Marketing memiliki istilah-istilah yang susah dipahami, terutama bagi kamu yang awam dan baru pertama kali memasuki bidang ini. Maka dari itu, untuk memahami istilah-istilah ini diperlukan fokus dan keseriusan.
Namun, jangan khawatir MinTar akan bantu kamu untuk memahami beragam istilah marketing yang sering digunakan oleh para expertise. Jadi, mari kita kenali beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam dunia marketing di bawah ini!
Istilah-Istilah di Dunia Marketing
Dunia marketing, khususnya digital marketing sangat penting untuk diadaptasi dalam perusahaan. Era yang serba digital ini menuntut kita untuk peka dan mengikuti perubahan. Oleh karena itu, untuk menjawab tuntutan digital yuk pahami istilah-istilah di dunia digital marketing berikut.
1. SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah proses optimalisasi website agar muncul di peringkat atas hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Melalui SEO yang tertata dan digarap dengan baik, maka website kamu bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung secara organik.
2. PPC (Pay-Per-Click)
PPC atau Pay Per Click adalah iklan bersponsor, dimana pemasang iklan akan membayar kepada Google setiap kali ada orang yang mengklik iklan mereka. Salah satu contoh PPC yang cukup populer adalah Google Ads. PPC menjadi media iklan yang cepat menambah traffic website kamu.
3. Content Marketing
Content marketing merupakan strategi pemasaran untuk membuat dan mendistribusikan konten. Salah satu strateginya adalah membuat konten yang relevan, konsisten, dan menarik untuk audiens yang sudah ditentukan. Contoh konten marketing bisa berupa blog, video, atau infografis.
4. Social Media Marketing
SMM atau Social Media Marketing adalah strategi marketing yang menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah beberapa contoh yang sering digunakan.
5. Conversion Rate Optimization (CRO)
CRO atau Conversion Rate Optimization adalah tahapan lanjutan dari konversi yaitu proses meningkatkan persentase pengunjung website untuk melakukan tindakan. Misalnya melakukan pembelian produk atau mengisi formulir yang disediakan oleh perusahaan.
6. Customer Lifetime Value (CLV)
CLV atau Customer Lifetime Value merupakan metrik untuk menghitung pemasukan yang diterima perusahaan dari pelanggan. Perusahaan akan menghitung berapa peluang pemasukan yang diterima dari setiap pelanggan yang membeli produk mereka dalam batas waktu tertentu. Ini membantu perusahaan memahami berapa pengeluaran yang bisa mereka belanjakan untuk memperoleh pelanggan baru.
7. A/B Testing
A/B testing adalah metode pengujian di mana dua versi dari sebuah halaman web atau elemen marketing dibandingkan untuk melihat mana yang lebih efektif. Ini adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan strategi marketing kamu.
8. Email Marketing
Email marketing adalah strategi menaikkan penjualan dengan menggunakan surat elektronik. Selain untuk mempromosikan produk atau layanan kamu dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan. Email marketing bisa mencakup newsletter, promosi, atau email khusus.
Gimana Sob? Sudah sedikit tercerahkan sama istilah-istilah marketing? Eits ini baru langkah awalnya saja yups. Untuk menjadi expert dan sukses di dunia digital marketing, kamu harus banyak baca dan praktik langsung. Salah satu caranya dengan baca-baca artikel seputar aplikasi marketing, konten digital marketing, dan masih banyak lagi.
Kamu bisa membaca artikel tersebut melalui website dari JMC IT Consultant. Dengan artikel dari JMC, kamu bisa lebih percaya diri dalam merancang strategi marketing yang efektif.
Selamat belajar dan semoga sukses ya Sobat!