Teknologi

10 Aplikasi CRM Terbaik Serta Fitur Unggulannya

Bagi perusahaan penting sekali untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Namun, tak jarang perusahaan kesulitan untuk mengelola relasi dengan calon pelanggannya. Oleh karena itu, diperlukan aplikasi CRM untuk mengelola dan menjaga hubungan antara perusahaan dan pelanggannya.

Melalui tulisan ini MinTar akan mengajak Sobat untuk mengupas mengenai CRM atau Customer Relationship Management, mulai dari pengertian hingga rekomendasi aplikasi CRM yang cocok untuk perusahaan Sobat! Ikuti hingga akhir ya Sobat!

Pengertian Aplikasi CRM

Customer Relationship Management (CRM) merupakan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk membangun hubungan baik serta meningkatkan kepercayan dan loyalitas pelanggan. Aplikasi CRM bekerja dengan mengelola seluruh interaksi pelanggan dan bisnis secara efektif dan efisien melalui software aplikasi.

Keunggulan dari software aplikasi CRM yaitu mampu menghubungkan berbagai tim dalam departemen bisnis perusahaan sehingga memiliki akses yang sama kedalam data dan informasi pelanggan. Sistem CRM memungkinkan leads bisa berubah menjadi pelanggan yang loyal karena terjalinnya hubungan baik antar konsumen dan perusahaan.

Mengapa Bisnis Memerlukan CRM?

Adanya CRM sangat membantu kinerja perusahaan. Misalnya untuk pemusatan data, membangun hubungan baik dengan pelanggan, serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Aplikasi CRM akan mengelompokkan data pelanggan secara terpusat sehingga tim dari berbagai departemen dapat dengan mudah mencari data pelanggan yang dibutuhkan. Dapat juga digunakan untuk membangun kepercayaan kepada konsumen dengan pola komunikasi yang responsif serta komunikatif.

Selain itu, dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Software aplikasi CRM memungkinkan seluruh tim untuk dapat berkoordinasi secara cepat. Sehingga pekerjaan juga dapat lebih tersistem dengan baik serta minim kesalahan.

Fungsi Aplikasi CRM dalam Bisnis

Secara umum terdapat tiga fungsi atau manfaat dari adanya software aplikasi CRM yaitu untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, menumbuhkan conversion perusahaan, serta meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Berikut penjelasan dari masing-masing poin diatas.

1. Memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan
Aplikasi CRM mempermudah perusahaan untuk memonitoring pelanggan, dengan melihat pola interaksi, mengatasi permasalahan pelanggan secara lebih cepat. Sehingga jika ada permasalahan dari pelanggan dapat lebih cepat teratasi dan pelanggan juga mendapatkan pelayanan secara maksimal.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan
Kepercayaan pelanggan adalah komponen utama dalam proses pemasaran. Jika perusahaan telah mendapatkan rasa percaya dari pelanggan maka mereka akan sangat loyal terhadap perusahaan. Aplikasi CRM membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengerti dan melihat benar kebutuhan serta dapat memposisikan pelanggan sebagai teman bukan konsumen.

3. Menumbuhkan conversion perusahaan
Perusahaan perlu memahami pelanggan untuk dapat memiliki peluang baru untuk menjual produk atau layanan. CRM dapat menjadi salah satu sarana menumbuhkan penjualan perusahaan. Salah satunya dengan membuat iklan yang lebih tepat sasaran.

4. Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan
Aplikasi CRM akan membantu mempermudah pekerjaan karena data pelanggan sudah terintegrasi dan dapat diakses dengan sangat mudah dan cepat. Tugas-tugas yang duplikat dapat terhindarkan dan otomatis dibuat dengan sistem. Sehingga tim mampu fokus untuk melakukan pekerjaan lain dengan maksimal.

Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik dan Fitur Unggulannya

Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi CRM terbaik dan fitur unggulannya untuk perusahaan Sobat. Yuk temukan aplikasi yang paling cocok untuk perusahaan Sobat!


1. JMC Indonesia
Aplikasi CRM terbaik dan paling mudah digunakan adalah aplikasi CRM dari JMC Indonesia. Dengan aplikasi CRM dari JMC Anda akan mendukung aktivitas pemasaran, meningkatkan penjualan dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Aplikasi dari JMC juga dapat terintegrasi dengan aplikasi ERP sehingga proses pekerjaan akan jauh lebih efektif dan efisien.


2. Freshsales
Freshsales merupakan untuk membantu bisnis mengelola dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Aplikasi CRM dari Freshsales menyediakan fitur-fitur seperti; ticketing, collaboration, automations, reporting & analytics, email tracking, event tracking, manajemen sales.


3. Microsoft Dynamics CRM
Microsoft Dynamics CRM merupakan sistem operasi dari Microsoft Windows yang banyak digunakan oleh lembaga pemerintahan, jasa konstruksi, dan jasa profesional. Microsoft Dynamics memiliki tools yang fleksibel namun biaya untuk mendapatkan CRM ini cukup mahal. Fitur unggulan dari CRM Microsoft Dynamics adalah; otomatisasi dokumen, sales force automation, personalisasi, increase productivity, dan customer service tracking.


4. Sugarcrm
Sugarcrm merupakan aplikasi CRM yang cocok pada pelayanan pelanggan yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan mengelola informasi semua aspek yang berhubungan dengan hubungan pelanggan.Fitur dari Sugarcrm adalah; contact & account management, lead management, desktop integration, customer support portal, reporting.


5. Mekari qontak
Aplikasi CRM berikutnya ada dari Mekari Qontak, perusahaan asal Indonesia yang dapat terintegrasi dengan aplikasi bisnis seperti instagram, whatsapp business, email, dan sebagainya. Fitur unggulan dari Mekari qontak antara lain; fleksibel, personalisasi interaksi pelanggan, ordering & ticketing system, task & activities management, database management, report & analytics, dan lainnya.


6. Oracle
Oracle adalah perusahaan teknologi yang berasal Amerika yang salah satu produknya adalah CRM. Oracle CRM memiliki manfaat untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Fitur unggulan Oracle antara lain:

  • Meningkatkan kinerja penjualan dengan forecasting, upsell, dan manajemen komisi
  • Membantu perusahaan untuk mengelola penjualan
  • Meminimalisir proses lead-to-cash perusahaan
  • Meningkatkan produktivitas semua tim


7. HubSpot
HubSpot merupakan platform pelanggan yang menghubungkan semua yang dibutuhkan perusahaan untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik dalam satu ruang. Fitur unggulan dari HubSpot adalah; live chat, chatbot, email marketing, otomatisasi pemasaran, manajemen penjualan, laporan dan analisis bisnis, kontak manajemen.


8. Salesforce
Software aplikasi CRM berikutnya adalah Salesforce. Perusahaan yang berkantor di California ini memiliki fokus untuk pelayanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, analitik, serta pengembangan aplikasi. Fitur-fitur yang ada didalamnya yaitu; sales cloud, marketing cloud, services cloud, sales platform dan app exchanger, salesforce chatter.


9. Pipedrive
Aplikasi yang cocok untuk semua penjualan bisnis dengan keuntungan free trial yang wajib Sobat jajal adalah CRM dari Pipedrive. Fitur yang bisa Sobat gunakan antara lain; contact & account management, lead management, desktop integration, customer support portal, reporting, mobile user support.


10. Zoho
Rekomendasi terakhir adalah software aplikasi CRM dari Zoho. Zoho merupakan salah satu aplikasi CRM yang paling banyak digunakan karena mampu menawarkan efisiensi penggunaan. Fitur dalam Zoho yaitu; omnichannel, workflow automation, integrasi, self-service database.

Aplikasi CRM memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam menarik calon pelanggan dan mempertahankan pelanggan lama. Oleh karena itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk menggunakan aplikasi CRM jika ingin usahanya terus bertumbuh.

Jika Sobat tertarik membuat aplikasi CRM untuk meningkatkan profit perusahaan, Sobat dapat menghubungi JMC melalui whatsapp kami. Temukan dan buktikan aplikasi CRM terbaik dan berkualitas di JMC Indonesia.