Teknologi

Mengenal Aplikasi e-Monev Internal dan Kegunaannya untuk Pemerintah Daerah

Aplikasi e-Monev Internal adalah aplikasi monitoring realisasi dan pencapaian secara terpusat pada lingkup pemerintahan daerah. Aplikasi e-Monev internal bermanfaat untuk memberikan pelaporan realisasi dan pencapaian kinerja yang konsisten, efektif, dan efisien.

Supaya lebih khatam lagi, mari kita bedah istilah e-Monev dan kegunaan dari aplikasi e-Monev internal yang bermanfaat untuk pemerintah daerah berikut.

Aplikasi e-Monev Internal

Sebelum membahas mengenai e-Monev internal nih Sob, kita akan mengenal definisi dasar dari e-monev. Sebagian mungkin sudah tahu apa itu monev, tapi mungkin ada yang belum tahu, jadi MinTar akan spill definisi dari e-monev.

E-Monev sendiri merupakan kepanjangan dari electronic monitoring and evaluation, yaitu aplikasi untuk memantau dan mengevaluasi berbagai aspek kinerja organisasi. Sementara itu, E-Monev Internal merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi kinerja secara internal dalam pemerintah daerah.

Misalnya untuk memudahkan kepala OPD dan subbag program dalam mengawal proses pelaksanaan kegiatan di internal OPD. Aplikasi e-Monev internal ini umumnya punya kegunaan yang dapat menyokong aplikasi, antara lain

Kegunaan Aplikasi E-Monev Internal

Sebagai salah satu aplikasi e-Government, aplikasi ini punya banyak sekali manfaat untuk membantu pemerintah dalam menjalankan kebijakan. Berikut lima kegunaan dari e-Monev Internal.

1. Mengumpulkan dan menganalisis data
Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengumpulkan data tentang berbagai aspek kinerja organisasi, baik secara manual maupun otomatis, dan menganalisis data tersebut untuk mendapatkan informasi yang penting.

2. Membuat laporan secara berkala
Memungkinkan pembuatan laporan tentang kinerja organisasi secara berkala, yang dapat digunakan oleh manajemen atau pihak terkait lainnya untuk mengambil keputusan yang tepat.

3. Membuat pelacakan progres
Kamu bisa dengan mudah melacak progres target yang telah ditetapkan. Dengan begitu pengelolaan dan pengambilan tindakan akan lebih mudah dilakukan.

4. Manajemen risiko
Memungkinkan identifikasi, evaluasi, dan manajemen risiko yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan atau program organisasi.

5. Terintegrasi dengan aplikasi lain
E-Monev Internal dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang digunakan dalam organisasi, seperti sistem keuangan atau sistem manajemen sumber daya manusia, untuk memudahkan pertukaran data dan pengambilan informasi.

Seberapa Penting Aplikasi E-Monev Internal?

Aplikasi ini sangat berguna bagi organisasi untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam pengelolaan dan pelaksanaan program atau kegiatan mereka. Oleh karena itu, untuk mempermudah pengelolaan kegiatan dalam organisasi pemerintah daerah diperlukan e-Monev Internal yang efektif.

Namun, tidak semua aplikasi e-Monev Internal dibuat dengan baik, pasti ada saja kekurangannya. Mulai dari harganya yang mahal atau fiturnya yang tidak lengkap. Namun, berikut ini MinTar akan kasih rekomendasi jasa pembuatan e-Monev Internal yang gacor buat kamu Sob!

Aplikasi e-Monev Internal dari JMC IT Consultant

Memangnya apa kelebihan jasa pembuatan aplikasi dari JMC IT Consultant? Bukannya sama saja seperti pembuat aplikasi lainnya ya? Eits, tunggu dulu jangan salah paham Sobat, kamu bisa menemukan belasan kelebihan yang tidak bisa ditemukan di jasa pembuatan aplikasi lain.

JMC merupakan jasa pembuat aplikasi yang berfokus di pembuatan aplikasi pemerintahan loh, jadi pengalamannya pun sudah nggak usah diragukan lagi. Mereka sudah pernah membawa beberapa PEMDA seperti Pemda DIY dan Aceh menjadi juara aplikasi Pangripta.

Gimana? Masih ragu? Nih MinTar kasih rincian kelebihan dari aplikasi e-Monev Internal yang dimiliki JMC IT Consultant.

Kelebihan Aplikasi e-Monev Internal

  • Aplikasi sudah terintegrasi dengan SIPD Kemendagri sehingga tidak akan terjadi double entry
  • Data sudah otomatis tertampil dari SIPD menjadi per Bidang dan Sub Bidang
  • Data monev yang terdapat di internal OPD dapat ditampilkan per PPTK
  • Kepala OPD dan Sub Bidang Program mudah saat memantau serapan anggaran dan realisasi fisik
  • Meningkatkan kinerja masing-masing bidang, sub bidang dan PPTK karena proses monev yang lebih baik
  • Proses pembahasan monev di Internal mudah karena dengan data lebih spesifik dan detail
  • Pencatatan internal seperti penyebab deviasi, dokumen pendukung, notulensi rapat maupun catatan evaluasi lainnya yang dibutuhkan
  • Terdapat modul rekam jejak untuk mencatat progres fisik dari suatu kegiatan dalam bentuk arsip foto terkait kegiatan tersebut
  • Terdapat fitur untuk mencetak berbagai format laporan yang dapat di filter per sub bidang, bidang atau PPTK dalam interval waktu yang dikehendaki
  • Terdapat Dashboard eksekutif untuk memonitor deviasi dan capaian keuangan maupun fisik terhadap target yang sudah ditentukan
  • Dashboard eksekutif disajikan dalam bentuk grafik yang menarik sehingga lebih mudah dibaca oleh Kepala OPD dan Pejabat lainnya
  • Dashboard eksekutif dapat diakses menggunakan PC maupun mobile
  • Kepala OPD bisa mendapatkan informasi live dari HP nya tanpa harus repot meminta data ke staff yang memakan waktu
  • Bisa digunakan dalam Android dan iOS

e-Monev Internal dapat melengkapi aplikasi SIPD untuk proses monev yang lebih detail sesuai kebutuhan masing-masing OPD. Saat menggunakan aplikasi ini kinerja setiap bidang dan sub bidang dapat dilihat dengan mudah berikut dengan berbagai detail masalah yang terjadi.

Pemerintah baik kepala OPD dan subbag program bisa dengan mudah dan terarah saat mengawal berbagai proses kegiatan di internal OPD.

Kontak JMC IT Consultant

Untuk mendapatkan aplikasi e-Monev Internal ini kamu bisa langsung menghubungi tim dari JMC melalui kontak Whatsapp berikut. Tapi, kalau mau cari tahu siapa itu JMC secara lebih detail Sobat juga bisa cek di website jmc.co.id ya.

MinTar akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan dari Sobat Pintar sekalian.