konsultan IT Pemda

Mengenal Tugas Konsultan IT Pemda Lebih Jauh

Mendengar profesi Konsultan IT Pemda yang ada dalam benak kebanyakan orang adalah pemberi nasehat. Memang benar bahwa konsultan sebagian besar pekerjaannya adalah pemberi nasehat kepada klien. Sesuai spesifikasi bidang yang dikuasai oleh konsultan tersebut, diharapkan segala permasalahan dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat.

Berhubungan dengan instansi yang melayani masyarakat secara luas, konsultan harus dapat melakukan berbagai strategi pemecahan masalah tanpa memihak. Memberikan solusi bagi pemerintah daerah sebagai instansi terkait sekaligus bagi masyarakat sebagai pengguna layanan. Membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja dan layanan pemerintah daerah setempat.

Meskipun tidak dikenal secara luas, pekerjaan ini memiliki peranan besar. Hampir semua lapisan masyarakat saat ini adalah pengguna internet sekaligus layanan e-government. Konsultan IT sangat dibutuhkan bagi pengelola website perusahaan maupun instansi pemerintah. Berikut adalah tugas konsultan IT secara umum yang perlu diketahui.

Konsultan IT Pemda sebagai Pemberi Wawasan

Pemerintah daerah dari tingkat paling bawah seperti desa membutuhkan konsultan IT sebagai mediator. Sumber daya manusia pada instansi pemerintah pastinya sudah memenuhi standar tetapi dalam hal teknologi informasi dibutuhkan konsultan yang lebih berpengalaman. Sebab umumnya orang-orang yang bekerja pada instansi pemerintah kurang memiliki kompetensi.

Organisasi pemerintahan lebih banyak diisi oleh orang yang bekerja secara administrative karena itu merupakan kebutuhan paling besar. Tak heran jika belum banyak instansi yang menggunakan website sebagai media layanan terhadap masyarakat. Kantor desa atau tingkat kecamatan masih menggunakan sistem manual dalam menyediakan informasi serta layanan.

Tuntutan masyarakat terhadap peningkatan pelayanan public pada akhirnya menjadi alasan organisasi pemerintahan melakukan pembaruan. Layanan informasi sudah mulai diberikan melalui website. Mengikuti perkembangan tren masyarakat yang semakin maju dan melek teknologi sekaligus menjawab peraturan pemerintah pusat mengenai reformasi birokrasi serta layanan public.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Software Pemerintah

Merupakan terobosan baru dalam layanan publik, pemerintah daerah memerlukan konsultan IT Pemda sebagai pemberi wawasan. Sehingga pemerintah daerah sebagai pengelola website memiliki pengetahuan serta kompetensi dalam menyelesaikan permasalahan operasional layanan public tersebut. Sebab tenaga professional di bidang IT masih sangat terbatas.

Hal-hal yang akan diberikan oleh seorang konsultan IT diantaranya pengetahuan mengenai fungsi dan manfaat IT dalam pemerintahan, proses dan aktifitas operasional layanan. Pengetahuan ini harus dimiliki pengelola sehingga menambah kompetensi di bidang IT. Sekaligus meningkatkan tanggung jawab sebagai penyedia layanan public.

Berperan sebagai Mediator untuk Memberikan Penjelasan Mengenai Data dan Informasi

Konsultan IT Pemda berlaku sebagai mediator. Kompetensi ini harus dimiliki oleh semua agensi selaku ujung tombak peningkatan pelayanan. Ada kalanya instansi pemerintah harus memberikan laporan pertanggung jawaban kepada pihak lain. Meskipun data bisa secara mandiri diunduh melalui website pemerintah daerah tersebut tetapi diperlukan pemaparan.

Konsultan IT diperlukan sebagai mediator untuk memberikan penjelasan mengenai data dan informasi yang dihasilkan oleh pemerintah daerah. Berhubungan dengan bahasa pemrograman yang seringkali membingungkan dan sulit dipahami, maka konsultan IT diharapkan membantu membaca data tersebut. Sehingga informasi yang diterima pihak lain lebih akurat dan terpercaya.

Konsultan IT merupakan orang yang memiliki pengetahuan lebih, dibutuhkan untuk menerjemahkan berbagai permasalahan terkait sistem informasi. Pesatnya kemajuan teknologi dan informasi membawa konsekuensi serupa. Semakin rumit permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaannya. Sedangkan tidak semua orang memiliki kompetensi dalam bidang IT untuk membantu mengurai masalah tersebut.

Kebutuhan konsultan IT semakin urgent ketika permasalahan berhubungan dengan data penting terkait layanan masyarakat. Apalagi seat ini semua dituntut serba cepat dan tepat. Sebab citra pemerintah daerah sebagai pusat layanan masyarakat dipertaruhkan. Selain itu juga berpengaruh terhadap penilaian pemerintah pusat terhadap kinerja pemerintah daerah.

Konsultan IT Pemda sebagai Pemberi Solusi

Birokrasi pemerintahan kadang kurang cekatan dalam menangani segala permasalahan public. Itulah sebabnya saat ini diberikan alternatif layanan online yang lebih mudah dan praktis. Apakah kemudian menjadi solusi? Ternyata tidak, sebab masih ada berbagai kekurangan dalam pelaksanaan dan pengelolaannya.

Sistem online sering mengalami gangguan akses, informasi tidak update, fitur tidak dapat digunakan dan sebagainya. Masih banyak diperlukan perbaikan untuk menyempurnakan sistem layanan online. Meskipun selalu ada perbaikan dan pembaharuan tetapi berbagai kendala selalu dihadapi. Disinilah peran konsultan IT dibutuhkan sebagai pihak yang lebih berkompeten.

Sumber daya manusia yang ada di kantor pemerintah belum optimal dalam bidang IT. Penanganan ketika terjadi permasalahan sistem terkadang butuh beberapa waktu sehingga menurunkan tingkat kepercayaan public. Tak jarang antrean pada pada beberapa kantor pemerintah masih panjang padahal sudah disediakan layanan online.

Solusi dihadirkan oleh konsultan IT dengan lebih cepat. Sebab seorang konsultan atau agensi sudah memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan user requirement analysis, perancangan aplikasi serta infrastruktur IT, tata kelola dan manajemen IT. Keterampilan ini belum banyak dimiliki oleh instansi pemerintahan.

Banyaknya kendala dalam pengelolaan sistem IT di kantor pemerintah menuntut peran konsultan berpengalaman. JMC adalah penyedia jasa konsultasi IT yang dapat membantu mengatasi segala permasalahan. Jika Anda memiliki kebutuhan IT hubungi kami di (0274) 588599 atau WA di +62 811-2542-515 untuk mendapatkan jasa konsultan IT pemda berpengalaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *