Aplikasi HRIS terbaik penting digunakan oleh perusahaan untuk menunjang performa karyawan untuk tingkatkan produktivitas perusahaan!
Aplikasi HRIS atau aplikasi kepegawaian ini berfungsi untuk mengelola dan mengakses segala informasi tentang SDM perusahaan secara mudah dan cepat. HRIS adalah solusi bagi setiap HRD perusahaan untuk mengefektifkan kinerjanya, mengingat beban kerja yang banyak dan harus diselesaikan dalam waktu yang cepat dan tepat.
Jadi untuk kamu para HR atau pemilik perusahaan yang mau tahu lebih jauh tentang aplikasi HRIS terbaik dan rekomendasi aplikasinya, artikel ini bisa jadi referensi kamu Sobat. Mari bahas lebih detail bareng MinTar!
Apa itu aplikasi HRIS?
Aplikasi HRIS merupakan akronim dari Human Resource Information System. Adanya aplikasi ini membantu manajer HR dalam pengelolaan dan akses berbagai informasi tentang SDM secara baik dan cepat.
Aplikasi HRIS sejak tahun 2019 telah menjangkau berbagai bidang dan bisnis. Sebanyak 55% perusahaan memilih menggunakan HRIS sebagai media perekrutan. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi HRIS merupakan solusi bagi HR untuk mengefektifkan alur pekerjaannya.
Salah satu poin utama yang menjadi manfaat dari HRIS yaitu aplikasi bisa saling terintegrasi. Misalnya, integrasi dengan aplikasi absensi dan aplikasi payroll. Untuk menunjang performa perusahaan diperlukan aplikasi HRIS terbaik.
Fungsi Aplikasi HRIS Terbaik untuk Bisnis dan Perusahaan
Sobat, jika kamu masih menggunakan pencatatan tradisional dengan sheet, drive, ataupun pembukuan manual sekarang saatnya menggunakan aplikasi HRIS yang 10 kali lipat mempercepat proses pekerjaan kamu sebagai HR. Apa saja fungsi dari aplikasi HRIS terbaik ini ya? Yuk lanjut baca fungsinya berikut ini.
1. Produktivitas karyawan meningkat
Efektif dan efisien dalam bekerja adalah idaman untuk karyawan. Apalagi saat deadline menumpuk dan waktu tidak cukup, wah rasanya mau lari dari kenyataan aja nggak sih Sobat? Nah HRIS ini adalah aplikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja HR. Misalnya kamu lebih mudah mengumpulkan CV dan memeriksa informasi kandidat dalam proses rekrutmen.
2. Mengurangi human error
Selain lebih produktif, HRIS memampukan Sobat untuk meminimalisir kesalahan. HR sangat erat dengan banyak regulasi pemerintah yang riskan dengan hukum, salah sedikit saja berakibat fatal. Nah, aplikasi HRIS memberikan otomatisasi sehingga kesalahan-kesalahan tersebut akan berkurang.
3. Dapat menganalisa performa perusahaan
HRIS berfungsi untuk menganalisa performa perusahaan kamu loh Sobat! Hal ini dikarenakan sistem HRIS telah dilengkapi dengan metrik yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Misalnya, menganalisa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam proses perekrutan perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang penting.
Menggunakan aplikasi HRIS lebih menguntungkan daripada sistem tradisional. Saatnya beralih ke aplikasi dan kamu akan merasakan banyak sekali manfaat aplikasi kepegawaian ini Sobat. Lalu bagaimana caranya menentukan aplikasi HRIS terbaik yang bisa dipakai? Tenang MinTar akan memberikan tips cara mencari aplikasi HRIS terbaik yang cocok untuk kamu gunakan.
Tips Mencari Aplikasi HRIS Terbaik
Ada 7 tips yang bisa Sobat aplikasikan untuk mendapatkan aplikasi HRIS terbaik. Setelah tahu tips ini kamu nggak akan keteteran dan repot searching-searching lagi. Bingung nggak sih Sobat, kalau kebanyakan rekomendasi. Kalau MinTar sih malah mumet, nah ini nih tipsnya, kamu simak baik-baik ya!
1. Cari tahu kebutuhan perusahaan
Langkah pertama, Sobat harus banget mengerti apa sih kebutuhan dari HR dan perusahaan saat ini. Tanyakan pada HR dan cocokan aplikasi yang sesuai disertai fitur yang cocok untuk digunakan agar pembuatan aplikasi lebih efisien .
