e-Dana Bergulir



E-Dana Bergulir adalah aplikasi yang dirancang agar para pengola bisa mencari data apapun dengan mudah. Seperti halnya aplikasi yang dipakai oleh perbankan, jika ingin menampilkan transaksi apapun dapat dilakukan. Report-report bisa dicetak dengan mudah, dan notifikasi-notifikasi yang akan membantu menjadi remainder para pengelola. Didalam rangka melaksanakan pembangunan, pemerintah daerah melibatkan berbagai unsur baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah sendiri, perguruan tinggi, para pihak swasta maupun masyarakat. Sesuai dengan visi dan misi  peran pemerintah daerah merupakan Pemerintah yang Katalistik. Pemerintah Daerah yang Katalistik adalah Pemerintah Daerah yang mampu mendorong masyarakatnya untuk melaksanakan sendiri hal-hal yang dianggap penting bagi lingkungannya sehingga pemerintah lebih berperan sebagai pengatur dan pendorong daripada sebagai pelaksana langsung suatu urusan masyarakat. Pemerintah Daerah lebih banyak memberi peluang kepada swasta, memberdayakan masyarakat dan non pemerintah lainnya untuk bersama-sama memikul suatu tanggung jawab atau urusan dengan cara memberikan kesempatan dan mendorong masyarakat serta dunia usaha melalui regulasi, fasilitasi dan pelayanan agar masyarakat dapat mengembangkan kemampuan dan kemandiriannya. Agar mampu dan mandiri masyarakat perlu sentuhan berupa permodalan. Kekurangan modal di berbagai sector sebagai upaya perlu adanya campur tangan pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Dalam rangka pemberdayaan masyarakat, pemerintah daerah dapat menganggarkan investasi jangka panjang non permanen dalam bentuk dana bergulir sesuai Pasal 118 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Penganggaran dana bergulir dalam APBD pada akun pembiayaan, kelompok pengeluaran pembiayaan daerah, jenis penyertaan modal/investasi  pemerintah, obyek dana bergulir dan rincian obyek dana bergulir kepada kelompok masyarakat penerima.

 

E-Dana Bergulir memiliki berbagai fitur pengelolaan yang menjadi fundamental proses penyimpanan dan pengelolaan data Dana Bergulir. Fundamen ini kedepannya akan semakin dikembangkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan terhadap pengelolaan data Dana Bergulir. Dengan dimanfaatkannya E-Dana Bergulir dalam penanganan setiap proses di tahun 2013 maka muncullah ide-ide baru sebagai pengembangan dari E-Dana Bergulir agar semakin mumpuni. Pengambangan ini meliputi dua jenis sektor yaitu pada sisi data dan pada sisi fitur aplikasinya. Dengan banyaknya data yang harus dientrikan ditambah kondisi data yang masih membutuhkan verifikasi maka dibutuhkanlah proses penanganan khusus agar data yang disimpan dalam aplikasi sanggup dinyatakan kevalidtannya. Pada sisi fitur aplikasi dibutuhkan berbagai modifikasi pengembangan agar sanggup mengakomodir varietas data yang akan dimasukkan. Selain itu pengembangan pada sisi reporting dan penyajian informasi atau analisis juga dibutuhkan mengingat banyaknya hal yang ingin dikaji sebagai bahan pendukung pengambil keputusan. Dengan berdasarkan informasi yang valid dan informative maka proses pengelolaan Dana Bergulir kedepannya optimis untuk semakin optimal.

 

 

 

The copyright and material on this website (including without limitation the text, computer code, artwork, photographs, images, music, audio material, video material and audio-visual material on this website) owned by JMC. You may request permission to use the copyright materials on this website by writing to hello@jmc.co.id

JMC Live Support

Customer Support: Hello, How can i help you? 08:00:00

Call Request

Masalah IT membuat Anda kesulitan???
Silakan konsultasikan dengan kami.
Kirimkan data Anda dan kami yang akan menghubungi Anda.