Teknologi

Apa Itu Phising Link Dan Apa Saja Yang Harus Kita Lakukan?

Di era yang informasinya sangat cepat ini, kadang kita sampai kesusahan membedakan mana informasi yang baik dan kurang baik. Bahkan terkadang kita pun terjebak dalam sebuah pilihan yang sulit. Dalam prosesnya, kita sering mendapatkan link atau tautan tertentu yang sudah diperpendek sebagai contohnya link yg depannya bit[.]ly, atau s[.]id ?. Ini adalah URL shortener sehingga link asli lebih pendek daripada menggunakan link dari www https. Yang harus diwaspadai adalah banyak link palsu yang banyak disembunyikan lewat URL shortener. 

Apa hubungannya menyembunyikan link ini dengan phising link? 

Phising ini diambil dari kata fishing yaitu memancing. Tujuan dari phising adalah memancing dan mengarahkan orang-orang ke suatu halaman, website, bahkan aplikasi dengan tujuan maksud melakukan penipuan. Phising link ini biasanya berkedok link yang diperpendek atau sejenisnya, namun ada juga yang sampai membeli domain yang mirip namanya dengan produk yang asli, sehingga banyak orang yang terkecoh. Untuk phising link yang menyerupai domain aslinya, patut kita cermati lebih seksama. Biasanya perusahaan besar langsung membeli beberapa domain sekaligus seperti domain co.id, co, org, net, dll untuk menghindari penipuan dengan kata kunci yang sama.  

Phising Link ini biasanya mencuri data-data penting bagi orang yang mengaksesnya, seperti password, nama pengguna, serta data penting lainnya. Baik kita mengakses link atau tautan tersebut dari komputer maupun dari smartphone. Kita terkadang tidak memperhatikan secara seksama url yang kita akses, padahal kita perlu memastikannya kembali. Terkadang ada phising link yang tanpa perlu memasukkan kata sandi ataupun nama pengguna tapi sudah menyedot data kita. 

Lalu, bagaimana cara menghindari phising link ini?

Salah satu cara untuk mengetahui sumber atau arah link adalah dengan menyalin link tersebut dan kita masukkan ke Google, supaya Google yang mengecek link tersebut arahnya kemana. Selain melalui Google, kita dapat mengakses https://wheregoes.com/  dan https://urlscan.io/  untuk menelusuri sumber link tersebut, terutama apabila alamat URL menggunakan fasilitas perpendek link. Selain menggunakan alat bantu tersebut, hal yang paling mendasar adalah kita tidak selalu main klik pada link atau tautan yang kita dapat. Jika kita merasa tidak yakin dengan link tersebut ada baiknya kita mengecek terlebih dahulu link tersebut. 

 

Comment here