2. Aplikasi mudah untuk digunakan
Memilih aplikasi yang mudah digunakan juga penting Sobat. Pastikan aplikasi HRIS yang akan kamu gunakan sudah user friendly untuk seluruh tim HR sehingga proses adopsi aplikasi mudah dan cepat dilakukan.
3. Integrasi dengan aplikasi lain
Integrasi aplikasi memungkinkan seluruh departemen dapat berkoordinasi dengan cepat. Untuk itu pilihlah aplikasi HRIS sudah terintegrasi (read: contoh sistem integrasi) dengan aplikasi lainnya yaitu aplikasi absensi dan aplikasi payroll management.
4. Perhatikan keamanan data
Sekuritas data perusahaan cukup riskan, Anda harus mempertimbangkan betul aplikasi HRIS sudah memiliki sistem keamanan data yang sesuai. Tanyakan mengenai langkah-langkah keamanan yang diterapkan dalam aplikasi untuk melindungi informasi sensitif karyawan.
5. Dukungan pelanggan
Dukungan pelanggan penting dimiliki, pastikan penyedia HRIS memberikan dukungan pelanggan yang baik untuk membantu Sobat mengatasi masalah atau pertanyaan yang kemungkinan akan muncul.
6. Uji coba dan evaluasi
Penting juga nih Sobat, kamu harus melakukan uji coba aplikasi HRIS untuk mengevaluasi kinerjanya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau belum. Jika belum, segera tanyakan kepada vendor untuk menanggulangi kesalahan jangka panjang.
7. Gunakan vendor yang terpercaya
Terakhir, gunakan vendor atau jasa pembuatan aplikasi HRIS terpercaya. Misalnya, pilih vendor yang telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk menghindari penipuan dan hal yang tidak diinginkan kedepannya.
Untuk memilih jasa pembuatan aplikasi HRIS terbaik, MinTar punya rekomendasinya khusus untuk Sobat Pintar.
Rekomendasi Jasa Pembuatan Aplikasi HRIS Terbaik
Aplikasi HRIS terbaik banyak dicari dan digunakan oleh perusahaan untuk membantu mengakomodir tugas HR agar lebih efektif dan efisien. Mendapatkan jasa pembuatan aplikasi HRIS terbaik memang susah-susah gampang, namun tidak mustahil juga! Salah satu jasa pembuatan aplikasi salah satunya adalah JMC Indonesia. Termasuk kedalam top tier jasa pembuatan aplikasi instansi pemerintahan terpercaya, JMC sudah berkiprah selama lebih dari 10 tahun. Kenalan dulu yuk sobat dengan JMC!
Mengenal JMC IT Consultant
Rekomendasi aplikasi HRIS terbaik bisa Sobat dapatkan dari JMC IT Consultant, mereka menyediakan pembuatan sistem ERP yang telah mencakup aplikasi HRIS dan integrasi aplikasi lainnya. JMC telah dipercayai banyak sekali brand dan perusahaan besar untuk membuat aplikasi dan website. Contohnya, Gojek, Isuzu, Pertamina, BI, BNI, PLN, dan juga Kementerian.
Manfaat yang bisa Sobat dapatkan dari aplikasi HRIS JMC juga sangat beragam, antara lain.
- Tata kelola data pegawai yang lengkap dan dapat di custom.
- Proses promosi, demosi maupun mutasi dikelola secara digital
- Penyimpanan data riwayat jabatan serta gaji secara runtut dan lengkap
- Pencatatan benefit perusahan yang lengkap
- Meminimalisir kesalahan cuti karena perizinan dan cuti via online
- Telah terintegrasi dengan aplikasi Absensi dan aplikasi Payroll.
- Penilaian kinerja karyawan disertai dengan analisis kinerja untuk mendukung pengambilan keputusan perusahaan
- Riwayat kasus dari karyawan serta penetapan surat peringatan (SP) bagi karyawan
- Terdapat fitur pengelolaan proses resign bagi karyawan yang terintegrasi dengan pengecekan hutang/aset yang dibawa.
- Dapat mencetak data pegawai dengan filter dan format yang lengkap.
Terdapat dashboard analisis untuk Manager HR dan Direksi menganalisa data karyawan dan pembiayaan yang dikeluarkan.
Kapan lagi kan dapat banyak manfaat cuma dengan satu aplikasi HRIS terbaik dan sudah terintegrasi juga dengan aplikasi lainnya Sobat! Kalau Sobat penasaran dan mau berkonsultasi dengan JMC kamu hubungi kami lewat Whatsapp.