Lapor Bantul merupakan aplikasi yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bantul bekerja sama dengan JMC IT Consultant. Aplikasi ini bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam menyampaikan laporan terkait permasalahan publik yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantul. Pembangunan aplikasi ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Bantul dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dengan mekanisme bottom-up yaitu dari masyarakat kepada pemerintah.
Dengan tujuan diatas, untuk keberhasilan implementasi aplikasi Lapor Bantul, Diskominfo Kabupaten Bantul mengadakan sosialisasi dan koordinasi aplikasi ke seluruh OPD di Kabupaten Bantul. Pertemuan belangsung pada hari Jumat (16/03/2018) bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul. Acara di pandu oleh bapak Nugroho Eko Setyanto,S.Sos, MM selaku Kepala Diskominfo Kabupaten Bantul, yang dihadiri langsung oleh bapak H. Abdul Halim Muslih, Wakil Bupati Kabupaten Bantul.
Sosialisasi dan koordinasi menjelaskan terkait maksud dan tujuan pembangunan serta fitur-fitur dan kelebihan aplikasi. Aplikasi Lapor Bantul saat ini telah selesai dibuat dan dapat diunduh masyarakat melalui smartphone, baik Android maupun iOS. Setelah proses mengunduh aplikasi selesai, masyarakat dapat membuat akun baru ataupun login menggunakan akun Facebook/email dan mulai membuat laporan.
Di dalam aplikasi Lapor Bantul, masyarakat tidak hanya dapat melihat laporan yang dibuat sendiri, namun juga dapat melihat laporan yang berasal dari orang lain. Ketika terdapat laporan, OPD terkait akan mendapatkan notifikasi dan mampu memberikan respon secara cepat. Selain itu, masyarakat mampu memantau perkembangan laporan tersebut dan mengukur bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan Pemerintah.
Selain sosialisasi teknis, dikoordinasikan pula seputar kesiapan kedepan nya dalam mengelola aplikasi Lapor Bantul, baik kesiapan SDM, SOP dan alat-alat yang akan mensupport aplikasi. Dalam hal ini, kesiapan manajemen sangat menentukan keberhasilan implementasi aplikasi kepada masyarakat. Semoga dengan dibangunnya aplikasi Lapor Bantul, akan mampu menjadi wadah aspirasi dan penyambung lidah dari masyarakat kepada pemerintah. Dengan semakin mudahnya masyarakat menyampaikan aspirasi, maka pemerintah akan semakin cepat menangani setiap permasalahan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. Bersama JMC IT Consultant, mari mulai membangun Indonesia melalui teknologi.