Memanfaatkan Smartphone Dengan Bijak di Media Sosial

Saat ini banyak sekali smartphone yang beredar di pasaran. Beragam fitur dan aplikasi dibenamkan di perangkat tersebut, dan aplikasi yang paling banyak digunakan adalah media sosial dan perpesanan seperti facebook, twitter, instagram, BBM, line, whatsApp, dan lain sebagainya.

Tetapi banyak pengguna smartphone yang memanfaatkan media sosial dan perpesanan untuk hal-hal yang kurang produktif dan sekedar mencari kesenangan semata. Mereka hanya menulis update dan status dan memasang foto di media sosial, serta berkomentar di media sosial tersebut.

Padahal ada hal-hal yang lebih penting dalam penggunaan media sosial yang dapat bermanfaat tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga orang lain seperti berbagi informasi lalulintas, informasi bencana, informasi donor darah, bantuan kemanusiaan, informasi wisata dan informasi penting lainnya.

Memang tidak ada aturan yang mengharuskan pengguna media sosial untuk mengupdate atau memberikan informasi yang selalu bermanfaat, tetapi juga selayaknya informasi yang dibagikan di media sosial itu harus berimbang antara informasi pribadi dan informasi untuk umum.

Karena informasi yang ditulis di media sosial bisa memperlihatkan kepribadian penggunanya. Jika penggunanya menulis atau mengunggah gambar yang tidak patut maka dipastikan bahwa penggunanya seorang yang memiliki kepribadian buruk. Begitu juga dengan komentar atau balasan di media sosial yang positif bisa memperlihatkan kecerdasan dan kematangan emosionalnya.

Saat ini banyak pengguna media sosial yang menulis dan menggunggah foto atau berkomentar yang negatif. Begitu juga informasi hoax atau informasi yang tidak benar yang meresahkan masyarakat, tetapi akibatnya bisa fatal seperti dipenjara. Oleh karena itu, bersikap bijak lah di media social.