Dirgahayu Republik Indonesia ke-74!

Indonesia baru saja memasuki usia 74 tahun. Usia tersebut terbilang muda untuk ukuran sebuah Negara. Indonesia masih memiliki banyak waktu dan sumber daya untuk terus berkembang menjadi Negara maju dan diperhitungkan oleh masyarakat dunia. Bisa kita tengok, Amerika Serikat sampai saat ini telah berumur 243 tahun, yang artinya memiliki sejarah panjang untuk akhirnya menjadi Negara adidaya. Indonesia, dengan keragaman dan kekayaan baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia memiliki potensi sangat tinggi untuk terus tumbuh.

Sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia, belum lama ini, JMC IT Consultant menyelenggarakan berbagai perlombaan menarik dengan diikuti oleh seluruh karyawan. Perlombaan diselenggarakan di halaman parkir JMC IT Consultant yang cukup luas sehingga membuat pelaksanaan lomba semakin leluasa dan tentunya variatif. Walaupun lomba dimulai pada siang hari yang cukup terik, namun tidak mengurangi semangat seluruh karyawan JMC IT Consultant untuk mengikuti perlombaan hingga akhir.

Acara dimulai dengan pembagian kelompok lomba yang mana setiap kelompok memiliki kurang lebih 6 (enam) anggota. Lomba pertama yang diselenggarakan yaitu lomba makan kerupuk. Konsep lomba makan kerupuk tahun ini sedikit berbeda dengan lomba pada tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, panitia mengikatkan salah satu ujung tali pada salah satu jari kaki peserta dan menggantungkan ujung tali lainnya yang sudah diberi kerupuk pada sebuah bambu diatas peserta. Untuk bisa memakan kerupuk dan memenangkan lomba, peserta harus mengangkat kaki supaya kerupuk dapat dijangkau. Tantangan pada tahun ini masih sama, hanya saja selain menghabiskan kerupuk, peserta juga harus menghabiskan segelas air mineral yang menggantung di atas mereka.

Selanjutnya, tidak lupa diselenggarakan lomba memasukkan pensil ke dalam botol. Jika biasanya lomba ini dilakukan perorangan, dalam perlombaan ini, dibutuhkan kekompakan dan kerjasama tim. Setiap kelompok di berikan 1 (satu) buah pensil yang telah diikat oleh banyak tali. Masing masing anggota kelompok harus mengkaitkan 1 (satu) tali ke tubuhnya sehingga pensil akan menggantung tegak. Selanjutnya setiap anggota kelompok akan saling bekerjasama untuk memasukkan pensil ke dalam botol. Kelompok yang lebih dulu memasukkan pensil ke dalam botol lantas menjadi pemenangnya.

Tidak behenti sampai disitu, JMC IT Consultant ternyata memiliki MUA professional. Dalam perlombaan ini, seorang perwakilan kelompok harus merias satu temannya yang lain dengan mata tertutup. Hasil riasan sudah pasti berantakan, tetapi disitulah letak keseruanya! Hal seru lainnya, panitia mewajibkan pesertanya adalah laki-laki! Perlombaan ini sukses membuat semua orang tertawa karena tingkah polah peserta baik perias maupun pihak yang dirias.

Yang tidak kalah seru, ada juga lomba joget kursi. Terdengar asing? Ini salah satu ide kreatif tim panitia dari sekian banyak ide kreatif lainnya. Peraturannya, setiap kelompok mengirimkan satu anggota untuk mengikuti lomba joget kursi. Lomba ini mengharuskan peserta untuk berjoget selama lagu dangdut sedang diputar. Setiap kali lagu berhenti berputar, maka peserta harus berebut untuk duduk di kursi yang sudah disediakan. Siapa cepat dia dapat! Peserta yang kalah cepat untuk duduk di kursi akan tereliminasi dari permainan sampai diperoleh satu orang pemenang. Sangat menyenangkan melihat peserta berjoget asyik diiringi lagu dangdut dengan gerakan sangat lucu.

Selesai berjoget, tidak lengkap rasanya jika belum tersentuh air. Tim panitia menyelenggarakan permainan estafet air dimana peserta diwajibkan memberi air kepada teman dibelakangnya tanpa menengok! Kerja sama tim amat terasa dalam permainan ini. Anggota tim yang terakhir harus mengumpulkan air ke dalam baskom. Kelompok yang paling banyak mengumpulkan air ke dalam baskom, maka merekalah juaranya. Dalam permainan ini, muncul berbagai trik unik dari setiap kelompok yang mampu membuat tawa seluruh penonton pecah.

Perlombaan diakhiri dengan permainan tarik tambang. Setiap kelompok diminta memikirkan strategi dan posisi untuk memenangkan perlombaan. Seringkali sekalipun sudah mengerahkan seluruh tenaga, dengan cepat tertarik ke arah lawan karena besarnya tenaga lawan main. Kelompok dengan tenaga paling besarlah yang berpotensi menjadi juara. Sorak sorai teman-teman JMC IT Consultant riuh terdengar menyemangati teman yang sedang berlomba. Sampai saat ini, perlombaan tarik tambang memang sudah umum dilakukan pada setiap acara menyambut kemerdekaan. Panitia mengambil filosofi bahwa kesuksesan akan terasa lebih mudah untuk dicapai dengan adanya kerjasama tim yang baik.

Dari masa ke masa berbagai gelaran perlombaan memang selalu menyemarakkan suasana menyambut ulang tahun kemerdekaan di seluruh pelosok tanah air. Diharapkan, tidak hanya kemeriahan yang didapatkan dari acara ini, tetapi juga dapat mengajarkan makna perjuangan yang telah dirasakan selama ini. Semoga di ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, JMC IT Consultant dapat terus menorehkan prestasi sebagai wujud komitmen untuk terus tumbuh bersama seluruh anak bangsa.

Bersama JMC IT Consultant, mari membangun Indonesia melalui teknologi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *