Perhatikan tips memilih aplikasi presensi utamanya fitur dan biaya yang dikeluarkan agar hasilnya maksimal Sob. Nah untuk membahas secara detail kali ini MinTar akan berbagi tips cara memilih aplikasi presensi, ada juga definisi singkat, dan manfaat mengenai aplikasi presensi untuk perusahaanmu. Simak baik-baik ya.
Apa Itu Aplikasi Presensi?
Aplikasi presensi atau software absensi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan. Alat ini dapat diakses hanya dengan perangkat yang terkoneksi dengan internet. Jadi, karyawan dapat mengakses aplikasi presensi melalui ponsel atau desktop mereka masing-masing.
Tak hanya itu, software yang merupakan bagian dari sistem ERP ini juga bisa terkoneksi atau terintegrasikan dengan aplikasi lainnya. HRD dapat melakukan monitoring dan analisa kehadiran, cuti, serta penggajian karyawan secara terpusat karena aplikasi presensi sudah terintegrasi dengan aplikasi payroll management.
Manfaat Aplikasi Presensi untuk Perusahaan
Sudah clear ya Sob konsep aplikasi presensi, intinya kamu bisa lebih cepat dan mudah melakukan presensi secara online dengan aplikasi ini. Nggak lengkap ngomongin definisinya tapi belum tahu manfaatnya aplikasi presensi ini tuh sebenarnya buat apa aja sih? MinTar udah merangkum manfaat dari aplikasi presensi di bawah ini, yuk kita simak.
1. Memberikan efisiensi waktu
Aplikasi presensi akan mempercepat waktu absen, jadi kamu nggak perlu antri karena sudah tersedia di perangkat kamu sendiri. Aplikasi presensi juga memudahkan HRD saat menginput dan memeriksa presensi kehadiran karyawan.
2. Memberikan keakuratan data kehadiran
Sistem yang sudah terbentuk akan mengurangi kesalahan atau human error saat penginputan data. Sehingga data kehadiran karyawan dapat lebih akurat dan minim kesalahan.
3. Bisa diakses secara fleksibel
Asalkan kamu punya akses ke internet, kamu bisa presensi dimana saja. Jadi, nggak perlu bingung kalau lagi di luar kota karena aksesnya yang se-fleksibel itu.
4. Hemat biaya dan go green
Selain menghemat biaya dengan mengurangi konsumsi kertas kamu juga bisa sekaligus menyelamatkan bumi Sob. Aplikasi presensi akan mengurangi biaya pemrosesan data presensi secara manual.
5. Memonitoring dan menganalisa data presensi
Aplikasi presensi dapat memudahkan monitoring dan analisis data kehadiran karyawan. Misalnya memantau tingkat kehadiran, absensi, cuti, dan durasi kerja karyawan.
Tips Memilih Aplikasi Presensi
Wajib tahu 7 tips ini kalau kamu mau pakai aplikasi presensi Sob. Kalau kata orang sedia payung sebelum hujan, jadi kamu bisa persiapan dan lebih hati-hati memperoleh aplikasi. Apa saja tipsnya ya? Yuk-yuk kita bongkar bareng-bareng.
Punya fitur lengkap termasuk GPS
Cari tahu fitur apa saja yang kamu butuhkan dalam aplikasi presensi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas perusahaan untuk menghindari fitur yang tidak diperlukan. Jangan lupa untuk menanyakan fitur GPS apakah sudah include paket atau belum.
Terintegrasi dengan aplikasi lain
Integrasi aplikasi dibutuhkan untuk memudahkan koordinasi antar tim departemen. Misalnya, integrasi aplikasi presensi dengan penggajian yang melibatkan karyawan, HRD, dan tim finance. Jika terdapat kesalahan atau data kurang tepat integrasi aplikasi akan sangat membantu untuk mempercepat perbaikan.
