan Contoh Penerapannya

Integrasi sistem perangkat lunak adalah gabungan fungsi umum dari setiap program software pada komputer pribadi. Integrasi sistem menghubungkan 2 atau lebih sistem yang sama maupun berbeda bahasa pemrograman. Sistem-sistem tersebut dapat saling bertukar data untuk mencegah manipulasi dan dapat menghasilkan informasi baru guna mendukung pengambilan keputusan

Contoh yang nyata penggunaan integrasi adalah di perusahaan. Dalam sebuah perusahaan yang memiliki beberapa unit atau deparment, data yang dimiliki bisa saling berkaitan satu sama lain. Jika dalam perusahaan tersebut data tersebut tidak saling terintegrasi besar kemungkinan ada tumpang tindih data yang menyebabkan ketidakefektifan bekerja karena harus double check data, dan parahnya pengambilan keputusan tidak bisa dilakukan secara tajam. Data-data yang dimiliki terpisah-pisah dan tidak bisa memberikan gambaran yang apa yang terjadi di perusahaan.

Dengan melakukan integrasi sistem, ada 4 manfaat utama yang bisa dirasakan yaitu:

  • 100% data konsisten tanpa ragu dan pasti tepat.
  • Efisiensi SDM untuk mencegah entri ulang untuk data.
  • Pertukaran informasi secara real time antar aplikasi.
  • Data bisa diolah menjadi sistem pendukung keputusan.

Salah satu bidang usaha yang melakukan integrasi sistem adalah Tifa Foundation, salah satu yayasan terbesar di Indonesia. Mereka menghadirkan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi yang dibangun oleh JMC IT Consultant. Didalamnya terdapat aplikasi keuangan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengelolaan dan evaluasi program kerja yang saling terhubung. Manfaat yang dirasakan dari integrasi tersebut adalah:

  • Setiap aplikasi terhubung untuk bertukar data secara otomatis.
  • Pertukaran data lintas aplikasi menjadi lebih aman karena diproses secara sistemik.
  • Dapat menampilkan rekap data lintas aplikasi secara menyeluruh.

Selain pihak swasta seperti Tifa Foundation melakukan integrasi, ada juga pemerintahan daerah yang sudah menjalankan integrasi untuk memaksimalkan produktivitas dan layanan ke masyarakat yaitu D.I.Yogyakarta. Integrasi yang dilakukan dikenal dengan Command Center D.I.Yogyakarta. Dengan menerapkan integrasi sistem informasi, ada beberapa manfaat yang sudah dirasakan yaitu :

  • Hanya tinggal klik satu tombol, data berpindah dari aplikasi A ke aplikasi B.
  • Secara real time, Gubernur dan pejabat daerah dapat memonitor keuangan, kinerja pegawai per instansi, dan detail lainnya mudah diamati.
  • Mudah memonitor setiap sudut kota dari satu buah tempat.
  • Kinerja setiap instansi dalam memberikan respon terpantau dengan optimal.

Dengan melihat contoh di atas, integrasi sistem tidak hanya dilakukan di perusahaan namun juga bisa dilakukan di pemerintahan. Salah satu penyedia jasa integrasi sistem adalah JMC IT Consultant. Dalam memberikan layanan integarasi sistem, mereka dapat melakukan integrasikan beberapa sistem meskipun menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda, ada sesi riset untuk menghasilkan inovasi baru dari hasil proses integrasi sistem yang telah dilakukan, hingga menjamin kerahasian data selama proses integrasi.

Integrasi sistem butuh banyak persiapan dan proses pengerjaan yang matang, namun hasilnya adalah efektivitas produktivitas hingga pengambilan keputusan yang lebih akurat. Integrasi sistem bisa diterapkan dalam bidang apapun, untuk informai lebih detail  konsultasi kebutuhan integrasi sistem perangkat lunak, hubungi JMC IT Consultant melalui WA +62 811-2582-510

Baca Juga : Integrasi Sistem Informasi

Comment here