Bagaimana cara memasarkan produk ke luar negeri agar pasar semakin luas? Pernah nggak kamu membayangkan “Andai saja produkku bisa dijual secara global pasti seneng plus bangga banget!”
Nah, sekarang kamu bisa mewujudkan impian memasarkan produk ke luar negeri hanya dengan mengetikkan jari kamu loh! Penasaran? Berikut MinTar rangkum 7+1 caranya simak sampai akhir yaps.
Wait, sebelum mengetahui 7 cara memasarkan produk ke luar negeri, kamu udah tahu belum apa saja manfaat dari memasarkan produk di luar negeri? Penting banget kamu tahu agar bisnis kamu makin cuan dan strategi marketing kamu bisa tepat sasaran.
Manfaat Memasarkan Produk ke Luar Negeri
Sobat memasarkan produk ke luar negeri tentu bermanfaat baik untuk meningkatkan cuan atau memperluas pasar. Tapi, sudahkah kamu tahu sebenarnya apa sih manfaat dari memasarkan produk ke luar negeri selain dua hal itu? Yuk cari tahu dulu biar kamu bisa memaksimalkan hasilnya.
1. Meningkatkan potensi pasar luar negeri
Memasarkan produk ke luar negeri akan memperluas potensi pasar kamu. Perusahaan jadi punya akses pasar yang lebih besar sehingga pertumbuhan produk juga lebih tinggi daripada pasar domestik.
2. Menambah keuntungan
Adanya akses ke pasar yang baru dapat meningkatkan pendapatan dengan menarik pelanggan di luar negeri. Ibaratnya nih, kamu membuka cabang di tempat yang lebih dekat dengan target, otomatis pelanggan lebih mudah mengunjungi toko kamu deh.
3. Menumbuhkan inovasi
Bersaing di pasar internasional dapat mendorong perusahaan untuk lebih kreatif dan inovatif. Perusahaan akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda di berbagai pasar.
4. Meningkatkan branding dan citra merek
Memasarkan produk ke luar negeri dapat membantu memperkuat branding dan citra merek perusahaan. Kamu akan dipandang oleh pasar domestik sebagai produk yang sukses di pasar global. Selain itu calon pembeli juga bisa lebih percaya dengan citra perusahaan kamu Sob.
5. Kemitraan dan Aliansi
Memasuki pasar luar negeri juga dapat membuka peluang untuk menjalin kemitraan dan aliansi strategis dengan perusahaan lokal atau internasional, yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pertumbuhan perusahaan.
Dengan demikian, memasarkan produk ke luar negeri dapat menjadi langkah strategis yang penting bagi perusahaan untuk pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjangnya. Berikutnya ini saatnya kita mengungkap 7 cara memasarkan produk ke luar negeri dengan internet.
7 Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Internet
MinTar merangkum 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk ke luar negeri nih Sob. Mulai dari pemasaran melalui sosial media, beriklan, pakai marketplace, email marketing, SEO dan SEM, website, bekerja sama dengan investor asing, hingga menggunakan aplikasi untuk membantu pemasaran.
Temukan cara-caranya di bawah ini ya.
1. Sosial Media Marketing
Siapa yang tidak mengenal media bersosialisasi dan mencari informasi di dunia maya ini? Melalui sosial media pemasaran produk akan lebih cepat sampai ke audiens luar negeri Sob. Kamu hanya perlu menyesuaikan platform yang digunakan di negara sasaran.
Misalnya, di Tiongkok kamu perlu menggunakan Weibo untuk promosi, sementara di Amerika kamu bisa memakai Facebook. Yups, sesuaikan media sosial di tiap negara karena mereka punya kebiasaan dan kriteria yang berbeda.
2. Beriklan dengan platform ads
Teknik memasarkan produk yang ampuh adalah beriklan. Kamu bisa menarik banyak target market melalui platform iklan, misalnya Google Ads maupun Facebook Ads.
- Google Ads : Melalui Google Ads kamu bisa memilih kata kunci yang nantinya akan menaikkan traffic di website perusahaanmu. Dengan Google Ads kamu bisa bebas memilih negara tujuan yang akan kamu sasar untuk memasarkan produkmu.
- Facebook Ads : Facebook Ads bisa mendatangkan pengunjung ke website perusahaan kamu mirip seperti Google Ads. Kamu bisa bebas memilih demografi tujuan market, mulai dari usia, jenis kelamin, kota, pekerjaan, hobi, dan lain sebagainya.
