Tak Berkategori

Apa Saja Tren IT di Tahun 2021?

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini ditambah kejadian pandemi saat ini, teknologi sangat dibutuhkan untuk membantu manusia dari keterbatasan yang tercipta karena pandemi. Bahkan dari yang awalnya jarang memakai teknologi namun karena pandemi akhirnya harus beradaptasi juga. Sebagai contoh, awalnya semua jenis meeting pasti diusahakan untuk bertatap muka agar pesan atau informasi dapat tersampaikan dengan baik. Dalam perkembangannya saat ini, kebiasaan untuk melakukan online meeting hampir terasa sama dengan direct meeting. 

Dengan perubahan yang ada selama tahun 2020, maka di tahun 2021 ini dunia teknologi akan tetap mengalami perkembangan agar lebih memudahkan kita dalam berkarya. Kira-kira apa saja tren yang akan muncul di 2021? Daftar tren teknologi ini kami sadur dan sarikan dari Forbes:

5G

Setelah kemunculan 4G beberapa tahun terakhir, koneksi 5G kembali dikejar untuk mendukung teknologi yang ada saat ini. 5G digadang-gadang memiliki bandwith internet yang lebih mumpuni. Ketergantungan manusia kepada smartphone dan perangkat pintar lainnya membuat provider telekomunikasi berlomba untuk menyediakan jaringa

Artificial Intelligence (AI)

Dengan kondisi pandemi yang membatasi pergerakan manusia, maka kebutuhan akan Artificial Intelligence (AI) semakin dibutuhkan dan dipercepat. Penggunaan AI ini bisa dilakukan untuk hampir segala bidang, selama ada data yang mencukupi dan machine learning  yang siap mengolah data tersebut. Sebagai contohnya untuk di dunia bisnis, dengan menggunakan AI dapat mengetahui perubahan kebiasaan yang terjadi pada pelanggan. Hal ini bisa dilakukan karena kegiatan manusia kedepannya akan semakin lebih banyak melalui online, mulai dari meeting, sosialisasi, hingga belanja. Harapannya di tahun 2021 ini tools untuk menganalisa data bisa semakin mudah diakses, harga yang bisa dijangkau banyak kalangan, dan infrastruktur yang semakin 

Automasi

Penggunaan robot sudah dimulai 1-3 dekade ke belakang dan saat ini penggunaannya semakin masif. Kondisi pandemi saat ini memungkinkan automasi mendapatkan kesempatan lebih untuk bersinar, karena bisa dikendalikan dari jarak jauh. Dengan menggunakan automasi, kegiatan bisa dilakukan 24×7 tergantung penyesuaian yang dilakukan. Automasi tidak hanya bisa dilakukan untuk pabrik, bahkan rumah juga bisa di automasi. 

Extended Reality (XR) – Virtual and Augmented Reality (VR/MR)

Kita biasanya mengetahui tentang Virtual dan Augmented Reality melalui games. Namun dalam perkembangannya VR dan AR ini bisa digunakan untuk bidang lainnya, sepeti bidang pendidikan. Dengan menggunakan VR/AR, maka bisa mengurangi kebutuhan untuk berkumpul dalam satu ruangan dengan kondisi belajar mengajar yang tetap berjalan. 

Masih banyak tren teknologi yang akan muncul dalam perjalan 2021. Semoga perkembangan teknologi yang ada ini, bisa semakin memudahkan kegiatan manusia. 

 

Comment here