Pemasaran online mampu menjangkau banyak orang sekaligus sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat. Lantas bagaimana dengan pemasaran tradisional apa keuntungannya dan diantara kedua ini manakah yang lebih efektif? Sabar kita akan buka rahasianya dengan lengkap disini. Jadi cepat siapkan catatan, kita mau belajar bareng-bareng sekarang.
Apa itu Pemasaran online dan tradisional?
Sama seperti judulnya, pemasaran online adalah teknik penjualan melalui internet, sementara pemasaran tradisional adalah teknik penjualan melalui media konvensional. Untuk lebih jelasnya, MinTar akan memberikan definisi kedua istilah tersebut berikut ini.
Pemasaran online
Pemasaran online telah menjadi primadona terlebih di era serba instan ini, bagaimana tidak coba Sobat ingat-ingat dalam satu hari berapa lama kamu mengakses internet via ponsel? Rata-rata kita akan mengakses ponsel 6 jam dalam sehari baik untuk entertain, mencari informasi atau untuk urusan pekerjaan. Dengan potensi yang sangat besar ini pemasaran online banyak digunakan oleh berbagai bidang bisnis. Kesempatan besar Sob!
Apa itu pemasaran online? Jika diuraikan, pemasaran online merupakan jenis transaksi penjualan yang digunakan untuk memperkenalkan produk dan layanan bisnis kepada masyarakat dengan menggunakan media digital dan akses internet. Adapun mediumnya bisa berupa iklan di sosial media, website, email marketing, SEO, dan lainnya.
Pemasaran tradisional
Nah lanjut ke pemasaran tradisional Sob. Siapa bilang era pemasaran tradisional sudah tidak digunakan lagi? Traditional marketing is still out there! Kamu akan menemukan banyak iklan di televisi hingga billboard (papan iklan besar) di jalanan dengan cukup mudah.
Sekarang mengenai definisi dari pemasaran tradisional nih yang akan kita bahas. Apa itu pemasaran tradisional? Pemasaran tradisional dan digital sama-sama digunakan untuk memperkenalkan bisnis ke masyarakat luas, bedanya hanya terletak pada penempatannya. Pemasaran tradisional menggunakan medium konvensional seperti televisi, billboard, koran, majalah, hingga radio adlibs untuk memperkenalkan produknya.
Kedua jenis pemasaran di atas memiliki poin plus dan minusnya masing-masing, tapi dua-duanya bisa secara bersamaan digunakan untuk promosi dan branding sebuah perusahaan. Hanya saja Sobat perlu mempertimbangkan sisi untung dan rugi antara pemasaran online maupun pemasaran tradisional.
Kelebihan dan Kelemahan Pemasaran Online dan Tradisional
Pemasaran online dan tradisional memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Untuk menentukan medium pemasaran yang tepat bagi perusahaan kamu, berikut MinTar merangkum kelebihan dan kelemahan dari keduanya.
Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online
Kelebihan pemasaran online antara lain
- Memungkinkan akses jangkauan yang sangat luas karena melalui online tidak ada batasan geografis, sehingga bisa diakses audiens di seluruh dunia.
- Memiliki biaya iklan yang lebih rendah dibandingkan dengan pemasaran tradisional seperti iklan cetak atau televisi, pemasaran online seringkali lebih ekonomis.
- Adanya tools analisis yang dapat memudahkan pengiklan untuk menganalisis dan melakukan strategi pemasaran kedepannya.
- Target audiens yang tepat sasaran karena adanya alat dan algoritma targeting sehingga kampanye lebih relevan dan efisiensi pemasaran lebih meningkat.
- Adanya interaksi langsung antara pengiklan dengan target audiens sehingga mampu membangun loyalitas dan kepercayaan calon pembeli.
Kelemahan pemasaran online antara lain
- Memerlukan keahlian yang mumpuni agar hasilnya optimal, tanpa keahlian dan pengetahuan tinggi, akan sulit mendapatkan hasil pemasaran yang sesuai keinginan.
- Risiko penipuan yang tinggi, seperti penipuan kartu kredit atau serangan phishing, yang dapat merugikan bisnis dan citra merek.
- Tingginya kompetensi bisnis karena banyaknya bisnis yang berkompetisi secara online, persaingan dapat menjadi sangat sengit.
- Tidak jelasnya algoritma platform seperti Google atau media sosial yang dapat berubah secara tiba-tiba sehingga mempengaruhi konten atau iklan.
- Akses internet yang terbatas di beberapa wilayah yang dapat membatasi jangkauan pemasaran online.
Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Tradisional
Kelebihan pemasaran tradisional antara lain
- Memungkinkan mencapai target demografi tertentu, terutama jika menggunakan media seperti surat kabar lokal, majalah spesifik, atau radio berbahasa lokal.
- Melalui pemasaran tradisional, produk atau layanan dapat dipresentasikan secara fisik, yang dapat menarik perhatian konsumen dan membangun kepercayaan.
- Konsumen dapat memiliki pengalaman langsung dengan produk atau layanan, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan.
- Iklan cetak atau radio dapat membantu membangun kesadaran merek yang kuat di kalangan konsumen.
- Bersifat evergreen karena akan tetap relevan dalam jangka waktu yang lebih lama daripada konten digital yang cepat berubah.
Kekurangan pemasaran tradisional antara lain
- Biaya yang lebih mahal, terutama untuk iklan televisi, radio, atau cetak yang berulang.
- Sulit untuk mengukur seberapa efektif kampanye pemasaran tradisional karena sulitnya melacak respons langsung dari konsumen.
- Pemilihan target yang kurang presisi, sehingga bisa menjadi pemborosan dana jika pesan tidak diarahkan kepada audiens yang tepat.
- Keterbatasan Interaksi, sehingga tidak memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen.
- Jika ada kesalahan atau perlu perubahan dalam pesan pemasaran, harus mengulang dari awal.
Jadi gimana sudah bisa menentukan yang kira-kira cocok dipakai untuk bisnis kamu belum Sob? Masih bingung yah? Oke, biar lebih mudah lagi kita cari tahu deh yang lebih better pemasaran online atau pemasaran tradisional di bawah ini.
Pemasaran Online vs Pemasaran Tradisional
Baik keduanya! Saat ini baik pemasaran secara tradisional maupun online boleh kok dilakukan beriringan karena memiliki pasarnya masing-masing. Tidak bisa dipungkiri dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, pemasaran secara online lebih banyak diminati karena mudah dilakukan dan cepat.
Salah satu bentuk pemasaran online yang banyak dipakai terlebih untuk mendapatkan citra profesional dan kredibel adalah dengan menggunakan website. Saat bisnis memiliki website banyak manfaat yang bisa Sobat rasakan, ini nih manfaatnya.
- Meningkatkan kredibilitas usaha
- Menjangkau target market yang lebih luas
- Mudah diakses kapan pun
- Bisa semakin dekat dengan pelanggan
- Meningkatkan pelayanan ke pelanggan.
Untuk memiliki website tersebut, Anda bisa mempercayakan ke jasa pembuatan website terbaik yaitu JMC IT Consultant. JMC IT Consultant memiliki layanan pembuatan website yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis Sobat. Website yang dihasilkan oleh JMC adalah website custom dan eksklusif sehingga dapat mengakomodir kebutuhan bisnis dan perusahaan.
Jasa Pembuatan Website JMC IT Consultant
JMC IT Consultant merupakan jasa pembuatan website yang sudah dikenal dan dipercaya oleh banyak perusahaan besar seperti Siemens, Gojek, Pertamina, AirNav, Kimia Farma. Dengan pembuatan website custom JMC akan memberikan berbagai keunggulan yang bisa memaksimalkan produktivitas bisnis kamu loh. Mau tahu keunggulannya apa saja?
Keunggulan Website Custom by JMC
- Fleksibel, menampilkan semua kebutuhan perusahaan
- Tampilan desain website yang eksklusif
- Keamanan lebih terjamin karena source code tidak diketahui oleh banyak orang
- Integrasi dengan aplikasi lainnya
Kalau mau memasarkan produk, website adalah solusinya. Kamu akan mudah mentrack audiens hingga melakukan kampanye untuk mengembangkan brand kamu Sobat. Jadi, sekarang saatnya kamu berbenah dan berubah agar bisnis lebih cuan. Langkah pertama bisa kamu coba dengan chat di whatsapp ini ya.
Comment here