Studi Kasus

Tips Belajar Coding Paling Efektif Tanpa Harus Kuliah

Mau jadi programmer handal tanpa kuliah agar bisa kerja di big company? Kamu bisa memulai dengan belajar dari internet dan video tutorial gratis di Youtube! Programmer atau ilmu komputer memang profesi yang menjanjikan dan paling banyak dibutuhkan di era digital seperti sekarang.

Dengan begitu banyak orang tertarik untuk mempelajari coding dan masuk di dunia IT. Namun, kendalanya adalah biaya dan wadah untuk belajar sebaiknya dimulai dari mana? Nah untuk membantu kamu yang sedang bingung mulai belajar dari mana, berikut JMC IT akan kasih tips belajar coding yang paling efektif tanpa harus kuliah.

Baca sampai tuntas agar jadi calon programmer ekspert ya Sob!

Tips Belajar Coding Paling Efektif

Kumpul sini yang mau belajar coding tapi bingung mau start from where. Berikut kita akan mengupas beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjadi seorang programmer. Check this out!

1. Belajar dasar pemrograman
Langkah pertama dalam belajar bahasa pemrograman adalah dengan mencari tahu jenis-jenis bahasa pemrograman. Misalnya HTML, CSS, Javascript, jQuery, Pyhton, SQL, dan sebagainya. Ini bisa kamu peroleh melalui artikel, webinar, Youtube, atau booklet di internet.

2. Mencari tutorial website gratis
Setelah mengerti dan cukup memahami mengenai bahasa pemrograman, selanjutnya kamu bisa mencari topik mengenai database dari google. Jika kamu ingin mencoba mulai coding kunjungi website W3Schools. Website ini merupakan media belajar paling sederhana dan mudah dipahami untuk kamu yang belum pernah ngoding.

3. Ikuti course online atau offline

Selain mencari tutorial coding di website, kamu juga bisa mengikuti course online/offline dan boothcamp yang bisa menambah skill coding kamu. Misalnya ikuti pelatihan yang diselenggarakan Kemenaker atau cari course online di linkedin seperti Belajarlagi atau DigitalSkola.

4. Mencari mentor
Berikutnya adalah mencari mentor, kamu harus memiliki seseorang yang kamu jadikan figur dan teladan untuk membantumu meningkatkan skill. Dengan usaha yang keras dan arahan yang tepat dari mentor pasti kamu bisa sukses mempelajari programing.

5. Bergabung ke komunitas

Selain mentoring, komunitas juga jadi ajang untuk mengembangkan skill coding kamu Sobat. Melalui komunitas yang suportif kamu bisa sharing kesulitan, bertanya apa yang belum kamu pahami, hingga networking yang bisa menyalurkan kepada pekerjaan.

6. Tingkatkan keterampilan bahasa asing
Bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh semua profesi, apalagi programing. Sebagai programer kamu pasti akan menghadapi bahasa pemrograman yang biasanya menggunakan bahasa Inggris. Jadi kamu juga perlu memperbaiki kemampuan bahasa asing kamu ya.

7. Punya tujuan dan rasa penasaran yang tinggi
Milikilah tujuan dan rasa penasaran yang tinggi agar kamu bisa bertahan dan tidak mudah menyerah. Pupuklah tujuan dan tingkatkan rasa penasaranmu sehingga kamu akan terus mencoba walaupun tidak mudah menyelesaikan problem dalam pekerjaan.

8. Temukan cara belajar yang tepat

Dibalik semua tips di atas, yang paling penting saat belajar coding adalah kamu harus tahu bagaimana teknik dan cara belajarmu yang paling tepat. Tidak semua orang bisa belajar dari cara yang sama, terus eksplor dan bertanya. Misalnya kamu bisa belajar teknik belajar seperti pomodoro, tree of knowledge ala Elon Musk, atau lainnya.

Jadi bagaimana sudah cukup jelas untuk mulai melangkah jadi programer yang profesional Sob? Setelah paham dasar-dasar bahasa pemrograman kamu bisa lanjut belajar framework pengembang aplikasi juga ya.

Untuk terus bertumbuh dan belajar tentang dunia teknologi kamu harus banyak membaca dan tidak berhenti belajar. Lengkapi informasi soal teknologi dan perkembangannya lewat blog dari JMC IT Consultant. Yuk kembangkan sayapmu di era digital dengan jadi programer handal!