Mau bisnis tour and travel kamu lebih cuan Sobat? Ikutin cara promosi bisnis ini yuk.
Peluang bisnis travel cukup menjanjikan dewasa ini seiring pengembangan pariwisata Indonesia yang semakin tinggi. MinJar sendiri punya sekitar 15 rekan yang memiliki bisnis tour plus travel di lebih dari satu kota yang berbeda.
Tulisan ini cocok buat kamu yang sedang merencanakan atau bahkan sudah memulai menjalankan bisnis tour and travel tapi masih bingung untuk melakukan promosi. Nah, berikut ini MinJar mau kasih tips untuk mempromosikan bisnis tour and travel kamu secara efektif.
Tips Mempromosikan Bisnis Tour and Travel
Ada dua cara promosi bisnis yang akan kita bahas berikut ini, yang pertama adalah promosi bisnis secara online dan promosi secara offline. Promosi online memfokuskan pada sosial media, website, dan iklan. Sementara, promosi offline dengan mengikuti event atau melakukan co-branding.
Promosi Secara Online
Promosi online adalah teknik marketing dengan menggunakan internet. Kamu bisa melakukan beberapa strategi branding dan marketing yaitu dengan menggunakan sosial media (Instagram, Youtube, Facebook, Tiktok), website, inbound marketing, dan iklan.
Sosial Media
Sosial media merupakan alat bisnis yang menjanjikan untuk media promosi. Banyak target market yang bisa kamu dapatkan dari platform bersosialisasi di dunia maya ini. Kamu bisa membuat akun sosial media seperti Instagram, Tiktok, Youtube untuk branding dan jualan. MinTar sarankan pakai Tiktok nih Sob karena platform satu itu berpotensi besar membuat brand kamu viral dan cepat dikenal oleh orang.
Saat kamu punya konten yang unik dan bagus lalu kamu posting di Tiktok kesempatan besar untuk kamu mendapatkan follower dan like yang tinggi. Tapi kamu juga perlu mempertimbangkan chanel lain karena terkadang algoritma Tiktok susah untuk kita tebak. Jadi akan jauh lebih baik kamu mempersiapkan chanel pribadi untuk promosi yaitu website.
Website
Website satu-satunya media promosi yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan dan keinginan kamu sendiri. Ibaratnya website ini adalah rumah yang bermanfaat untuk menjamu tamu-tamu yang akan datang. Nah sebagai tuan rumah kamu harus mempersiapkan jamuan makan, suasana yang menyenangkan, dan tampilan rumah yang cantik biar tamu kamu betah singgah di rumah kamu dong.
Sama nih dengan website, orang pasti akan tertarik kalau kamu menyediakan produk yang lengkap, mudah diakses, menarik untuk dilihat, dan ramah untuk digunakan. Ini cocok banget buat kamu yang mau promosi bisnis tour dan travel karena kamu bisa mengatur sendiri produk apa saja yang akan kamu jual.
Salah satu yang bisa membantu kamu mewujudkan website untuk promosi bisnis yaitu jasa pembuatan website terbaik dari JMC IT Consultant. Mereka juga punya fitur website multibahasa yang bisa menggaet wisatawan dari luar negeri, kamu nggak perlu repot translate karena bahasanya akan otomatis disesuaikan dengan visitors website.
Inbound Marketing
Cara berikutnya adalah dengan menggunakan inbound marketing. Jika sebelumnya strategi bisnis banyak menggunakan outbound marketing, saat ini cara yang lebih efektif dan relevan adalah menggunakan inbound marketing. Lantas apa yang dimaksud dengan inbound marketing?
Inbound marketing adalah cara pemasaran yang fokusnya adalah dengan membantu calon konsumen menemukan apa yang mereka cari dengan menggunakan internet. Misalnya menggunakan SEO, blogging, iklan, serta sosial media marketing. Cara ini akan lebih efektif saat promosi karena audiens dapat secara organik (tanpa paksaan) mencari produk kita.
Karena konteksnya promosi secara organik, maka dari itu kita perlu melakukan branding yang memukau sehingga audiens dapat tertarik. Kalau kamu mau tahu seluk beluk pentingnya branding coba cek di artikel ini ya Sobat.
