jasa pembuatan software pemerintah

Karakteristik Jasa Pembuatan Software Pemerintah yang Berkualitas

Jasa Pembuatan Software Pemerintah Oleh JMC IT Consultant

 

Jasa pembuatan software pemerintah sangat berperan dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas layanan public. Saat ini kebutuhan layanan berbasis teknologi informasi semakin meningkat seiring ramainya penggunaan smartphone dan internet. Masyarakat merasa lebih cepat dan mudah mengakses informasi apapun melalui smartphone daripada harus datang ke kantor pemerintah.

Memberikan layanan melalui website bukan sekedar menawarkan kemudahan tetapi juga kualitas tampilan. Tidak semua orang familiar dengan berbagai fitur website yang disajikan. Maka menjadi tugas instansi pemerintah terkait untuk memberikan fasilitas yang bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu diperlukan agensi pembuat software berpengalaman.

Mencari informasi dan mengunduhnya melalui website sudah sangat umum di masyarakat. Namun menjadi kendala ketika tidak tersedia PC, laptop dan jaringan internet memadai. Maka lebih dibutuhkan aplikasi mobile untuk kemudahan akses informasi tersebut. Lalu, bagaiamanakah kriteria penyedia software pemerintah yang aman dan mudah bagi penggunanya?

Pengembangan e-government dengan Jasa Pembuatan Software Pemerintah

Pelayanan public akan lebih efektif dan efisien dengan mengembangkan e-government. Bukan berarti mengesampingkan kerja tenaga manusia dalam hal ini tetapi menggunakan perangkat internet semakin memudahkan bagi semua pihak. Masyarakat lebih mudah mengakses informasi secara real time dan mandiri. Instansi pemerintah lebih maksimal dalam menjalankan fungsi.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Pemerintahan

Jasa pembuatan software pemerintah merupakan pihak mengakomodasi kepentingan tersebut. Tanggung jawab terhadap public serta instansi pemerintah terkait menjadi pekerjaan rumah harus segera dipenuhi. Bagi public pengguna layanan pemerintah berbasis internet, agensi akan memberikan kemudahan dan kecepatan akses.

Mulai dari proses loading cepat dan ringan hingga tampilan fitur menarik. Masyarakat umumnya lebih menyukai kemudahan akses. Smartphone adalah perangkat hampir semua orang memilikinya, sehingga menjadi tuntutan pengembangan software agar bisa diakses melalui perangkat tersebut.

Tampilan fitur mungkin berbeda antara PC dengan smartphone. Menggunakan PC atau laptop lebih mudah, lengkap tetapi smartphone menawarkan kepraktisan dan keleluasaan. Software pemerintah harus dapat memberikan fasilitas yang sama bagi keduanya tanpa batasan. Sehingga masyarakat diberikan pilihan dalam menggunakan perangkat yang dimiliki.

Kemudahan dalam mengakses website tersebut adalah syarat harus dipenuhi. Menyesuaikan dengan kondisi di lapangan di mana tidak semua orang memiliki PC atau laptop. Namun semua orang dari berbagai kalangan memiliki kepentingan sama dalam hal layanan pemerintah tersebut. Baik di tingkat desa maupun tingkat atasnya.

Kemudahan Penggunaan Software bagi Instansi

Software ini selain mudah bagi penggunanya dalam hal ini masyarakat juga harus memudahkan dari sisi pengelolaan. Meskipun sudah diakomodasi melalui perangkat lunak namun tetap dibutuhkan tenaga manusia dalam menjalankannya. Instansi pemerintah tetap membutuhkan tenaga khusus yang dapat mengawasi kinerja software yang dimiliki.

Banyak sekali penyedia jasa pembuatan software pemerintah, namun lebih baik menggunakan agensi yang terpercaya. Konsekuensi menggunakan software pemerintah adalah peningkatan sumber daya manusia dalam bidang IT. Meskipun software sudah disediakan oleh agensi tetapi dalam pengelolaannya tetap diperlukan tenaga berpengalaman. Minimal memiliki basic pengetahuan mengenai IT. Sehingga dapat mengembangkan serta menangani permasalahan lokal yang mungkin terjadi.

Perawatan mudah, adalah syarat selanjutnya yang harus dipenuhi oleh software pemerintah. Pengelola harus dapat melakukan update informasi dan segala perubahan dengan cepat. Upload data dan informasi bisa dilakukan sendiri tanpa menunggu bantuan vendor. Sehingga setiap harinya berita yang disampaikan selalu baru.

Perbaikan jika terjadi kendala dapat dilakukan secara cepat dan tepat. Dalam hal ini dibutuhkan software yang friendly serta sumber daya manusia berpengalaman. Keduanya harus memadai, sehingga saling menguntungkan. Pihak instansi sebagai pengelola tidak tergantung pada jasa pembuatan software pemerintah.

Sinkronisasi Data, Perangkat Lunak dan Perangkat Keras

Jika mengakses informasi melalui internet, halaman website selalu menampilkan berbagai unsur menarik. Gambar, teks, suara bahkan video sehingga pengguna nyaman berlama-lama membaca semua informasi yang diinginkan. Begitu juga yang dibutuhkan instansi pemerintah, bukan sekedar informasi berupa teks tetapi juga unsur lainnya.

Kendala yang sering dihadapi adalah proses loading yang lama karena data yang diunduh besar. Video atau gambar dengan kapasitas memori tertentu tidak friendly bagi smartphone dan harus diunduh menggunakan PC atau laptop. Jika terjadi demikian masyarakat akan merasa kesulitan.

Maka harus dibuat sesederhana mungkin agar data tetap dapat diunduh para pengguna. Data dengan ukuran besar bukan hanya menghambat proses akses oleh para pengguna tetapi sering menyebabkan hang. Bukan hanya merugikan pengguna tetapi menambah kerjaan bagi pengelola.

Kebutuhan pembuatan software pemerintah yang berkualitas dan friendly semakin tinggi. Tapi tidak perlu khawatir karena JMC hadir memberikan kemudahan bagi Anda. Konsultasikan kebutuhan jasa pembuatan software pemerintah bersama JMC IT di (0274) 588599 atau melalui WA di +62 811-2542-515.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *