Bimtek 5 Kabupaten/Kota Aplikasi Sistem Update Data Perubahan Sosial dan Potensi Konflik DIY

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuktikan komitmen untuk terus berupaya dalam meredam potensi konflik di DIY.  Komitmen tersebut ditunjukkan dengan mengembangkan aplikasi yang diharapkan mampu menjadi alat bantu dalam monitoring munculnya potensi-potensi konflik di DIY.

Belum lama ini, Badan Kesbangpol DIY menyelenggarakan Bimbingan Teknik (Bimtek) bagi 5 (lima) Kabupaten/Kota di DIY untuk memaksimalkan pemanfaatan aplikasi Sistem Update Data Perubahan Sosial dan Potensi Konflik DIY. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah menciptakan arus informasi yang mengalir dan berkesinambungan dari mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi dengan didampingi pengawasan dari berbagai pihak.

Berlandaskan tujuan diatas, memang diperlukan pengenalan aplikasi kepada seluruh perwakilan atau petugas di setiap Kecamatan dan Kabupaten. Bimtek dilakukan berurutan dimulai dari Kota Yogyakarta yang berlokasi di Aula Bhineka Tunggal Ika Kantor Badan Kesbangpol DIY dan diakhiri dengan bimtek untuk Kabupaten Gunungkidul.

Dalam 5 (lima) rangkaian kegiatan tersebut, dilakukan juga monitoring dan evaluasi untuk data potensi konflik Triwulan I (satu) dan II (dua). Seluruh potensi konflik dengan status “belum selesai” dibahas satu persatu oleh berbagai pihak. Hal ini memungkinkan diketahuinya informasi paling update untuk masing-masing potensi konflik yang telah terjadi. Tingginya antusiasme peserta terlihat sepanjang acara berlangsung. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh setiap peserta yang membuat kegiatan semakin menarik.

Tidak hanya itu, peran serta Kesbangpol Kabupaten menjadi salah satu titik awal yang membuat aplikasi menjadi semakin lengkap. Verifikasi data oleh Kesbangpol Kabupaten untuk setiap potensi konflik yang muncul dimaknai sebagai rantai kegiatan penanggulangan konflik yang semakin lengkap karena mencakup keseluruhan elemen yang ada.

Dengan demikian, sangat besar harapan untuk terwujudnya hubungan sinergis dan dinamis yang lebih berkarakter diantara seluruh elemen masyarakat DIY dalam menyongsong peradaban baru. Peradaban baru yang aman, nyaman dan menjunjung tinggi kebhinekaan.

Bersama JMC IT Consultant, mari membangun Indonesia melalui teknologi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *