Teknologi

Pengertian dan Manfaat Aplikasi e-Data Sektoral

Aplikasi e-Data sektoral merupakan sebuah program yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk membantu mengelola berbagai macam data secara otomatis. Anda akan dengan mudah mencari data tanpa memilah satu per satu secara manual karena sistem akan memanggil data yang Anda butuhkan dengan cepat.

E-Data Sektoral menjadi alternatif pemerintah daerah dan perangkat OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) dalam mengefisiensikan proses pencarian data yang cukup memakan waktu. Kenali aplikasi e-Data Sektoral guna memudahkan dan mempercepat pekerjaan staff dan pimpinan ini yuk Sobat.

Pengertian Aplikasi e-Data Sektoral

Aplikasi e-Data Sektoral

e-Data Sektoral merupakan perangkat lunak berbasis web base yang digunakan oleh organisasi pemerintah daerah dalam mengelola data secara tersistem dan otomatis. Jika sebelumnya instansi Anda mengadakan pendataan secara tertulis yang butuh ratusan bahkan ribuan eksemplar kertas, kini semua itu tidak lagi dibutuhkan.

Anda hanya butuh akses internet dan perangkat gawai untuk mengelola data tersebut. Tanpa banyak biaya, waktu, dan tenaga, aplikasi e-Data Sektoral siap merangkum dan menemukan kebutuhan data Anda hanya dalam beberapa detik.

Aplikasi ini bisa membantu pengelolaan data dalam berbagai bidang, baik pariwisata, pendidikan, pertanahan, pertanian, kebudayaan, dan banyak lainnya. Jadi, tak perlu pusing cari map untuk mendapatkan data, tinggal klik data sudah bisa kamu dapatkan.

Sepenting Apa Aplikasi e-Data Sektoral untuk Pemerintahan?

Data adalah standar yang digunakan untuk mengadakan kegiatan atau memandu orang melaksanakan suatu hal. Kebutuhan data sangat penting sebagai dasar pengambilan keputusan agar hasil keputusan tersebut dapat lebih kredibel dan berkualitas.

Sebagai pemangku keputusan yang berdampak untuk kehidupan banyak orang, pemerintah membutuhkan data untuk merumuskan kebijakan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan daerah yang terukur.

Oleh karena itu, e-Data Sektoral adalah solusi bagi pemerintah dalam mengelola dan menyajikan data secara terstruktur dan otomatis. Tanpa e-Data Sektoral pemerintah akan kesulitan dalam mengelola data yang super banyak, bahkan tak jarang akan menimbulkan banyak permasalahan.

Permasalahan Pengelolaan Data Secara Manual

Aplikasi e-Data Sektoral

Data yang dikelola secara manual akan menimbulkan banyak permasalahan, mulai dari human error, kesulitan membedakan data, file hilang, lama dalam mencari data, dan sebagainya.

  • Sulit membedakan data
    Bayangkan jika Anda memiliki ribuan data yang disimpan dalam pencatatan manual. Anda diminta untuk mengelompokkan data tersebut berdasar tahun terlampir. Ini akan membuat Anda kesulitan membedakan data yang sudah ada atau yang belum terupdate.
  • Sering terjadi kesalahan entri
    Pengelolaan data secara manual tinggi potensinya terjadi human error atau kesalahan entri. Hal ini akan berbahaya terjadi, apalagi jika berhubungan dengan data penting, seperti keuangan.
  • File hilang atau ganti penanggungjawab
    Sistem pencatatan manual rawan dengan file hilang. Selain itu jika adanya pergantian penanggung jawab file juga akan sulit ditemukan.
  • Pencarian data butuh waktu lama
    Pengelolaan secara manual menyebabkan boros waktu dan tenaga. Proses pencarian file manual akan memakan banyak sekali waktu sehingga Anda tidak bisa mengerjakan pekerjaan lain yang juga penting.

