Agenda

e-Planning di Bappeda Kabupaten Lebong

JMC IT Consultant mensosialiasikan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-Basen) yang akan diimplementasikan di Kabupaten Lebong pada kamis (30/10) di aula kantor Bappeda Kabupaten Lebong. Acara tersebut diikuti Sekretaris Bappeda, Kepala Bidang beserta Kepala Seksi dan perwakilan dari tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Sosialisasi e-BasenSekretatis Bappeda Kabupaten Lebong Drs. RR Mantovani menyampaikan bahwa dengan penerapan e-Basen ini Kabupaten Lebong akan mendapatkan banyak kebermanfaatan dalam proses perumusan perencanaan pembangunan daerah. Sistem informasi ini akan mempermudah Bappeda selaku penyelenggara yang bertugas mengkoordinasikan penyusunan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. Beliau juga menyampaikan dengan e-Basen ini SKPD akan mendapatkan kemudahan dalam pengusulan RKPD sampai dengan KUA PPAS. Sebagai penutup pada acara pembukaan rangkaian kegiatan sosialisasi ini, Sekretaris Bappeda Kabupaten Lebong Drs. RR Mantovani memberi penekanan bahwa untuk membangun Kabupaten Lebong yang maju dibutuhkan konsistensi perencanaan yang berangkat dari prioritas pembangunan daerah yang dimulai dari pengusulan RKPD, KUA PPAS, penetapan APBD hingga tahap monitoring dan 

JMC IT Consultant lebih banyak memberikan penjelasan seputar sistem, fitur-fitur yang tersedia serta petunjuk cara penggunaannya. Untuk mempermudah pemahaman terhadap sistem ini, JMC IT Consultant melakukan simulasi penggunaan sistem secara menyeluruh. Lebih lanjut JMC IT Consultant menjelaskan bahwa masing-masing SKPD akan mendapatkan akun yang akan diberikan oleh Bappeda untuk dapat menggunakan e-Basen dalam rangkaaian proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah. Dalam kegiatan sosialisasi ini perwakilan setiap SKPD sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan dan melakukan simulasi secara mandiri.