Berita

Pentingnya Melakukan Integrasi Sistem Informasi

Integrasi sistem informasi merupakan salah satu bentuk dari SIM. Karena integrasi sendiri merupakan hubungan antara subsistem agar datanya bisa berjalan sebagaimana mestinya menuju ke sistem lain. Jadi setiap sistem itu bisa saling terhubung menggunakan berbagai macam cara sesuai kebutuhan dengan yang lain.

Contoh yang nyata penggunaan integrasi adalah di perusahaan. Dalam sebuah perusahaan yang memiliki beberapa unit atau deparment, data yang dimiliki bisa saling berkaitan satu sama lain. Jika dalam perusahaan tersebut data tersebut tidak saling terintegrasi besar kemungkinan ada tumpang tindih data yang menyebabkan ketidakefektifan bekerja karena harus double check data, dan parahnya pengambilan keputusan tidak bisa dilakukan secara tajam. Data-data yang dimiliki terpisah-pisah dan tidak bisa memberikan gambaran yang apa yang terjadi di perusahaan.

Dengan melakukan integrasi sistem, ada 4 manfaat utama yang bisa dirasakan yaitu:

  • 100% data konsisten tanpa ragu dan pasti tepat.
  • Efisiensi SDM untuk mencegah entri ulang untuk data.
  • Pertukaran informasi secara real time antar aplikasi.
  • Data bisa diolah menjadi sistem pendukung keputusan.

Integrasi sistem informasi ini tidak hanya dilakukan di perusahaan namun juga telah di lakukan di beberapa instansi pemerintahan Indonesia, salah satunya adalah Command Center D.I.Yogyakarta. Dengan menerapkan integrasi sistem informasi, ada beberapa manfaat yang sudah dirasakan yaitu :

  • Hanya tinggal klik satu tombol, data berpindah dari aplikasi A ke aplikasi B.
  • Secara real time, Gubernur dan pejabat daerah dapat memonitor keuangan, kinerja pegawai per instansi, dan detail lainnya mudah diamati.
  • Mudah memonitor setiap sudut kota dari satu buah tempat.
  • Kinerja setiap instansi dalam memberikan respon terpantau dengan optimal.

Melihat penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa integrasi sistem informasi memiliki banyak manfaat dan dapat mendukung produktivitas. Salah satu penyedia layanan integrasi sistem adalah JMC IT Consultant. Bagi JMC dengan melakukan integrasi sistem, produktivitas kerja dapat maksimal dan keputusan yang lebih akurat. Jika Anda ingin mengembangkan teknologi bisnis dan membutuhkan bantuan integrasi sistem informasi, JMC dapat memberikan saran-saran terbaiknya. Untuk informasi lebih detail, Anda dapat menghubungi no WA di  +62 811-2582-510.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Peta Tematik

Comment here