Aplikasi gudang atau WMS (Warehouse Management System) adalah aplikasi wajib untuk perusahaan, terkhusus perusahaan yang membutuhkan pengelolaan banyak produk. Aplikasi yang berbasis cloud ini sangat fleksibel penggunaannya, bisa disambungkan ke dalam komputer atau laptop.
Namun untuk mendapatkan software management gudang terbaik di Indonesia, Anda perlu memahami langkah yang tepat untuk mendapatkan aplikasi warehouse terbaik. Anda sudah melakukan langkah pertama yang tepat dengan menemukan artikel ini.
Yuk, mari kita mulai memahami aplikasi warehouse dan tips mencari yang tepat untuk bisnis.
Pengertian Aplikasi Gudang
Aplikasi gudang adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola arus keluar-masuk produk perusahaan. Mulai dari pencatatan jumlah barang, penyimpanan barang, dan penghitungan barang, analisa dan laporan barang yang ada di gudang.
Warehouse Management System ini adalah perangkat yang penting bagi perusahaan yang memiliki banyak produk karena akan mengefisiensikan dan mereduksi kerugian perusahaan.
Memang sepenting apa sih aplikasi gudang bagi perusahaan? Anda wajib memahami manfaat aplikasi warehouse berikut ini.
Manfaat Aplikasi Gudang
Aplikasi gudang menjadi jawaban atas permasalahan sulitnya menghitung stok barang di gudang hingga melacak barang yang disalurkan kepada konsumen. Sangat banyak manfaat dari aplikasi ini, jadi yuk mari kita merangkumnya di bawah ini.
1. Mengelola stok barang di gudang dengan mudah
Efisien dan efektif saat mengelola stok barang yang masuk hingga keluar dari gudang. Melalui aplikasi warehouse produktivitas perusahaan jadi lebih tinggi dan human error bisa berkurang.
2. Mengoptimalkan kapasitas gudang
Produk banyak bukanlah masalah dengan adanya aplikasi warehouse , kapasitas warehouse Anda dapat cukup untuk semua stock barang. Aplikasi Warehouse bisa mendetect barang yang sudah tidak terpakai (kadaluarsa, rusak, atau hilang) sehingga kapasitas gudang bisa dioptimalkan.
3. Melacak barang secara realtime
Bingung karena laporan stok barang sangat lama didapatkan? Aplikasi gudang akan mengatasi masalah tersebut. Melalui fitur pelacakan barang Anda akan mendapatkan update stok barang mulai dari jumlah barang, barang rusak, hingga lokasi barang secara realtime.
4. Produktivitas karyawan dan perusahaan meningkat
Bayangkan jika semua kebutuhan sudah tersistem secara otomatis, maka alur pekerjaan akan lebih mudah dan cepat. Ini akan meningkatkan produktivitas karyawan karena pekerjaan yang penting lainnya bisa dioptimalkan.
5. Menghindari human error
Saking banyaknya produk yang masuk ke gudang terkadang menimbulkan beberapa masalah, misalnya penghitungan yang keliru. Ini akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Namun dengan aplikasi warehouse kesalahan seperti ini akan direduksi karena sistem bisa bekerja dengan otomatis.
6. Meningkatkan kepercayaan dan pelayanan pelanggan
Pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan adanya aplikasi gudang karena pesanan dapat lebih cepat sampai. Aplikasi warehouse memungkinkan proses pendistribusian barang ke konsumen secara cepat dan sesuai estimasi pengiriman. Tidak ada lagi kekeliruan atau overtime pengiriman barang.
7. Memberikan analisa dan laporan data yang akurat
Aplikasi 2arehouse memiliki fitur analisa dan laporan, dengan fitur tersebut perusahaan dapat melakukan analisis data stok dan operasional gudang. Setelah menganalisis, data tersebut bisa digunakan untuk membuat laporan kepada pimpinan untuk strategis kedepannya sehingga terlaksana efisiensi dan optimalisasi rantai pasokan.
Itu tadi manfaat dari aplikasi warehouse yang penting peranannya bagi jalannya perusahaan. Yes, begitu penting sehingga Anda wajib punya software aplikasi gudang untuk meningkatkan skala bisnis perusahaan.
Diperlukan pertimbangan yang matang untuk memilih aplikasi gudang yang tepat bagi bisnis. Anda harus benar-benar paham aplikasi tersebut dan tahu apa saja tips-tipsnya. Nah, di bawah ini kita akan intip tips memilih aplikasi warehouse yang tepat.
Tips Mencari Aplikasi Gudang yang Tepat
Demi mendapatkan aplikasi warehouse terbaik Anda harus tahu tips mencari aplikasi warehouse yang tepat untuk bisnis berikut ini.
1. Pertimbangkan kebutuhan perusahaan
Lakukan riset kecil-kecilan dengan bertanya kepada managerial warehouse dan departemen yang terhubung untuk tahu apa saja kendala selama proses pengelolaan gudang. Dengan begitu Anda akan mengetahui kebutuhan dan fitur penting yang harus ada dalam aplikasi.
2. Buatlah daftar pilihan vendor
Buatlah beberapa list atau daftar jasa pembuatan aplikasi warehouse , antara tiga hingga lima vendor. Di tahap ini jangan berpatok pada harga karena yang terpenting adalah kualitas. Namun, tetap perhatikan anggaran biaya jangan sampai melebihi anggaranmu.
3. Mintalah demo kepada vendor
Sudah mendapatkan daftar vendor aplikasi warehouse ? Saatnya membuat jadwal untuk bertemu dengan vendor dan melakukan demo. Ini akan memudahkan Anda dalam memberikan gambaran tentang perusahaan dan jalannya aplikasi yang ditawarkan. Disini Anda juga bisa bertanya mengenai fitur dan harga yang ditawarkan.
4. Terintegrasi dengan sistem yang ada
Pastikan aplikasi gudang sudah terintegrasi dengan aplikasi yang Anda miliki. Misalnya aplikasi pemasaran (Point of Sales) dan aplikasi asset management. Carilah vendor yang memiliki layanan terintegrasi sehingga pertukaran data dapat lebih mudah dilakukan dalam berbagai platform.
5. Mintalah pelatihan untuk mengoperasikan aplikasi
Jika sudah mantap memilih vendor pembuatan aplikasi gudang, Anda perlu meminta vendor tersebut untuk memberikan pelatihan pengoperasian aplikasi warehouse . Ini diperlukan karena jika ada fitur yang belum dipahami bisa langsung ditanyakan kepada pihak vendor. Pelatihan juga menjadi salah cara mengetes bug atau permasalahan yang mungkin muncul dalam aplikasi.
Dengan tips mencari aplikasi warehouse yang tepat untuk bisnis, diharapkan perusahaan bisa mendapatkan kemudahan saat mengelola gudang. Nah jika Anda masih kebingungan mencari aplikasi gudang, berikut kami rekomendasikan aplikasi warehouse dari JMC IT Consultant.
Rekomendasi Aplikasi Gudang
Aplikasi gudang dari JMC, menjawab stok barang dalam 10 detik!
JMC IT Consultant adalah jasa pembuatan aplikasi warehouse terbaik di Indonesia. Aplikasi Warehouse dari JMC IT Consultant akan mengelola semua kebutuhan managerial gudang Anda. Mulai dari mereduksi resiko kehilangan barang, resiko stok kadaluarsa, monitoring stok, dan mengoptimalkan kapasitas gudang.
Anda akan mendapatkan manfaat yang berlimpah saat berkolaborasi bersama JMC, yaitu.
- Mampu mengelola barang masuk dan keluar dengan mudah dan cepat
- Memudahkan proses pengamatan penataan barang karena ada fitur monitoring
- Dapat digunakan untuk mencari lokasi barang dengan cepat berdasar spesifikasi yang diinginkan
- Memudahkan metode pengelolaan stok (FIFO, LIFO, FEFO dan Average)
- Manajemen dimensi barang untuk mengoptimalkan kapasitas gudang
- Terdapat fitur stock opname, barang berpindah tempat, hingga deteksi barang hilang/rusak
- Terdapat fitur monitoring stok barang
- Terdapat fitur Barcode, QR Code dan RFID
- Telah terintegrasi dengan aplikasi aset manajemen dan pemasaran
- Terdapat fitur import data untuk proses input barang secara massal
- Terdapat fitur untuk pengelolaan multi unit warehouse
- Laporan gudang yang lengkap dan akurat
- Terdapat Dashboard Monitoring Asset
Aplikasi Warehouse dari JMC adalah solusi perusahaan yang membutuhkan efisiensi pengelolaan stok. Jika Anda memiliki bisnis yang memerlukan optimalisasi manajerial gudang aplikasi gudang by JMC IT Consultant pilihan yang tepat. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan melalui Whatsapp JMC.