Teknologi

Manfaat e-Monev Internal untuk Instansi Pemerintahan

Manfaat e-monev internal untuk instansi pemerintahan adalah untuk monitoring dan evaluasi suatu kegiatan. Yups e-monev penting sekali untuk mengetahui keberhasilan jalannya kegiatan. E-monev internal berperan untuk melihat dan mempermudah pengelolaan kegiatan pemerintah daerah secara transparan.

Namun, tak hanya itu saja manfaatnya, melalui aplikasi e-Monev kinerja pemerintah juga terbukti lebih terarah serta terseleksi dengan baik. Lantas sebenarnya apa saja ya manfaat e-monev internal untuk instansi pemerintahan? Simak penjelasannya di bawah ini ya Sobat.

Mengenal Aplikasi e-Monev Internal

Manfaat e-Monev Internal

Tempo hari kita sudah membahas mengenai aplikasi e-Monev Internal, pengertian hingga kelebihannya. Namun, untuk mengingat pengertiannya kita akan sedikit mengulas mengenai aplikasi e-Monev Internal.

E-Monev Internal adalah aplikasi yang dipakai oleh pemerintah daerah atau OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) dalam memonitoring dan mengevaluasi kerja bidang-bidang pekerjaan.

Sudah ingat? Kalau sudah tahu apa itu e-monev internal, selanjutnya kita akan mengetahui manfaat dari e-monev internal untuk instansi pemerintahan, berikut ini.

Manfaat e-Monev Internal untuk Instansi Pemerintahan

Manfaat e-Monev Internal

Manfaat e-Monev Internal yaitu untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan khususnya pemerintahan daerah. Merupakan bagian dari aplikasi e-Gov, berikut beberapa manfaat yang dimiliki aplikasi e-Monev Internal.

1. Mengurangi kesalahan entri data
Manfaat e-monev internal yang pertama adalah membantu mengurangi kesalahan penginputan data karena sudah terintegrasi dengan SIPD Kemendagri. Selain itu dalam aplikasi ini sudah terotomatisasi dengan tampilan data per bidang/sub bidang dari SIPD.

2. Transparansi data
Manfaat yang kedua adalah data monev bisa ditampilkan dengan jelas secara transparan. Selain itu data monev dapat juga ditampilkan per PPTK yang ada di internal OPD, sehingga kepala OPD atau Subbid Program dapat memantau serapan anggaran dan realisasi fisik.

3. Data bisa diperoleh secara lengkap dan detail
Pelaksanaan dan pembahasan monev menggunakan data yang lengkap dan detail. Ini dikarenakan mudahnya mendapatkan data-data penting didalam sistem seperti penyebab devisiasi, dokumen pendukung, notulensi rapat maupun catatan evaluasi lainnya secara spesifik.

4. Data bisa diperoleh dengan cepat
Pendataan lengkap dan telah terekam dalam sistem dapat dengan mudah ditransfer pada seluruh staff OPD. Dengan begitu kinerja setiap bidang, sub bidang dan PPTK akan meningkat karena proses monev lebih baik.

5. Pencetakan berbagai format laporan
Proses pencetakan laporan dapat dengan cepat dilakukan. Aplikasi e-monev punya fitur untuk mencetak berbagai format laporan berdasarkan interval waktu tertentu. Dengan begitu pelaksana bisa langsung melaksanakan proses analisa ataupun presentasi dengan pimpinan.

6. Monitoring langsung secara realtime
Modul ciamik yang terdapat dalam aplikasi e-Monev Internal JMC IT Consultant adalah Dashboard eksekutif. Modul ini berfungsi untuk memonitor deviasi dan capaian keuangan/fisik berdasarkan target.

7. Tampilan data dalam bentuk grafik
Adanya dashboard eksekutif tersebut dapat disajikan dalam bentuk grafik dengan begitu akan lebih mudah dipahami oleh siapapun yang membaca data tersebut. Selain itu dashboard ini juga bisa diakses melalui PC maupun mobile.

8. Dapat diakses melalui ponsel pribadi
Informasi yang dibutuhkan bisa dengan mudah didapat oleh kepala OPD dan admin e-Monev internal melalui ponsel pribadi. Dengan begitu mereka bisa memperoleh informasi secara realtime baik melalui IOS atau Android.