Beriklan di Google Ads
Last but not least, cara promosi bisnis online yaitu beriklan di google. Mengapa Google? Sebagai platform pencarian terpopuler di dunia ini Google merupakan kolam yang sangat cocok untuk beriklan. Dengan memanfaatkan Google Ads, kamu akan mendapatkan lead baru untuk nantinya bisa dikonversi menjadi pembeli.
Ada 2 versi Google Ads yakni “search” dan “display”, “search” memanfaatkan kata kunci untuk menghidupkan iklan Anda di mesin pencari google. Sementara “display” memanfaatkan user profil untuk menghidupkan iklan Anda di website yang bekerja sama bersama dengan Google Adsense. Yuk tambah cuan dengan beriklan.
Promosi Secara Offline
Promosi offline adalah strategi marketing yang melibatkan interaksi fisik dengan pembeli. Misalnya, travel fair, memasang plang atau spanduk nama bisnis, hingga bekerjasama dengan bisnis lain (co-branding).
Travel Fair
Travel fair atau biasa dikenal dengan expo adalah cara yang efektif untuk promosi bisnis kamu. Kamu akan dipertemukan dengan banyak target audiens yang punya kebutuhan untuk berwisata. Jadi, peluang untuk memperkenalkan dan menjual jasa tour atau travel kamu semakin luas.
Selain itu, kamu bisa bergabung dan menjalin relasi dengan pemilik bisnis lain untuk nantinya bisa diajak bekerjasama. Walaupun budget yang diperlukan untuk expo ini cukup besar namun peluangnya juga sangat efektif untuk memperluas pasar kamu secara offline.
Memasang Plang atau Spanduk
Terdengar kuno ya Sob? Tapi, jangan salah plang dan spanduk sangat penting untuk memberikan identitas bisnis kita kepada para calon pelanggan atau pelanggan kita. Jika bisnis tidak dilengkapi plang maka orang tidak akan tahu lokasi kantor dan mereka juga akan ragu dengan kredibilitas bisnis kamu. Jadi, kalau belum ada identitas di depan kantor kamu yuk segera bikin.
Bekerjasama dengan Bisnis Lain (Co-Branding)
Bangun relasi seluas-luasnya dengan banyak orang dan cari channel bisnis lain yang bisa kamu ajak kerjasama. Misalnya, hotel, restoran, fotografer, tempat wisata, dan bisnis lain yang berkaitan dengan tour and travel. Dengan relasi dan channel yang luas kamu bisa menaikkan omset bisnis dan cuan semakin mengalir lancar.
Selain itu, kamu juga bisa melakukan strategi co-branding, yaitu berkolaborasi dengan bisnis atau brand lain. Misalnya, kolaborasi antara Arion Transport dengan Sheraton Bandara Hotel dan Shuttle Bus Plaza Indonesia.
Promosi Bisnis harus dibarengi dengan perbaikan sistem internal perusahaan juga loh jangan sampai berat sebelah aja. Caranya bisa kamu cek di bawah ini.
Sistem Aplikasi untuk Mempermudah Promosi Bisnis
Promosi bisnis tour dan travel kamu tidak akan berjalan dengan maksimal kalau sistemnya juga nggak dikelola dengan baik. Masa iya promosinya udah jor-joran tapi pengelolaannya nggak diperhatikan, kan sayang. Kamu bisa loh memulai mengelola sistem bisnis kamu dengan aplikasi pemasaran maupun aplikasi management sistem kelancaran berbisnis.
Masih belum kebayang? Nih MinTar punya contohnya dari PT Angkasa Tour and Travel yang membuat aplikasi management sistem bersama JMC IT Consultant. Mereka merupakan agen jasa tour and travel terbesar di Medan dan beberapa cabang kota lainnya. Tahun lalu PT Angkasa Tour mengembangkan aplikasi internal untuk mengelola pendataan hingga penjualan tiket yang mudah dikelola dan digunakan oleh karyawan.
Nah dengan adanya aplikasi ini perusahaan bisa lancar beroperasi dan pelanggan juga senang karena sistemnya yang cepat. So, buat kamu yang mau mengikuti jejak PT Angkasa Tour and Travel langsung chat di kontak Whatsapp ini ya.
Comment here