Soft Launching Sistem Informasi Pengendalian Kontrak Konstruksi (SIPKON) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY

YOGYAKARTA – Memasuki akhir tahun 2019, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY membangun aplikasi dengan nama Sistem Informasi Pengendalian Kontrak Konstruksi (SIPKON). Tujuan utama pembangunan aplikasi adalah untuk membangun motivasi agar proses konstruksi tidak hanya diketahui oleh pihak PPKom, kontraktor pelaksana dan pengawas saja, tetapi dapat diawasi bersama-sama agar bisa lebih presisi dengan tujuan awal dilakukannya pembangunan.

Transparansi menjadi salah satu hal mendasar yang akan disasar dengan adanya aplikasi SIPKON. Pada prakteknya, aplikasi SIPKON ini akan memaksa pelaksana dan pengawas untuk lebih tertib administrasi dalam pelaksanaan dengan mengirimkan laporan yang harus dipublish setiap minggunya. Notifikasi akan tampil di aplikasi ketika kondisinya aman artinya sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, juga terdapat notifikasi lain yaitu menjelang kritis dan status kritis. Artinya, pengerjaan teknis dan pelaporan berjalan tidak sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Baik dan buruknya pengendalian kontrak konstruksi akan tampil di aplikasi dan dilihat oleh masyarakat secara umum dan masyarakat DIY pada khususnya. Untuk tahap awal setidaknya ada 76 (Tujuh Puluh Enam) paket yang bisa diakses dalam trial edition ini. Pada awal 2020 sistem sudah akan dibuka untuk publik, sehingga masyarakat bisa ikut memantau progress pekerjaan yang sedang berjalan

Tahapan awal ini dilakukan oleh Dinas PUP ESDM DIY secara internal untuk mengentri 76 (Tujuh Puluh Enam) paket konstruksi yang sudah ada terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan demo dan trial seluruh PPKom serta Pengawas. Terakhir, inspektorat juga melakukan tugasnya yaitu pemantauan terhadap paket pekerjaan kontrak konstruksi.

Tahun 2020 akan menjadi tahun besar. Turut serta bersama Dinas PUP ESDM DIY dalam touring ke seluruh pengguna aplikasi SIPKON merupakan  momen sangat menyenangkan bagi JMC IT Consultant, mengingat antusiasme dan komitmen yang sangat tinggi untuk memperbaiki pengelolaan dan pengawasan kontrak konstruksi di DIY. Dinas PUP ESDM DIY adalah partner istimewa dalam mewujudkan mimpi membangun Indonesia melalui teknologi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *