Bimbingan Teknis SADATA Kabupaten Kuningan

“Sebuah tujuan tanpa perencanaan hanyalah sebuah impian, sedangkan perencanaan tanpa data hanyalah harapan”

Kutipan diatas merupakan sebuah kalimat yang menggambarkan betapa pentingnya data dan perencanaan untuk mencapai sebuah tujuan. Kabupaten Kuningan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan (BAPPEDA Kab. Kuningan) bersama dengan JMC IT Consultant membangun aplikasi satu data Kuningan atau disebut dengan SADATA Kuningan. Aplikasi tersebut dapat membantu pemerintah daerah untuk mengatasi beberapa kendala yang sering ditemui dalam penyediaan data pembangunan, seperti manajemen data yang tidak terintegrasi dengan baik sehingga mengakibatkan banyak data terpisah-pisah meski berada dalam satu instansi dan menyita waktu lama untuk dilacak. Selain itu, ketersediaan data yang tidak up to date mengakibatkan perencanaan pembangunan menjadi kurang tepat sasaran.

Untuk mengoptimalkan kinerja ASN di Kabupaten Kuningan dalam pengelolaan data, belum lama ini, Bappeda Kabupaten Kuningan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Aplikasi SADATA Kuningan yang dilaksanakan dalam dua hari. Seluruh perwakilan dari OPD Kabupaten Kuningan yang disebut dengan wali data turut berpartisipasi dalam agenda tersebut dengan semangat dan antusias yang luar biasa. Selama kegiatan berlangsung, juga terdapat diskusi hangat antara nara sumber dengan peserta.

Dengan dilaksanakannya bimbingan teknis tersebut, diharapkan dapat membantu kinerja ASN untuk lebih efektif dan optimal sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Kuningan yang lebih baik. Bersama JMC IT Consultant, mari membangun Indonesia melalui teknologi !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *