Teknologi

Sales Pipeline, Fitur Kualitas Terbaik dalam Aplikasi Pemasaran JMC

Aplikasi pemasaran terbaik dengan fitur sales pipeline berkualitas ini wajib Sobat Pintar tahu! Sobat sudahkah tahu mengenai sales pipeline dalam aplikasi pemasaran JMC? Jika belum kali ini kita akan mengungkap rahasia Sales Pipeline, fitur berkualitas yang terdapat dalam aplikasi pemasaran JMC. Sudah siap? Yuk langsung tancap gas!

Apa itu Sales Pipeline?

Sebelum jauh membahas mengenai fitur Sales Pipeline, akan lebih baik kita pahami dahulu penjelasan mengenai Sales Pipeline. Mungkin sebagian Sobat Pintar khususnya yang bekerja di bidang pemasaran sudah mengetahui pengertian dari Sales Pipeline. Namun, MinTar akan kembali mengulas apa itu Sales Pipeline.

Pengertian dari Sales Pipeline sendiri adalah sebuah konsep pemasaran untuk memberikan gambaran kepada salesman agar dapat menentukan calon pembeli yang berprospek hingga dapat melakukan closing. Sales Pipeline merupakan kumpulan data yang digunakan untuk membantu melihat calon konsumen mana yang dapat menjadi prospek penjualan.

Untuk dapat paham mengenai sales pipeline, tim penjualan, pemilik bisnis, serta pihak lain yang terlibat tentu harus mengetahui manfaat, fungsi, tahapan, serta cara membuat sales pipeline.

Manfaat Sales Pipeline untuk Perusahaan

Sales pipeline memiliki peran yang penting untuk proses pemasaran dalam perusahaan. Adanya sales pipeline bermanfaat untuk menambah keuntungan dalam perusahaan. Misalnya, tim sales dapat secara tepat sasaran memprospek calon pembeli sehingga proses closing dapat lebih cepat dan banyak.

Manfaat dari adanya sales pipeline pastinya dapat membantu meningkatkan kualitas perusahaan baik dari sisi profitabilitas maupun kepercayaan pelanggan. Akan tetapi, di era digitalisasi seperti saat ini perlu adanya transformasi khusus untuk mengefisiensikan sistem operasional perusahaan. Adanya aplikasi pemasaran dalam perusahaan adalah salah satu jawabannya.

Tahapan Sales Pipeline

Tahapan Sales Pipeline melibatkan beberapa langkah yaitu tahap prospek, kualifikasi, kontak, menumbuhkan relasi, presentasi, dan closing. Adapun masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Prospecting: identifikasi calon pelanggan potensial melalui riset, referensi, atau pemasaran.
  • Kualifikasi: mempersempit prospek calon pelanggan dapat dilakukan dengan wawancara atau skala prioritas.
  • Kontak: menghubungi prospek untuk membangun hubungan dan memahami kebutuhan mereka.
  • Menumbuhkan relasi: membangun hubungan baik kepada calon konsumen agar nyaman dan yakin membeli produk.
  • Presentasi: menyajikan produk atau layanan secara rinci, fokus pada solusi untuk masalah prospek.
  • Closing: hasil akhir dimana kesepakatan ditandatangani, dan produk atau layanan diserahkan.
  • Follow-up: lakukan tindak lanjut untuk memastikan kepuasan pelanggan, serta membangun hubungan jangka panjang.

Tahapan dalam Sales Pipeline akan sangat membantu dalam memberikan data calon pelanggan yang prospek hingga dapat melakukan pembelian. Tim sales juga perlu melihat peluang dan lebih peka terhadap kebutuhan konsumen untuk memudahkan mencari prospek calon pelanggan.

Aplikasi Pemasaran untuk Perusahaan

Aplikasi pemasaran merupakan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan dalam operasional usaha. Baik untuk perusahaan dan kenyamanan konsumen, aplikasi pemasaran sangat membantu meningkatkan kualitas dari pelayanan perusahaan. Lantas, sebenarnya apa yang
dimaksud dengan aplikasi pemasaran?

Aplikasi pemasaran atau juga dikenal dengan aplikasi sales adalah sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan baik jasa/service/produk untuk membantu meningkatkan produktivitas tim sales dengan melacak progres pemasaran secara realtime.