Pencatatan manual memiliki resiko yang tinggi dan tidak efisien, maka dari itu diperlukan aplikasi e-Data Sektoral untuk membantu pemerintah mengelola data. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari e-Data Sektoral, antara lain.

Manfaat Aplikasi e-Data Sektoral

Aplikasi e-Data Sektoral

Ada banyak manfaat dari penggunaan e-Data Sektoral. Apa saja? Yuk kupas satu per satu di bawah ini.

  • Mengelola Data Secara Cepat
    Aplikasi e-Data memungkinkan pemerintah untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data sektoral dengan lebih efisien. Ini mengurangi kebutuhan akan proses manual yang memakan waktu dan meningkatkan akurasi data.
  • Dasar Pembuatan Kebijakan
    Data yang terkumpul melalui aplikasi e-Data memberikan dasar yang lebih kuat untuk pembuatan kebijakan. Pemerintah dapat membuat keputusan yang didasarkan pada bukti-bukti yang akurat dan terkini, sehingga meningkatkan efektivitas kebijakan tersebut.
  • Memudahkan Mencetak Laporan
    Adanya aplikasi e-Data Sektoral memudahkan instansi dalam mencetak berbagai jenis laporan. Data yang tersimpan dalam sistem bisa dengan mudah dilihat dan dicetak kedalam berbagai format.
  • Menyimpan Data Secara Terstruktur
    Data yang disimpan dalam sistem bisa dengan mudah ditemukan dan tersimpan menurut kategorinya. Anda bisa menyesuaikan pengkategorian data berdasar jenis atau interval tahun dan bulan.
  • Keamanan Data Terjamin
    Ribuan data yang ada di dalam sistem aplikasi e-Data Sektoral sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak tanpa khawatir hacker. Fitur ini bisa diperoleh dengan membuat aplikasi e-Data Sektoral melalui jasa pembuatan aplikasi pemerintah.

Mau tahu bagaimana cara mendapatkan e-Data Sektoral yang punya mutu terapik dan bisa dipercaya? Gimana lanjut? Cuss cek di bawah ini.

Jasa Pembuatan Aplikasi e-Data Sektoral

Mencari jasa pembuatan aplikasi tak boleh sembarangan, ini adalah investasi jangka panjang yang harus dipikirkan matang-matang. Anda bisa menemukan jasa pembuatan aplikasi e-Data Sektoral atau aplikasi e-Gov dari JMC IT Consultant.

Aplikasi e-Data Sektoral dari JMC IT Consultant

Aplikasi e-Data Sektoral

e-Data sektoral dari JMC membantu pemerintah untuk mengambil keputusan yang lebih baik, meningkatkan kinerja sektor-sektor tertentu, dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Adapun kelebihannya antara lain:

  • Terdapat aplikasi mobile pimpinan untuk mencari data dan informasi
  • OPD dapat mudah mengelola ribuan data
  • Terdapat fitur raport untuk pengisian data oleh setiap bidang
  • Fitur pencarian data dalam hitungan detik secepat google
  • Merupakan bagian SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) untuk menyediakan transparansi informasi kepada publik
  • Mendeteksi kesalahan entri secara otomatis
  • Mengamankan data dengan fitur auto backup
  • Sangat mudah mencetak laporan
  • Mengetahui analisis data yang paling sering dicari masyarakat
  • Menyimpan data dalam interval tahunan maupun bulanan
  • Menghasilkan berbagai informasi baru dan statistik yang dibutuhkan
  • Dapat diintegrasikan dengan aplikasi pusat atau lainnya
  • Mendukung terwujudnya Satu Data Pembangunan

Yups itu tadi kelebihan dari e-Data Sektoral dari JMC IT Consultant, salah satu jasa pembuatan aplikasi yang paling dicari oleh pemerintahan. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut untuk membantu mengelola kebutuhan data instansi Anda. Hubungi JMC melalui whatsapp dan konsultasikan secara GRATIS permasalahan Anda sesegera mungkin.