Aplikasi e-pokir Kutai Kartanegara adalah aplikasi E-GOV yang mendukung kinerja pemerintah yaitu layanan pokok pikiran yang digunakan Dewan Kota Kutai Kartanegara untuk melaksanakan fungsi penyampaian aspirasi ke masyarakat.
Aplikasi ini merupakan bentuk kerjasama DPRD Kutai dengan JMC IT Consultant. Untuk mengenal apa sih sebenarnya aplikasi e-pokir ini, yuk kita cari tahu Sobat Pintar!
Pengertian aplikasi e-pokir
Pokir sendiri merupakan akronim dari pokok-pokok pikiran, sementara e- adalah elektronik. Jadi jika kita artikan aplikasi E-pokir adalah layanan elektronik berbentuk aplikasi yang digunakan pemerintah, khususnya DPRD untuk wadah penyampaian pokok-pokok pikiran mereka.
Aplikasi e-Pokir akan akan diinput oleh masing-masing anggota legislatif untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat secara online agar kemudian ditindaklanjuti Badan Anggaran (bangar) untuk diajukan ke bagian eksekutif dalam perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Yups aplikasi E-pokir bermanfaat untuk membantu masyarakat dan DPRD guna aspirasi dan perencanaan kebijakan dapat terlaksana dengan baik. Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dengan aplikasi E-pokir!
Manfaat aplikasi e-pokir
Sinergitas antara masyarakat dan DPRD akan menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga daerah dapat lebih produktif dan maju. Aplikasi e-pokir Kutai dapat menambah manfaat untuk para pemangku kebijakan dan pastinya bermanfaat untuk seluruh komponen masyarakat.
1. Manfaat aplikasi e-pokir antara lain.
Pengelolaan Anggaran yang Lebih Efisien
Aplikasi e-pokir dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan anggaran, memungkinkan DPRD, masyarakat, dan pemerintah untuk memonitor dan mengelola alokasi dana secara lebih transparan dan terukur.
2. Transparansi dan Akuntabilitas
E-pokir membantu meningkatkan transparansi dengan menyediakan akses mudah terhadap informasi terkait alokasi anggaran dan proyek yang sedang berlangsung. Hal ini akan mendukung akuntabilitas pemerintah terhadap kebijakan dan program yang dijalankan.
3. Pemantauan Real-Time
Dengan akses langsung ke data real-time, DPRD dan pemerintah dapat memantau kemajuan proyek secara lebih akurat dan cepat, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat waktu.
4. Peningkatan Kualitas Pembangunan
Adanya e-pokir dapat membantu memastikan bahwa proyek-proyek pembangunan yang diusulkan dan dijalankan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menyebabkan peningkatan kualitas pembangunan dan pelayanan publik.
Aplikasi e-pokir sangatlah membantu pemerintah dalam pengambilan keputusan secara cepat. Oleh karena itu, aplikasi e-pokir penting digunakan oleh pemerintah untuk mendapatkan kebijakan yang cepat dan tepat.
Manfaat aplikasi e-pokir Kutai Kartanegara
Aplikasi e-pokir Kutai Kartanegara digunakan oleh untuk membantu DPRD dalam pelaksanaan fungsi anggaran dan penyampaian aspirasi dari masyarakat sebagai kajian TAPD untuk menyusun dokumen RKPD setiap tahun.
Melalui e-pokir ini DPRD dapat dengan mudah mengajukan anggaran yang akan mereka gunakan untuk merealisasi ide-ide pokok pikiran. Setiap anggota DPRD yang memiliki akses aplikasi e-pokir dapat mengajukan anggaran secara langsung dan dapat melihat update pengajuan secara real time.
Aplikasi e-pokir yang merupakan kerja sama Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara dengan JMC IT Consultant, sebuah jasa pembuatan aplikasi dari Yogyakarta ini telah rampung digarap dan sudah digunakan oleh DPRD Kutai.
Jasa pembuatan aplikasi e-pokir
Tidak sah jika setelah mengenal aplikasinya belum mengenal jasa pembuatan aplikasinya. Aplikasi e-pokir Kutai Kartanegara dibuat oleh PT JMC Indonesia, yaitu jasa pembuatan aplikasi instansi pemerintah yang terpercaya yang berlokasi di Yogyakarta. Lalu apa sih bedanya aplikasi e-pokir dari JMC ini?
Aplikasi e-pokir JMC sudah sesuai dengan standar Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan daerah. Adapun manfaatnya antara lain.
- Melengkapi fungsi-fungsi di dalam aplikasi pusat sehingga kebutuhan daerah dapat terfasilitasi dengan baik.
- Memudahkan anggota DPRD untuk menyampaikan usulan aspirasi secara sistematis, terukur dan sesuai peraturan.
- Memudahkan OPD dan TAPD dalam menerima informasi usulan serta mensinergikan dengan perencanaan pembangunan yang sedang disusun agar dapat saling melengkapi.
- Mudah dalam memonitor pokok pikiran guna mengawal terlaksana aspirasi secara tepat sasaran.
- Menyimpan data penerima dengan lengkap sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.
- Mudah dalam membuat klasifikasi hibah dan bansos.
- Mencegah penerima ganda atau duplikasi penerimaan pada NIK tertentu.
- Mencetak berbagai jenis laporan yang dibutuhkan.
- Mudah dalam melakukan tracking data aspirasi secara akurat sebagai pertanggungjawaban hukum.
JMC IT Consultant
Telah dipercaya selama lebih dari 10 tahun, PT JMC Indonesia selalu memberikan inovasi pembuatan aplikasi dan sistem informasi, sehingga setiap kebutuhan perusahaan Anda dapat terakomodir. Mereka sudah mengerjakan project dari ISUZU, Airnav, Pertamina, Gojek, Telin, dan masih banyak lagi.
Jadi, dijamin aplikasi yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar dan tentunya inovatif. Jika menginginkan pembuatan aplikasi e-pokir atau aplikasi lainnya, Anda bisa langsung menghubungi kontak JMC Indonesia melalui whatsapp berikut ini!