Partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat diperlukan untuk menjamin pelaksanaan pembangunan berjalan dengan optimal, efektif, dan efisien. Dengan adanya partisipasi masyarakat, pemerintah akan sangat terbantu dalam merencanakan program kerja yang sesuai dengan keadaan di lapangan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan tujuan konsep Smart City yang semakin gencar dicanangkan di setiap daerah di Indonesia.
Dengan semakin maraknya arus media sosial, masyarakat saat ini mulai memanfaatkan media sosial untuk berbagi informasi ataupun menyampaikan keluhan. Masyarakat terbiasa memposting informasi melalui Facebook, Twitter, maupun Instagram. Namun cara tersebut belum sepenuhnya efektif karena belum tepat sasaran. Dibutuhkan suatu wadah yang terkonsentrasi untuk merespon informasi tersebut dengan baik.
Dengan latar belakang tersebut, maka pemerintah membutuhkan suatu media yang dapat membantu masyarakat daerahnya untuk menyampaikan aspirasi. Contohnya seperti aplikasi e-Wadul yang sudah digunakan di Surabaya maupun aplikasi Qlue yang digunakan di Jakarta.
Saat ini JMC IT Consultant mendapat kepercayaan membangun suatu aplikasi pengaduan masyarakat untuk pemerintah Kabupaten Bantul, atau nantinya akan disebut e-Lapor. Dalam minggu ini pun sudah dilakukan paparan prototipe aplikasi di depan Kepala Dinas dan tim Dinas Kominfo Bantul serta perwakilan setiap SKPD Kabupaten Bantul.
Masyarakat Kabupaten Bantul nantinya dapat mengunduh aplikasi e-Lapor di Application Store pada smartphone mereka, baik Android maupun IOS. Dengan adanya e-Lapor, masyarakat Bantul dapat dengan mudah menyampaikan informasi apapun seputar hal-hal yang terjadi di wilayah pemerintah daerah, baik itu jalan rusak, sarana prasarana umum yang tidak berfungsi dengan baik, informasi kecelakaan lalu lintas, maupun yang lainnya.
Pemerintah, terutama SKPD yang terkait, dapat dengan mudah melakukan pengelolaan respon melalui back office berbasiskan web dan segera menanganinya. Akan ada notifikasi terkait keluhan yang sudah teratasi dan belum teratasi. Aplikasi ini akan dibuat dengan responsive design sehingga dapat diakses di semua perangkat, baik di PC maupun smartphone.
Diharapkan dengan adanya aplikasi e-Lapor ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Bantul dalam menyampaikan aspirasi dan informasi kepada pemerintah. Selain itu dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik sehingga terwujud pembangunan yang efektif dan efisien lewat mekanisme bottom-up.
JMC IT Consultant percaya sekarang adalah saatnya membangun bangsa melalui teknologi.