Tak Berkategori

Cara Efektif Menjaga Keamanan Data Informasi Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan, data yang dimiliki sejak mulai berdiri hingga detik terakhir saat operasional berlangsung adalah hal yang berharga. Data di sini tidak hanya berhubungan dengan kondisi finansial saja, namun juga bisa tentang data pribadi konsumen, data pribadi karyawan, hingga data keuangan tiap department. Di perusahaan berskala menengah ke atas, data merupakan materi yang sangat berharga dan patut dilindungi, karena jika ada kebocoran data bisa terjadi beberapa hal yang merugikan seperti malware, phising, hingga hacking. Untuk mencegah hal-hal yang tidak baik tersebut, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan perusahaan dalam menjaga kerahasiaan datanya baik data karyawan maupun data pelanggan. Berikut tindakan preventif yang bisa dilakukan:  

Mengajari karyawan tentang keamanan jaringan sejak awal mulai kerja. 

Saat ini, kebiasaan Bring Your Own Device (BYOD) sudah jamak dilakukan dan ini memberikan kebebasan bagi karyawan dalam bekerja. Dari banyaknya jenis yang dibawa oleh karyawan, ada hal yang kurang menjadi perhatian yaitu tentang kurangnya enkripsi dari perangkat mereka. Oleh karena hal itu, pada saat awal masuk kerja ada baiknya untuk memberikan bimbingan apa saja hal-hal yang bisa dilakukan karyawan dalam upaya menjaga data perusahaan. Karena komunikasi formal biasanya dimulai lewat email, maka ada baiknya informasi tentang email phising juga disampaikan dahulu dan juga bisa menyampaikan aplikasi berbagi file publik contohnya Dropbox untuk lebih berhati-hati. 

Perbaharui software keamanan perusahaan secara berkala

Berinvestasi pada keamanan jaringan, antivirus, dan software tidaklah salah karena itu bentuk investasi jangka panjang dalam menjaga data yang dimiliki. Melakukan pemeliharaan secara berkala termasuk bentuk perlindungan yang dapat dilakukan untuk mencegah kebocoran data. Jika tim internal belum memiliki kemampuan dalam hal keamanan data ada baiknya ada mempercayakan ke tim profesional yang terpercaya. 

Melakukan backup data

Selalu backup data yang dimiliki karena terkadang ada kondisi diluar kendali seperti pemadaman listrik hingga benca alam. Anda bisa juga menggunakan tools yang bisa langsung menyimpan data-data secara otomatis seperti menggunakan Google Drive, sehingga dapat meminimalisir kehilangan data atau lupa memperbaharui data. Dengan menggunakan tools seperti Google Drive, maka saat melakukan pergantian perangkat maka data yang dimiliki bisa langsung terkoneksi. 

Comment here