Memahami Bahasa Asing di Seluruh Dunia Bukan Lagi Sebuah Mimpi

Seringkali bagian tersulit dari sebuah perjalanan adalah mencerna bahasa lokal. Ada banyak kata yang sama pengucapannya di dunia ini namun memiliki arti yang jauh berbeda. Jadi akan ada kalanya kita salah mengucapkan sebuah kata dan malah ditertawakan oleh lawan bicara kita.

Hal ini ditangkap sebagai sebuah tantangan oleh Google Translate yang selama ini terus mengembangkan penerjemah otomatisnya. Yang paling baru, Google Translate memperbarui aplikasi terjemahannya pada Android dan iOS dan membuat perangkat selular Kita menjadi alat penerjemah yang luar biasa.

 

Terjemahan instan dengan Word Lens

Aplikasi Google Translate memungkinkan kita untuk memasukkan gambar sebuah teks lalu mendapatkan terjemahannya dalam 36 bahasa. Lalu saat ini kita dibawa Google Translate ke tingkat lebih lanjut yaitu menerjemahkan sebuah teks langsung dengan mengambil gambarnya menggunakan kamera. Jadi jika kita bepergian ke luar negeri dan bingung menerjemahkan tulisan di halte, toko, atau bahkan toilet, kita tinggal memotretnya dengan fitur di Google Translate lalu terjemahannya akan muncul di layar, bahkan saat kita tanpa internet atau koneksi data.

Di awal peluncurannya penerjemah instan ini baru bekerja untuk menerjemahkan dari dan ke Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, dan Spanyol, sedangkan untuk bahasa lain sedang dikembangkan untuk bisa segera dinikmati.

 

Lebih mudah bercakap-cakap menggunakan aplikasi terjemahan

Saat kita berbincang dengan seseorang dengan bahasa asing, perbincangan kadang menjadi saaaangaaaat lambaaat… Aplikasi penerjemah Google telah memiliki mode percakapan secara real-time sejak 2013, dan saat ini diperbarui sehingga percakapan bisa mengalir lebih cepat dan alami.

Mulai hari ini, hanya cukup dengan mengetuk mic untuk memulai berbicara dalam bahasa yang dipilih, dan ketuk mic lagi saat selesai, lalu aplikasi Google Translate secara otomatis akan mengenali bahasa mana yang tadi diucapkan, dan percakapan kita tidak jadi kaku karena terlalu lama mencerna kalimat yang diucapkan. Untuk percakapan selanjutnya kita tidak perlu mengetuk mic lagi, karena fitur ini akan otomatis bekerja saat kita membutuhkannya.

 

Pembaruan-pembaruan ini akan hadir untuk Android dan iOS dalam beberapa hari ke depan. Ini adalah pertama kalinya beberapa fitur canggih, seperti terjemahan kamera dan mode percakapan akan tersedia untuk pengguna iOS.

Lebih dari 500 juta orang menggunakan Google Translate setiap bulan, membuat lebih dari 1 miliar terjemahan sehari untuk lebih mudah berkomunikasi dan mengakses informasi dalam berbagai bahasa. Hal ini membawa kita satu langkah lebih dekat dalam mengubah ponsel menjadi penerjemah universal dan bagi dunia di mana bahasa tidak lagi menjadi penghalang untuk menemukan informasi atau menghubungkan satu orang dengan yang lain.

 

Source: http://googleblog.blogspot.com/2015/01/hallo-hola-ola-more-powerful-translate.html