Aplikasi marketing sangat penting digunakan untuk scale up bisnis perusahaan. Strategi bisnis dapat lebih mudah dieksekusi dengan bantuan dari tools marketing. Misalnya, aplikasi pemasaran yang dapat membantu tim sales dalam menentukan prospek pelanggan. Aplikasi marketing dapat memberikan peluang untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bagi perusahaan. Artikel ini akan memberikan contoh aplikasi marketing dan manfaatnya bagi keberhasilan perusahaan.
Pengertian Aplikasi Marketing
Aplikasi marketing atau pemasaran adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengelola strategi pemasaran mereka. Ini bisa mencakup analisis data, manajemen kampanye iklan, pelacakan hasil, dan interaksi dengan pelanggan. Melalui aplikasi marketing tim sales, pimpinan perusahaan, pemilik bisnis akan mendapatkan banyak keuntungan karena perusahaan akan lebih efisien dan efektif dalam pengelolaan bisnisnya.
Sebagai contoh, dengan aplikasi marketing tim dalam departemen sales lebih mudah mengetahui data penjualan dari seluruh cabang perusahaan maupun data dari klien yang sedang ditangani. Oleh karena itu, adanya aplikasi marketing memberikan angin segar bagi perusahaan untuk mampu meningkatkan penjualan. Sebenarnya ada banyak contoh aplikasi marketing yang dapat menjadi rekomendasi untuk Sobat Pintar. Mau tahu? Yuk baca selengkapnya di bawah ini!
Contoh Aplikasi Marketing dan Manfaatnya
Berikut kita akan membahas mengenai aplikasi akuntansi dan manfaatnya untuk perusahaan. Adanya aplikasi akuntansi yang digunakan oleh bisnis perusahaan dapat membantu tim pemasaran untuk lebih produktif dan maksimal dalam bekerja. Adapun aplikasi yang digunakan untuk marketing antara lain.
1. Point of Sales by JMC
Aplikasi point of sales atau aplikasi pemasaran yang dimiliki JMC Indonesia. Aplikasi ini merupakan salah satu komponen dari sistem ERP yang saling terintegrasi dengan aplikasi kepegawaian, absensi, dan sebagainya.
Manfaat dari aplikasi Point of Sales adalah mengoptimasi semua kegiatan pemasaran seperti membuat Purchase Order, melihat progres pemasaran yang sedang berlangsung, melacak progres kerja tim sales, melihat tim sales yang berprestasi, produk yang paling laku, cabang dengan penjualan tertinggi dan lain sebagainya.
2. Google Analytics
Google Analytics adalah aplikasi analisis marketing yang dikeluarkan oleh Google. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan memiliki fitur analisis yang cukup lengkap. Manfaat menggunakan Google Analytics adalah Sobat dapat mengetahui siapa saja yang berinteraksi dengan konten, berapa lama mereka menyimak konten, hingga dari mana mereka bisa mengakses konten.
Pengaksesan informasi dari Google Analytics juga sangat mudah, Sobat dapat membaca analisis konten hanya dengan menggunakan smartphone. Aplikasi yang sangat menarik dan pastinya membantu Sahabat dalam memasarkan produk bisnis perusahaan.
3. Ahrefs
Aplikasi Ahrefs telah cukup populer dan dikenal di kalangan marketer. Berdiri pada tahun 2011 Ahrefs telah menjadi aplikasi yang diandalkan dengan spesialisasi SEO (Search Engine Optimization). Ahrefs mempunyai berbagai fitur yang unik dan juga merupakan web crawler yang kompeten. Adapun manfaat menggunakan Ahrefs bagi bisnis adalah untuk menyiapkan laporan audit, backlink analysis, URL ranking, serta analisis kompetitif.
4. SociaBuzz
SociaBuzz merupakan aplikasi yang menghubungkan influencer, KOL,content creator dengan project yang sedang dibutuhkan. Aplikasi ini merupakan sejenis media sosial yang menawarkan jasa content creator, seperti Youtuber, Blogger, Selebgram, MUA, Fotografer, Penulis, dan lainnya. Manfaat aplikasi ini adalah untuk memudahkan para pemilik usaha memasarkan produknya dengan bantuan influencer agar lebih dikenal oleh masyarakat yang menjadi follower influencer tersebut.
5. Hootsuite
Salah satu aplikasi manajemen media sosial yang akan sangat membantu Sobat yang memiliki lebih dari banyak sosial media untuk brand. Hootsuite merupakan solusi pengelolaan pemasaran bisnis di sosial media. Aplikasi ini berfungsi untuk menjadwal waktu tayangan konten di berbagai sosial media (Instagram, X, Facebook, Youtube). Pertanyaan pelanggan akan dengan cepat dijawab dan pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik melalui aplikasi ini.
6. Google Ads
Produk Google selanjutnya adalah Google Ads yaitu adalah aplikasi untuk mengatur iklan yang masif dan wajib digunakan oleh perusahaan. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan google search sehingga akan mampu memperbesar peluang optimasi SEO. Manfaat dari Google Ads adalah Sobat dapat menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dengan mengetahui strategi iklan, menambah konversi, pembuatan iklan yang mudah, dan data disajikan secara real-time.
7. Trello
Trello menjadi aplikasi untuk koordinasi project pekerjaan seluruh tim dalam departemen perusahaan. Menggunakan Trello akan membantu khususnya tim pemasaran dalam meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam bekerja sehingga hasil pekerjaan dapat lebih rapi dan sistematis. Fitur dari aplikasi ini yaitu pengguna dapat membuat tugas dengan menulisnya di papan atau kartu kemudian pengguna akan mengundang user lain untuk berpartisipasi dan kemudian mengikuti perkembangan setiap project atau tugas.
Cara Memilih Aplikasi Marketing yang Cocok untuk Bisnis
Sebelumnya Sobat sudah diajak untuk mengetahui apa saja aplikasi marketing dan manfaatnya untuk pemasaran bisnis perusahaan. Kali ini kita akan mencari tahu bagaimana cara memilih aplikasi marketing yang cocok untuk bisnis dan dapat membantu perusahaan untuk menaikkan conversion.
Adapun cara yang bisa Sobat gunakan untuk memilih aplikasi pemasaran yang sesuai antara lain.
1. Pertimbangkan tujuan pemasaran Anda
Cara yang pertama adalah dengan mempertimbangkan tujuan pemasaran, apakah untuk menaikkan penjualan atau untuk menambah engagement. Pertimbangkan pula anggaran, dan fitur yang diperlukan untuk menentukan aplikasi yang akan digunakan.
2. Lakukan riset pasar
Riset pasar adalah elemen yang cukup krusial untuk menentukan kebutuhan dari audiens. Sobat dapat memastikan dengan melakukan survei atau mengadakan wawancara kepada calon pelanggan. Setelah tahu kebutuhan mereka, pilih aplikasi yang cocok atau mendekati keinginan audiens.
3. Baca ulasan pengguna
Testimoni menjadi aspek yang penting untuk menjaga kepercayaan pengunjung. Aplikasi marketing bisa membantu menambah kredibilitas perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk mengulas review dari pengguna untuk mengetahui hal-hal yang menjadi problem mereka.
4. Pilih platform yang dapat diintegrasikan dengan sistem bisnis
Platform yang terintegrasi memberikan keuntungan yang lebih banyak dibanding platform aplikasi yang berdiri sendiri, Untuk meningkatkan pelayanan pengunjung Sobat bisa memilih aplikasi yang telah terintegrasi dengan sistem bisnis. Misalnya sistem ERP dari JMC Consultant.
Aplikasi Pemasaran JMC Indonesia
Aplikasi pemasaran dari JMC Indonesia memiliki banyak keunggulan dibanding aplikasi serupa. Pelayanan yang berkualitas dan tim-tim yang berpengalaman memberikan hasil aplikasi terbaik. Sistem yang telah terbentuk misalnya melalui ERP Sobat bisa dengan mudah mengelola bisnis dengan lebih tersistem.
Memuat banyak keunggulan dari sisi bisnis, sudah selayaknya Sobat memilih aplikasi dari JMC Indonesia untuk menjaga dan memperkuat bisnis hingga mampu bersaing dengan kompetitor. Layanan JMC Indonesia bisa Sobat temukan melalui konsultasi secara GRATIS hanya dengan mengklik tombol berikut ini. Kami akan dengan senang hati menjawab permasalahan yang Sobat Pintar alami.