Berita

Rapat Koordinasi Aplikasi e-Planning (SIPD) di Bappeda Kabupaten Lamandau

Beberapa tahun terakhir, e-Government tengah gencar dicanangkan oleh pemerintah. Bahkan di tahun 2017 semua daerah di Indonesia ditargetkan sudah menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini dalam menunjang pelayanan publik. E-government wajib diterapkan di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali daerah pedalaman atau daerah dengan fasilitas minim.

Seperti kita ketahui, e-Planning (SIPD) merupakan salah satu aplikasi yang diperuntukkan bagi Bappeda untuk menunjang penerapan e-Government. Bappeda yang selama ini bekerja sama dengan JMC IT Consultant telah merasakan sendiri bagaimana e-Planning (SIPD) sangat membantu dalam perencanaan pembangunan daerah. Kabupaten Lamandau merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang mempercayakan JMC IT Consultant menjadi rekan dalam perencanaan pembangunan daerahnya. Pada minggu lalu, tepatnya di hari Kamis (13/04/2017) telah diselenggarakan rapat koordinasi pelaksanaan pekerjaan pembangunan aplikasi perencanaan pembangunan daerah (e-Planning (SIPD)) .

Acara bertempat di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kabupaten Lamandau di Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau. Rapat koordinasi yang diikuti oleh Kepala Bappeda, Sekretaris Bappeda, serta para Kepala Bidang dan Kepala Subbidang Bappeda Kabupaten Lamandau ini membahas mengenai detail pelaksanaan pekerjaan e-Planning (SIPD). Di dalam rapat  dibahas mengenai manajemen proyek aplikasi e-Planning (SIPD), serta kebutuhan data dan analisis yang diperlukan untuk membangun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Bappeda Kabupaten Lamandau. Selain itu, tim dari JMC IT Consultant juga berkesempatan untuk melakukan pemaparan mengenai teknis aplikasi e-Planning.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan diaplikasikannya e-Planning (SIPD). E-planning (SIPD) akan membantu proses penginputan data dan penyusunan laporan sehingga akan menghemat banyak waktu. e-Planning (SIPD) juga dapat menjaga kesesuaian antara RKPD dengan RPJMD.  Dengan sistem pemerintahan yang baik maka akan dapat meningkatkan pelayanan publik. JMC IT Consultant berharap Kabupaten Lamandau dapat menyelenggarakan perencanaan pembangunan daerah dengan optimal menggunakan e-Planning (SIPD), karena sekarang adalah saatnya membangun Indonesia melalui teknologi.