Ada sistem keamanan data yang kuat
Sistem keamanan data yang kuat akan membantu menghindari kejahatan cyber yang mungkin menimpa perusahaan. Oleh karena itu, pastikan Sobat menggunakan aplikasi presensi dengan Security Socket Layer (SSL) untuk melindungi data karyawan. Adanya autentikasi data akan menghindarkan serangan kejahatan hacker.
Tampilan user friendly dan mudah digunakan
Aplikasi presensi akan digunakan oleh semua karyawan, jadi usahakan tampilan aplikasi sesederhana mungkin. Hal ini dimaksudkan untuk membuat semua komponen karyawan dapat menggunakannya secara mudah dan cepat. Kamu juga bisa mengintegrasikan akun Google dengan presensi untuk memudahkan login user.
Perhatikan biaya yang dibutuhkan
Biaya merupakan komponen yang sensitif, jadi perhatikan betul biaya yang kamu keluarkan. Jika ragu buatlah daftar perbandingan harga antara perusahaan satu dengan perusahaan lain. Tanyakan juga kepada pihak penyedia layanan pembuatan aplikasi apakah ada tambahan biaya selain pembuatan aplikasi tersebut, seperti sewa server atau maintenance.
Dapat digunakan untuk berbagai perangkat
Karena aplikasi ini digunakan oleh seluruh karyawan jadi pastikan presensi bisa diakses melalui iOS, android, maupun desktop. Kamu bisa request kepada vendor atau jasa pembuatan aplikasi untuk akses aplikasi dalam perangkat ini ya Sob. Jangan sampai aplikasi presensi malah bikin karyawan kesulitan.
Ada layanan customer care
Nah penting nih, layanan customer care bisa membantu menguraikan permasalahan dalam aplikasi presensi yang kamu pesan. Kamu bisa bertanya dan meminta solusi dengan pihak vendor melalui customer care yang tersedia.
Cari tahu background vendor pembuat aplikasi
Sudah paham tips di atas? Saatnya mencari jasa pembuatan aplikasi presensi yang trusted nih. Caranya, kamu bisa cek-cek sosial media atau website mereka terlebih dahulu. Cari tahu project yang pernah mereka kelola dan testimoni dari pembeli. Kalau udah yakin kamu bisa mulai chat ke nomor vendor tersebut.
Jadi, sudah siap pakai aplikasi presensi untuk menggantikan pencatatan manual yang bikin capek itu? Kalau udah sini MinTar bisikin jasa pembuatan aplikasi presensi yang sudah ada sejak 2013 lau.
Jasa Pembuatan Aplikasi Presensi JMC IT Consultant
Jasa pembuatan presensi kali ini datang dari Yogyakarta, mereka telah meraih penghargaan sebagai The Reliable Consultant In Service Excellence Of The Year 2015 ini membuktikan kalau JMC IT Consultant mampu membuat aplikasi yang berkualitas. Kualitas yang nggak main-main ini bisa kamu temukan dalam keuntungan aplikasi presensi yaitu.
Keuntungan Aplikasi Presensi dari JMC
- Presensi yang mampu mencatat data absensi karyawan melalui ponsel atau laptop/komputer
- Presensi dapat dilakukan dimanapun, bisa di tempat kerja (on site) atau di lapangan (off site)
- Pencatatan jam kerja karyawan dengan mudah dan cepat
- Pencatatan lokasi tempat presensi berdasarkan GPS dari HP maupun dari PC/laptop
- Terintegrasi dengan fitur login akun google
- Terintegrasi dengan aplikasi kepegawaian dan payroll
- Adanya fitur monitoring untuk memantau status kerja dan lokasi kerja karyawan
- Digunakan untuk mencetak laporan absensi sesuai kebutuhan perusahaan
Fitur dan manfaat yang lengkap ini akan membantu perusahaan semakin produktif. Untuk mendapatkan aplikasi presensi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. JMC akan memberikan harga aplikasi yang terjangkau untuk kamu. Yuk temukan beragam produk menarik baik aplikasi presensi atau ERP dengan chat Whatsapp disini.