Berita

Syarat dan Cara Cek Nomor Induk Kependudukan Dana Penerima Bansos

Bulan ini bansos kembali dicairkan, apa yang harus diperhatikan untuk mengecek bantuan ini? Mari kita pahami langkah yang harus dilakukan.

Anda bisa mengetahui bantuan ini dengan cara cek nomor induk kependudukan untuk mengetahui dana yang diterima. Caranya adalah dengan mengecek melalui aplikasi Cek Bansos atau website cekbansos.kemensos.go.id.

Bansos menjadi salah satu solusi bagi pemerintah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Misalnya untuk keluarga kurang mampu yang membutuhkan support pendidikan dan kesehatan khususnya ibu hamil, penyandang disabilitas, dan lansia. Lantas apa saja syarat-syarat mengajukan bantuan sosial? Berikut beberapa syaratnya.

Syarat Penerima Dana Bansos

 class=

Berikut ini adalah syarat-syarat yang perlu Anda ketahui sebagai penerima dana bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
Anda harus berstatus sebagai WNI karenannya Anda juga harus memiliki KTP yang masih berlaku.

2. Tercatat sebagai Keluarga Berkebutuhan
Anda dapat mendaftarkan diri di kelurahan dan kemudian petugas kelurahan akan mengidentifikasi mana keluarga yang benar-benar membutuhkan bantuan. Petugas akan memfilter kondisi ekonomi dari calon penerima bantuan sosial.

3. Bukan sebagai ASN, TNI, atau POLRI
Bansos tidak ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, atau POLRI.

4. Belum Pernah Menerima Bantuan Lain dari Pemerintah
Penerima bansos tidak boleh menerima bantuan lain dari pemerintah, misalnya BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, ataupun Kartu Prakerja.

5. Terdaftar di DTKS Kemensos RI
Anda harus sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Syarat-syarat di atas menjadi acuan standar bagi penerima bantuan sosial khususnya PKH. Jika Anda ingin mendaftarkan diri perhatikan syarat di atas terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa langsung mengunjungi kantor kelurahan atau mendaftarkan melalui aplikasi Cek Bansos.

Cara Cek Nomor Induk Kependudukan Dana Bansos

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek nomor induk kependudukan dana bansos yaitu dengan cek di aplikasi dan website. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cara Cek dalam Aplikasi
Anda harus mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu kemudian melanjutkan mengisi beberapa tahapan berikut ini.

  • Buka aplikasi, klik ‘Buat Akun’
  • Lakukan pembuatan akun bansos
  • Klik ‘Buat Akun Baru’
  • Jika isian sudah lengkap otomatis akun sudah terdaftar
  • Verifikasi email jika dibutuhkan

2. Cara Cek melalui Website
Selain aplikasi Anda juga bisa mengecek bansos melalui website cekbansos dengan langkah berikut ini.

  • Buka website cekbansos.kemensos.go.id
  • Isi kolom provinsi, kab/kota, kecamatan dan desa
  • Lengkapi kolom nama penerima manfaat sesuai KTP
  • Isi huruf kode yang tertampil
  • Klik ‘Cari Data’ dan isi huruf kode

Setelah itu Anda bisa melihat apakah Anda termasuk calon penerima bansos dari pemerintah. Jika lolos akan tertampil nama, usia, dan jenis bantuan yang diterima. Jika tidak maka akan ada keterangan “tidak terdapat pm (penerima manfaat)”.

Cara Mengefektifkan Dana Bansos Agar Tepat Sasaran

Bantuan sosial (bansos) memiliki manaat yang besar bagi masyarakat jika tersalur dengan benar. Namun, terkadang kondisi yang terjadi adalah bantuan ini seringkali tidak tepat sasaran. Maka dari itu, diperlukan sistem yang jelas untuk mengatur bantuan sosial.

Salah satu langkah yang bisa diterapkan adalah dengan membuat sistem aplikasi yang akurat dan terpercaya. Adanya sistem aplikasi bisa mempermudah pencatatan hingga pemetaan bansos. Adalah aplikasi e-Hibsos dari JMC IT Consultant yang dapat membantu pemerintah daerah khususnya untuk mengelola hibah bansos.

Keuntungan e-Hibsos ini antara lain:

  • Memiliki alur pengajuan usulan hibah atau bansos, rekomendasi OPD hingga pertimbangan dari TAPD
  • Memiliki fitur manajemen penjadwalan
  • Masyarakat dapat mengajukan usulan hibah maupun bansos dengan mudah
  • Data pengusul hibah bansos tercatat dengan detail sampai dengan nama, alamat dan NIK nya sehingga usulan dapat dipertanggungjawabkan
  • Memiliki fitur untuk mencetak berbagai format laporan hibah bansos
  • Memiliki modul dashboard yang menampilkan statistik dalam bentuk infografi

Masih banyak lagi manfaat dari e-Hibsos, Anda bisa melihat detailnya di sini. Namun, jika mau tahu lebih lengkap seputar aplikasi ini Anda bisa langsung menghubungi Whatsapp dari JMC IT Consultant.