Mengoptimasi Web
Pemerintah dengan
Konsep Berbasis
Layanan
Web OPD Anda masih web profil?
Jarang dikunjungi netizen?
Saatnya untuk melakukan perubahan.

PORTOFOLIO KAMI

1

OPTIMASI WEB
DINAS KESEHATAN DIY

Tampil lebih manis dengan model
profesional dan tema asimetris

2

OPTIMASI WEB
DINAS KEBUDAYAAN DIY

Mewujudkan web yang
mencerminkan budaya
Adilihur Jogjakarta

3

OPTIMASI WEB
JOGJAPROV.GO.ID

Melalui fasilitas ini jogjaprov mendistribusikan berbagai informasi publik untuk dapat didownload oleh pengunjung dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Melalui informasi ini kami berupaya untuk menyajikan informasi secara transparan dan akuntabel.

SPECIAL FITUR

ROBOT PEMANTAUAN WEBSITE UNTUK ADMIN BERBASIS ANDROID

JMC paham betul bahwa di setiap OPD pemerintah jarang sekali memiliki petugas khusus yang menangani web saja. Biasanya petugas admin web juga memiliki tanggungjawab lainnya yang membuat tidak bisa selalu memantau website secara terus menerus.



Robot pemantauan, mengirimkan semua informasi penting ke hp petugas admin secara otomatis.

Otomasi ini akan memudahkan Petugas Admin untuk merespon dengan lebih cepat. Jenis informasi yang disampaikan adalah:

ALARM

Memberikan alarm serangan hacker, server down, aduan, feedback, dan lain-lain secara realtime.

MONITORING

Mengetahui performa website kapanpun dan dimanapun dengan mudah.

JMC CARE

Memudahkan akses ke JMC Care hanya dengan sekali klik.Permasalahan yang terjadi, akan langsung kami tangani.

MANUAL BOOK

Web admin ganti? tenang saja, tidak perlu khawatir untuk edukasi lagi. Aplikasi JMC Monitoring menyediakan manual book tentang penggunaan website.

Admin sudah tidak sibuk mengawasi website lagi, karena robotlah yang otomatis memberi tau ke hp petugas admin.

Mengapa Konsep Web Pemerintah Harus Diubah dan Disesuaikan?

AGAR MENARIK

Pada faktanya konten jadul yang selama ini selalu muncul di web pemerintah seperti agenda rapat dan agenda kerja jarang diminati oleh pengunjung, Butuh materi yang menarik.

INOVASI

Wujud inovasi dalam pelayanan public.

MEMBERIKAN MANFAAT

Salah satu tolak indikator kinerja adalah tingkat kunjungan web, sementara web akan semakin dikunjungi jika banyak memberikan manfaat bagi pengunjung.

MUDAH DIAKSES

Informasi di web akan semakin mudah tersebar jika terkoneksi dengan Media Sosial dan Messenger.

Perbedaan Web Pemerintah Jaman Dahulu dan Saat Ini


DAHULU

  1. Fokus pada desain web.
  2. Header dan gambar slide show banyak didominasi foto-foto pejabat.
  3. Didominiasi berita tentang agenda rapat.
  4. Sharing file masih tabu. Harus mengisi formulir bahkan harus datang.
  5. Sulit ditemukan. Contoh, ketika mencari di google dengan keyword pembangunan Kab X, Bappeda Kab X tidak muncul. Harus menghafal alamat yang panjang untuk bisa mengakses.
  6. Pengunjung harus membuka web untuk mendapat informasi.
  7. Hanya didesain untuk dibuka di desktop dan laptop.

SEKARANG

  1. Fokus pada desain informasi yang akan dimunculkan. Desain web saat ini semakin simple, orang berkunjung karena informasi bukan karena desain header, tombol dan paduan warna sebuah web.
  2. Didominasi dengan visualisasi yang mempromosikan Program Kerja Pemerintah, Hasil Pembangunan, dan Interaksi dengan Masyarakat.
  3. Memiliki banyak layanan yang bisa diakses masyarakat. Terintegrasi dengan sistem infomasi yang dimiliki.
  4. Eranya keterbukaan informasi kepada publik, informasi harus mudah untuk didownload. Hal ini bahkan sudah diatur oleh UU 14/2008 bahwa PPID wajib mengunggah informasi yang diumumkan secara berkala.
  5. Tidak ada pengunjung yang bersedia menghafal alamat domain meskipun pendek. Web harus mudah ditemukan oleh Google.
  6. Informasi mendatangi pengunjung melalui media sosial. Web sudah terkoneksi dengan media sosial.
  7. Memiliki teknologi Responive Design agar bisa dibuka di gadget dengan berbagai ukuran layar.

Testimoni



“Ketika berdiskusi dengan JMC kami tidak merasa seperti bertemu dengan tim programmer, namun kami merasa seperti bertemu dengan konsultan komunikasi. JMC banyak memberikan ide dan masukan terkait dengan penyajian konten yang kami miliki. Mana yang perlu dan mana yang tidak, serta bagaimana menyajikannya dengan menarik. Terimakasih JMC”


Iwan SBS, ST., M.Eng
Bappeda DIY

Diskusikan lebih lanjut
inovasi dan imajinasi pelayanan
publik yang Anda inginkan
dengan tim kami.