Langkah Melaksanakan e-Monev Internal dengan Aplikasi

Manfaat e-Monev Internal

Dalam mengaplikasikan e-Monev Internal, juga diperlukan sumber daya yang jujur, kompeten, dan adaptif. Karena kalau tidak, penggunaan aplikasi juga tidak akan berhasil, Maka dari itu perlu adanya beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk melaksanakan monev internal.

1. Menentukan goals dan dan Indikator
Langkah pertama yaitu menentukan tujuan dari kegiatan yang ingin dimonitoring dan dievaluasi. Setelah itu, lakukan identifikasi Key Performance Indicators/KPIs yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pemilihan aplikasi e-Monev
Memilih aplikasi e-monev internal yang cocok dengan instansi Anda, pastikan modul dan fitur-fiturnya sudah sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin memiliki aplikasi e-monev internal yang berkualitas, Anda bisa menggunakan aplikasi dari JMC IT Consultant.

3. Mengumpulkan data
Setelah memilih aplikasi yang tepat Anda bisa langsung melakukan proses pengumpulan data. Gunakan data yang relevan seperti laporan arus kas, rencana kegiatan, atau anggaran kegiatan.

4. Penginputan data ke dalam aplikasi
Jika data sudah selesai dikumpulkan, berikutnya adalah menginput data kedalam aplikasi. Pastikan tidak ada kesalahan saat melakukan penginputan data ke dalam aplikasi e-Monev internal.

5. Analisis data melalui dashboard eksekutif
Dashboard eksekutif bisa Anda gunakan untuk menganalisis laporan melalui data dalam bentuk grafik yang dikeluarkan. Anda bisa melakukan analisis yang diperlukan berdasarkan data grafik yang tertampil.

6. Membuat laporan data
Setelah menganalisis data kamu bisa mencetak data tersebut kedalam berbagai format guna melakukan pelaporan data kepada pimpinan. Buatlah laporan reguler untuk berbagai pemangku kepentingan, seperti kepala sub bidang atau program kegiatan.

7. Pelatihan dan peningkatan kapasitas
Dalam menggunakan aplikasi e-Monev internal diperlukan pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi pengguna aplikasi. Pelatihan ini penting karena terdapat fitur-fitur yang kemungkinan belum dipahami oleh user e-Monev internal. Maka dari itu diperlukan aplikasi yang user friendly dan mudah dipahami oleh pengguna aplikasi.

8. Pengelolaan data dan keamanan
Pastikan data yang dimasukkan dalam aplikasi e-Monev aman dan terlindungi dari virus atau akses yang mencurigakan. Penting sekali mencari vendor pembuatan aplikasi yang terpercaya dan punya sistem keamanan yang mumpuni.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi e-Monev internal berjalan dengan lancar dan memberikan informasi yang berharga untuk mendukung pengambilan keputusan dan peningkatan kinerja instansi pemerintah daerah. .

Namun, tetap pastikan Anda menggunakan jasa pembuatan aplikasi e-Monev internal yang mudah digunakan serta terjamin keamanannya. Adalah JMC IT Consultant jasa pembuatan aplikasi pemerintahan yang terpercaya bisa menjadi alternatif Anda.

Aplikasi e-Monev Internal dari JMC IT Consultant

Manfaat e-Monev Internal

JMC IT Consultant adalah jasa pembuatan aplikasi e-GOV, ERP, dan website yang sudah berpengalaman terkhusus dalam pembuatan aplikasi pemerintahan. JMC juga mengerjakan pembuatan aplikasi Pangripta Pemda DIY dan Aceh yang juara di tingkat nasional.

Aplikasi e-Monev internal dari JMC telah memuat semua manfaat yang disebutkan diatas mulai dari mengurangi kesalahan entri data hingga akses melalui ponsel. Selengkapnya ada di web ini.

Dengan adanya aplikasi tersebut kepala OPD dan subbag program dapat dengan mudah mengawal berbagai proses kegiatan di internal OPD. Anda juga bisa mengawal dan melihat kinerja setiap bidang dan sub bidang dengan mudah berikut dengan berbagai detail masalah yang terjadi.

Kontak JMC IT Consultant

Nah untuk memperoleh aplikasi e-Monev Internal dari JMC kamu tidak perlu repot datang ke kantornya. Cukup dengan mengontak CS dari JMC melalui Whatsapp berikut. Namun, kalau kamu masih mau ulik dan cari tahu siapa sih JMC secara lebih detail yuk kunjungi mereka di website jmc.co.id!