Rapat Koordinasi Pengembangan Sistem Informasi Pertanahan Menuju Intantaruberinfo Dispertaru DIY

Integrasi Pertanahan dan Tata Ruang Berbasis Informasi (Intantaruberinfo) – merupakan branding terbaru dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY. Seperti kita ketahui bersama, Dispertaru DIY merupakan salah satu instansi yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat tanpa melupakan teknologi sebagai fasilitas dan alat bantu.

Intantaruberinfo merupakan cita-cita dari Dispertaru DIY untuk malakukan integrasi keseluruhan aplikasi yang dimiliki. Seluruh aplikasi yang ada di Dispertaru DIY akan terintegrasi dalam satu wadah besar dimana dapat dilakukan monitoring oleh seluruh pihak khususnya masyarakat DIY. Artinya, integrasi dan transparansi merupakan tujuan utama Dispertaru DIY. Berlandaskan pada hal tersebut, perlu adanya pengembangan terutama untuk Sistem Informasi Pertanahan yang sudah dimiliki sebelumnya mengingat data di dalamnya akan dilihat dan disampaikan kepada masyarakat secara umum.

Berakar dari tujuan tersebut, pengelola dari Sistem Informasi Pertanahan mengumpulkan seluruh pengguna aplikasi dan JMC IT Consultant sebagai pembangun aplikasi untuk duduk bersama membahas mengenai progress pengembangan 2019 dan evalusi penggunaan aplikasi yang sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Semua pihak berharap, pengembangan lebih presisi dengan kebutuhan pengguna dan terdapat perbaikan berdasarkan evaluasi yang telah disampaikan dalam diskusi bersama.

Menilik lebih dalam, salah satu poin utama dari pertemuan tersebut adalah bahasan mengenai Pengembangan Modul Permohonan Izin Tanah Desa. Modul tersebut diharapkan dapat bermanfaat luas bagi masyarakat desa di DIY untuk dapat memanfaatkan tanah desa milik Kasultanan dan Kabupaten. Selain itu, juga dibahas terkait integrasi data tata ruang ke dalam sistem, yang nantinya akan menjadi salah satu unggulan di intantaruberinfo Dispertaru DIY.

Begitu banyak masukan dan arahan yang diberikan oleh tim, baik dari level Kabupaten sebagai pengguna aplikasi dan Dispertaru DIY sebagai pengelola aplikasi. Masukan tersebut kami terima sebagai dasar perbaikan pengembangan Sistem Informasi Pertanahan yang sudah ada. JMC IT Consultant berharap,  Sistem Informasi Pertanahan akan dapat dimanfaatkan secara optimal dan dapat dijadikan sebagai pedoman bagi masyarakat DIY secara umum.

JMC IT Consultant sadar betul bahwa membangun suatu aplikasi membutuhkan partner dengan satu pemahaman dalam hal teknologi tepat guna, dan Dispertaru DIY merupakan salah satu di dalamnya.

Bersama JMC IT Consultant, mari membangun Indonesia melalui teknologi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *