Tak Berkategori

E-lapor, Aplikasi yang Memudahkan Masyarakat dalam Menyampaikan Keluhan

“Lhoo, jalannya kok udah berlubang lagi?”

“Kok pembangunan trotoarnya dah 3 bulan kok gini-gini aja.”

“Dah mau musim hujan, tapi gorong-gorong belum dibersihkan.”

Mungkin kalimat di atas adalah sebagian kecil dari seruan hati masyarakat dalam menanggapi kondisi sekitar.

Pemerintah sebagai wakil rakyat seharusnya bisa memudahkan masyarakat dalam menyampaikan kritik, saran, ataupun keluhan di lingkungan sekitar. Ditambah era digital sudah masuk ke segala lini masyarakat. Melihat kondisi ini, pemerintah bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi mereka. Salah satu hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk lebih cepat dalam mendapatkan informasi dari masyarakat adalah dengan menggunakan aplikasi e-lapor.

Apa itu aplikasi e-lapor? Aplikasi e-lapor adalah aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kapanpun dan dimanapun. Aplikasi e-lapor memiliki banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh sisi pemerintah maupun masyarakat. Seperti:

  • Aplikasi memiliki metode pendistribusian informasi secara otomatis
  • Aplikasi menyajikan informasi secara realtime
  • Dapat diakses dengan mudah melalui komputer maupun gadget. Hal ini memudahkan masyarakat yang sudah banyak menggunakan smartphone untuk langsung bisa melaporkan apa yang terjadi di sekitar mereka.
  • Tersedia fitur notifikasi sehingga masyarakat maupun OPD dapat mengetahui dengan cepat ketika ada laporan maupun respon. Dengan respon yang cepat dari OPD terkait maka masyarakat semakin merasa diperhatikan atas apa yang sudah dilaporkan dan bisa membuat masyarakat semakin proaktif lagi.
  • Keluhan atau aduan sudah terpetakan dengan kategori sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk memilih OPD yang berhak menangani keluhan tersebut. Dari sisi pemerintah dan masyarakat bisa sama-sama termudahkan untuk menangani keluhan karena tidak bercampur satu sama lain.
  • Terdapat menu dashboard analisis untuk membantu pemangku kebijakan dalam memahami kondisi dan juga sebagai pendukung pengambilan keputusan.
  • Tersedia fitur untuk melakukan pencetakan berbagai format laporan.

Bagaimana dengan instansi pemerintah Anda? Konsultasikan kebutuhan instansi Anda dengan JMC. Bersama JMC, Anda akan dibawa ke pengalaman-pengalaman luar biasa dalam membangun sebuah teknologi tepat guna. Teknologi yang membuat pekerjaan Anda lebih mudah, lebih cepat tertangani, dan lebih banyak memberikan manfaat.

Comment here