Aplikasi e-Database membantu meringankan pekerjaan agen data untuk melaporkan data ke pusat dengan lebih mudah dan cepat. Bagaimana tekniknya dan memang hanya itu manfaatnya? No! Banyak lagi nih manfaat dari e-Database yang mau MinTar bagikan. Ada juga tips cara mencari aplikasi e-Database yang cocok untuk instansi pemerintah.
Jadi, kamu bisa tahu mana aplikasi yang bagus digunakan agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Biar lebih totalitas tahu seluk beluk e-Database MinTar mau jabarin pengertiannya dulu ya Sob. Stay reading and enjoy belajar bareng MinTar.
Apa itu Aplikasi e-Database?
Aplikasi e-Database merupakan salah satu komponen dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang berfungsi untuk mengadministrasikan data dan informasi kondisi daerah secara online. Aplikasi e-Database ini menampilkan data statistik dasar dan data statistik sektoral secara multi tahunan.
Penggunaan data bisa dijadikan acuan untuk perencanaan pembangunan atau pekerjaan pada tahun berikutnya. Dengan data yang telah di collect secara terpusat akan menghasilkan tampilan data yang lebih akurat. Setelah tahu pengertiannya kita mau lanjut kenalan sama manfaat aplikasi e-Database khususnya untuk pemerintahan.
Manfaat Aplikasi e-Database untuk Pemerintah
Aplikasi e-Database menawarkan berbagai manfaat bagi instansi pemerintah, mulai dari pengelolaan data yang efisien hingga penghematan biaya. MinTar merangkum 10 manfaat dari aplikasi e-Database yang bisa Sobat simak berikut ini.
- Data disimpan secara terpusat sehingga pengelolaan data lebih efisien
- Proses pengambilan keputusan lebih akurat dan cepat
- Aksesibilitas dari mana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan internet
- Pegawai dapat fokus pada tugas mereka sehingga produktivitas meningkat
- Analisis data mendalam untuk membantu pengambilan keputusan dan perencanaan masa depan
- Adanya fitur keamanan untuk melindungi data sensitif
- Meningkatkan layanan publik dengan akses yang lebih cepat dan mudah
- Menghemat biaya dengan mengurangi cetak kertas, penggunaan kertas, dan kebutuhan administratif manual lainnya
- Kepatuhan terhadap regulasi
- Memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan regulasi yang berlaku
Dengan memanfaatkan aplikasi e-Database secara bijaksana, instansi pemerintah dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengambilan keputusan, hingga memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat atau pelanggan Sobat.
Memutuskan untuk menggunakan aplikasi e-gov untuk mendukung kinerja pemerintah tidak ada salahnya namun yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana mencari aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Sobat?
Tips Mencari Aplikasi e-Database yang Cocok
Yups mencari aplikasi e-Database untuk instansi pemerintahan cukup menantang. Tetapi don’t worry ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti berikut ini.
1. Menentukan kebutuhan
Langkah pertama adalah menentukan apa kebutuhan serta adalah syarat khusus yang harus diikuti. Misalnya jenis data yang perlu disimpan, diakses, dan dikelola, kebutuhan keamanan data dan lain sebagainya.
2. Kumpulkan data dengan riset
Yups riset sangat penting sebelum memutuskan menggunakan vendor. Kamu perlu melakukan riset tentang berbagai aplikasi e-Database yang tersedia dengan menggunakan mesin pencari online, membaca ulasan pengguna, dan menelusuri situs web vendor.
3. Membandingkan antara fitur dan harga
Bandingkan fitur-fitur dari berbagai aplikasi yang kamu temukan dan cocokkan dengan kebutuhan. Perhatikan juga biaya lisensi atau biaya langganan, serta apakah biaya tersebut sebanding dengan fitur-fitur yang ditawarkan.
4. Pastikan aplikasi sesuai standar keamanan
Perhatikan keamanan aplikasi sudah memenuhi standar keamanan agar data penting perusahaan tidak beresiko terkena ransomware, dicuri, atau hilang. Kamu perlu memperhatikan enkripsi data, kontrol akses, dan tindakan keamanan lainnya.
5. Lakukan uji coba atau testing
Banyak yang tidak menyadari pentingnya testing aplikasi padahal tahapan ini sangatlah penting. Kamu harus melakukan uji coba aplikasi untuk membantu memahami tentang antarmuka pengguna, fungsionalitas, dan kemudahan penggunaan aplikasi.
6. Pastikan jasa pembuatan memiliki layanan customer care
Penting untuk mempertimbangkan layanan dukungan dan layanan pelanggan yang ditawarkan oleh jasa pembuatan aplikasi. Pastikan Sobat mudah mengakses bantuan jika terdapat trouble dan perhatikan apakah ada biaya tambahan untuk layanan tersebut.
7. Carilah testimoni jasa pembuatan aplikasi
Pilihlah jasa pembuatan aplikasi yang memiliki testimoni pelanggan. Pastikan review yang mereka miliki memiliki catatan yang baik dari klien-kliennya. Kamu bisa melihat testimoni melalui website mereka, contohnya testimoni pembuatan aplikasi dari JMC berikut ini.
Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Sobat akan memperoleh aplikasi e-Database yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Tips diatas semoga bisa membantu Sobat untuk mendapatkan aplikasi e-Database yang terbaik. Namun, kalau masih bingung MinTar punya rekomendasinya nih Sob.
Jasa Pembuatan Aplikasi e-Database
MinTar mau rekomendasiin jasa pembuatan aplikasi yang cukup ngetren di kalangan pemerintah daerah yaitu JMC IT Consultant. Mereka punya produk-produk pembuatan aplikasi mulai dari aplikasi e-Gov, ERP, aplikasi dan website, juga sistem informasi.
Aplikasi e-Database merupakan produk yang cukup digemari oleh klien JMC yaitu dari Kementerian Bappenas. Adapun keuntungan yang bisa dimiliki dengan membuat aplikasi e-Database dari JMC nggak pelit Sob. Nantinya kamu bisa dapetin 16 keuntungan dengan satu aplikasi e-Database.
Keuntungan Aplikasi e-Database JMC IT Consultant
- Sukses di implementasi oleh Bangda Kemendagri, Dataku Bappeda DIY, dan daerah lain untuk mewujudkan satu data pembangunan
- Siap integrasi dengan Satu Data Indonesia
- Dapat mengeluarkan format SDGS (Sustainable Development Goals)
- Mobile apps pimpinan memudahkan mencari data dan informasi secara fleksibel
- Memudahkan Pemda mengelola ribuan data
- Digunakan sebagai alat bantu dalam monitoring kinerja daerah
- Adanya fitur raport (laporan) untuk pengisian data oleh setiap bidang
- Fitur pencarian data kilat dapat digunakan dalam hitungan detik
- Bagian dari SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) untuk menyediakan keterbukaan informasi kepada publik
- Digunakan untuk mendeteksi kesalahan entri secara otomatis
- Adanya fitur auto backup untuk mengamankan data
- Sangat mudah dan cepat dalam mencetak laporan
- Mengetahui analisis data yang paling sering dicari masyarakat
- Menyimpan data dalam interval tahunan maupun bulanan
- Menghasilkan berbagai informasi baru dan statistik yang dibutuhkan
- Dapat mendukung terwujudnya Satu Data Pembangunan
Jika ada kebutuhan khusus yang Sobat inginkan tim JMC juga bisa mengakomodir. Sobat tinggal konsultasikan saja apa kebutuhan yang diperlukan. Untuk kontak mereka, langsung menghubungi melalui Whatsapp di nomor 628112937467.