Aplikasi pemasaran mampu memberikan progres data sales dengan tepat, cepat, dan akurat sehingga koordinasi antar tim dapat secara optimal dilakukan kapanpun dan dimanapun. Adanya aplikasi pemasaran akan meningkatkan kepercayaan dari konsumen serta mampu menambah etos kerja dari tim sales karena proses kerja dapat lebih efektif dan efisien.

Jika memiliki tim IT Sobat dapat dengan mudah membuat aplikasi sendiri. Namun bagaimana jika perusahaan masih belum memiliki tim IT? Tenang, saat ini banyak sekali jasa pembuatan aplikasi yang bisa Sobat pilih. Tapi ingat jangan asal pilih, pastikan jasa pembuatan aplikasi tersebut terpercaya dan bisa menampung keinginan Sobat ya!

Manfaat Fitur Sales Pipeline dalam Aplikasi Pemasaran JMC

Salah satu jasa pembuatan aplikasi pemasaran di Indonesia adalah JMC IT Consultant. Aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh JMC sudah banyak digunakan perusahaan besar. Aplikasi pemasaran yang dibuat JMC ini memiliki fitur khusus yaitu fitur Sales Pipeline.

Jika sebelumnya kita telah membahas konsep Sales Pipeline, kali ini kita akan mencari tahu aplikasi pemasaran dari JMC yang di dalamnya memuat fitur Sales Pipeline. Namun, lebih afdol jika MinTar memberikan beberapa manfaat aplikasi pemasaran yang dibuat oleh JMC. Berikut beberapa manfaat aplikasi pemasaran JMC.

  • PO/Invoice dapat diintegrasikan dengan aplikasi keuangan dan gudang.
  • Dapat dengan mudah mendokumentasikan quotation dan melacak follow up.
  • Memiliki fitur multi pricing untuk memperlebar margin keuntungan.
  • Target penjualan yang bisa dikonfigurasi secara detail.
  • Monitoring interaktif untuk capaian penjualan dan prospek masing-masing salesman.
  • Memiliki manajemen komisi tim sales dari penjualan.
  • Dapat dengan mudah memantau prestasi antar cabang.
  • Menyimpan data semua klien dan calon klien berikut transaksi atau promosi.
  • Memiliki fitur manajemen promosi untuk broadcast promosi ke konsumen.
  • Terintegrasi dengan e-Sign untuk penandatanganan dokumen secara digital.
  • Memiliki laporan penjualan dan laporan aktivitas tim pemasaran yang komprehensif.
  • Terdapat modul dashboard dan statistik pemasaran untuk membantu pimpinan dalam menentukan strategi pemasaran yang terbaik.

Aplikasi pemasaran akan sangat membantu tim sales, pemilik bisnis dalam menjalankan perusahaan. Tim sales akan lebih produktif dan cepat saat bekerja, pemilik bisnis juga dapat dengan mudah memantau progres perusahaan melalui aplikasi. Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi pemasaran ini adalah kuncinya.

Fitur yang terintegrasi satu sama lain semakin menyukseskan planning perusahaan. Salah satu fitur yang juga sudah disinggung sebelumnya adalah fitur Sales Pipeline. Manfaat dari Sales Pipeline dalam aplikasi pemasaran JMC adalah untuk melancarkan prospek calon konsumen agar dapat melakukan closing.

Berikut ini adalah manfaat dari adanya sales pipeline yang bisa membantu Sobat untuk menambah profit dan mengembangkan prospek pembeli di dalam usaha Sobat Pintar.

  • Menentukan tahapan-tahapan dalam proses penjualan
  • Memberikan peningkatan penjualan sehingga perusahaan lebih untung
  • Target perusahaan lebih mudah dicapai
  • Pelanggan mendapatkan user experience berkualitas
  • Produktivitas tim sales lebih terjaga bahkan meningkat
  • Perusahaan terbantu saat akan mengambil keputusan secara lebih cepat
  • Analisis usaha terhindar dari adanya kesalahan fatal
  • Membantu perusahaan menentukan peluang calon pelanggan

Nah, dari beberapa manfaat di atas apakah Sobat mulai tertarik untuk menggunakan aplikasi pemasaran sebagai alternatif cara untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan Sobat? Selalu gunakan jasa pembuatan aplikasi terpercaya dan berkualitas agar hasil yang Sobat dapatkan tidak mengecewakan. Jangan ragu untuk menghubungi JMC Indonesia sebagai solusi jasa pembuatan aplikasi Sobat Pintar!