3. Menggunakan marketplace internasional
Sudah punya sosial media dan juga sudah beriklan, kini saatnya kamu untuk mulai menggunakan marketplace internasional. Maksudnya, kamu bisa membuat akun marketplace yang banyak digunakan di dunia, seperti Alibaba, Amazon, Ebay, AsiaCommerce, hingga OLX. Melalui marketplace internasional orang dari negara manapun akan lebih gampang membeli produk kamu.
4. Mengirim email marketing
Menggunakan email marketing akan cukup membantu pemasaran produk kamu Sob. Penyampaian promosi dengan email marketing umumnya bersifat personal, sehingga orang akan merasa diperhatikan oleh brand perusahaan.
Mereka pun akan merasa nyaman dan mudah untuk menerima tawaran darimu. Misalnya nih kamu bisa memulai email dengan menyebutkan nama mereka atau mulailah dengan kalimat yang menyemangati mereka.
5. SEO dan SEM
SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) merupakan dua teknik dalam pemasaran digital untuk meningkatkan traffic situs web di mesin pencari. Umumnya orang menggunakan search engine seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex untuk mencari informasi. Nah kedua teknik ini akan membantu untuk menghubungkan calon pelanggan agar dengan mudah menemukan produk kita.
6. Kolaborasi Co-branding
Co-branding adalah bentuk kolaborasi antara 2 merek untuk memperkenalkan produk atau layanan dengan branding baru kepada pasar. Strategi ini cukup banyak digunakan misalnya, kolaborasi Samsung x BTS, Chitato x Indomie Goreng, Rans x Garuda, dan sebagainya. Melalui kolaborasi dengan merek luar kamu berpeluang untuk mendapatkan pasar baru dan memperkuat pasar lama dengan produk baru yang unik.
7. Website multibahasa
Hubungannya website sama pemasaran apa sih min? Like father and son, keduanya sangat erat berkaitan. Website khususnya website yang bilingual ibarat toko online yang sangat dibutuhkan pelanggan asing untuk melihat produk-produk kita.
Agar semakin dilirik oleh calon pelanggan kamu butuh website terbaik yang cantik dan fungsional. Nah kamu bisa kok punya website tersebut, caranya pakai jasa pembuatan website agar hasilnya maksimal. Terus cari jasa pembuatan websitenya dimana Min? Hmm, ada satu nih jasa pembuatan website yang bisa kamu percaya yaitu JMC IT Consultant.
Siapa JMC IT Consultant?
JMC adalah jasa pembuatan website yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis kamu. Website yang dihasilkan oleh JMC adalah website custom dan eksklusif sehingga mampu mengakomodir semua kebutuhan bisnis kamu Sob.
Dalam menghasilkan website tersebut, JMC menghadirkan manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik bisnis saat ingin membuat sebuah website seperti:
- Desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan
- Keamanan yang terjamin karena menggunakan CMS buatan sendiri
- Desain website yang responsif dapat dibuka melalui semua perangkat
- Gaya bahasa yang komunikatif dan menarik untuk semua kalangan
- Materi website original dan bisa membuat sesi foto khusus
- Dapat terintegrasi ke aplikasi lainnya
Weits, tak cuma sampai di website aja nih ada satu lagi cara yang bisa dipakai untuk memasarkan produk ke luar negeri. Kalau 7 cara tadi lebih kepada strategi eksternal sekarang kita mau cari tahu strategi internalnya. Apa sih caranya?
Menggunakan Aplikasi Pemasaran untuk Management Klien
Tadi kita sudah bahas strategi eksternal memasarkan produk ke luar negeri salah satunya dengan punya website. Tapi perlu strategi internal juga nih agar bisnis dapat berkembang dan mendapatkan keuntungan besar. Salah satu caranya adalah memastikan kenyamanan serta kepuasan pelanggan.
Tapi kalau management kliennya sembarangan calon pelanggan kita tidak percaya dan malah kabur. Maka dari itu gunakan bantuan software bisnis seperti aplikasi pemasaran untuk meningkatkan produktivitas dan melacak progres pemasaran secara realtime. Sehingga proses kerja tim pemasaran dapat lebih cepat dan pelanggan bisa mendapatkan produk dengan cepat juga Sob.
Mau coba aplikasi pemasaran yang bantu kamu untuk memasarkan produk ke luar negeri? Klik link Whatsapp ini ya.
Comment here