Agenda

Seminar e-Budgeting/e-Planning Untuk Bappeda

 

Pada Jumat (16/09/2016) JMC IT Consultant dengan bangga menyelenggarakan seminar bertajuk “Seminar e-Budgeting/e-Planning Untuk Bappeda” dengan mengambil tema “Pentingnya Penerapan Teknologi Untuk Memudahkan Tupoksi Bappeda Dalam Rangka Mencapai Clean, Clear, and Good Governance”. Seminar berlangsung dari pukul 19.00-00.00 WITA dan mengambil tempat di Ballroom Hotel TreePark Banjarmasin, Kalimantan Selatan. JMC IT Consultant memberikan fasilitas seminar lengkap, mulai dari sertifikat, coffee break, seminar kit, dinner, bahkan termasuk penginapan selama 1 malam di hotel.

Acara tersebut diikuti oleh perwakilan dari Bappeda kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, yang kurang lebih berjumlah 20 peserta. Seminar kali ini sangat spesial karena dibuka oleh perwakilan Walikota Banjarmasin, yaitu Bapak Drh. H. Rusmin Ardhaliwa, M.S. selaku Kepala Bappeda dan Staff Ahli Walikota Banjarmasin. Narasumber yang dihadirkan pun tidak kalah spesial, yaitu Bapak Dr. Ir. Deddy S. Bratakusumah, BE, MURP, M.Sc selaku Perencana Senior Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Bapak Deddy menjelaskan materi mengenai Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Elektronik, peran pentingnya teknologi informasi dalam mencegah inefisiensi, overlapping, dan pemborosan anggaran dalam birokrasi melalui SPBE (Sistem Perencanaan Berbasis Elektronik). Beliau juga menjelasakan bagaimana mekanisme dan penerapan e-Planning dan e-Budgeting dalam perencanaan dan penyusunan anggaran. Dengan adanya SPBE diharapkan akan terwujud konsistensi antara dan antar dokumen perencanaan dan penganggaran, menjaga efektivitas dan efisiensi waktu, serta menegakkan akuntabilitas perencanaan dan penganggaran.

 

 

Selain itu seminar juga diisi oleh Bapak Budi Raharjo selaku Manajer Marketing yang memberikan perkenalan dan deskripsi mengenai JMC IT Consultant. Bapak Budi Raharjo menceritakan sedikit sejarah pendirian JMC, keunggulan JMC yang sudah berpengalaman selama lebih dari 5 tahun, prestasi juara Pangripta yang diraih oleh JMC IT Consultant dan kemampuan menangani klien yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, dijelaskan pula bahwa JMC IT Consultant siap menangani setiap permasalahan klien dan memberikan garansi pekerjaan selama 1 tahun.

 

 

Selanjutnya dilakukan demo aplikasi yang dipandu oleh Bapak Ahya Udin selaku Business Advisor. Setelah itu baru dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Meskipun seminar diagendakan pada malam hari namun tidak mengurangi antusias dari peserta sehingga acara berlangsung sangat lancar. Narasumber pun sangat interaktif dalam memberikan materi dan peserta terlihat sangat tertarik dalam menerima materi serta dalam sesi tanya jawab. Acara pun diakhiri dengan sesi berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Keesokan harinya para peserta bisa menikmati sarapan pagi kemudian bersiap untuk check out.

 

 

Semoga ke depan JMC IT Consultant dapat mengagendakan seminar lainnya sebagai kegiatan regular setiap tahun dengan menghadirkan berbagai narasumber menarik. Selain itu, diharapkan semakin banyak demo aplikasi yang bisa dilakukan JMC IT Consultant untuk menunjukkan kepada daerah-daerah di Indonesia pentingnya perencanaan dan penganggaran berbasis teknologi. JMC IT Consultant percaya sekarang saatnya memajukan bangsa melalui teknologi.