Oleh: Akkha Vardhana

Pernah melihat running text di bagian bawah layar televisi atau hasil quick count paska pilpres bulan lalu?

Bagaimana angka-angka atau tulisan bergerak di sebuah layar televisi  dapat mempengaruhi kehidupan seseorang, bahkan tidak jarang berpotensi mengakibatkan kepanikan massal? Jawabannya cukup sederhana, karena manusia akan bereaksi spontan terhadap rangsang visual atau apa yang dilihatnya.

Kok bisa???

Mari kita lakukan sebuah pengujian sederhana. Di saat Anda membaca sebuah papan di kamar kecil berbunyi seperti ini:

GUNAKAN CLOSET DENGAN BENAR!

Apa yang ada dipikiran Anda saat membacanya? Tentu saja masing-masing dari kita akan memiliki definisi yang berbeda tentang kata “BENAR”. Tapi apa yang terjadi ketika kita melihat sebuah papan tanpa tulisan di pintu kamar kecil seperti gambar berikut ?


Sumber : www.lintas.me

Saya yakin Anda akan bereaksi  secara spontan ketika mencermati informasi yang disampaikan melalui papan tersebut. Sama halnya ketika kita melihat tabel sumber energi seperti berikut.

Tentu kita  harus memperhatikan secara detil atau membaca keseluruhan tabel untuk mendapatkan gambaran umum mengenai lokasi dan sebaran dari sumber energi yang terdapat di seluruh Amerika. Bagi sebagian orang yang berkecimpung dalam dunia data, data dalam bentuk tabel seperti di atas adalah hal biasa, namun bagi masyarakat awam reaksinya akan jauh berbeda.

Sekarang kita bandingkan dengan data yang sama tapi disampaikan dalam bentuk yang berbeda seperti pada tampilan di bawah ini :


Microsoft Excel  2013 Geo Flow

Dengan tampilan interaktif tiga dimensi maka pembaca akan dengan cepat memahami konsep sebaran dan kekuatan data dari masing masing lokasi.

Dua contoh di atas adalah sebuah gambaran mengenai visualisasi data, sebuah proses untuk merubah informasi statis berupa satuan data menjadi sebuah informasi yang memiliki value atau nilai bagi pembacanya. Sedemikian pentingnya visualisasi data bagi masyarakat umum sehingga banyak media massa dan elektronik menggunakan ilustrasi dari visualisasi data untuk mendongkrak bobot dari sebuah berita yang sedang menjadi trend. Produk yang sangat lazim dari visualisasi data ini adalah infografis dan running text pada bagian bawah layar televisi.

Dengan menggabungkan unsur estetika dan dititik beratkan pada output informasi data maka data akan terlihat sebagai sebuah seni, bukan lagi sebagai angka yang tersekat oleh baris dan kolom dalam sebuah tabel.

Berikut ini adalah beberapa sumber yang dapat menginspirasi betapa pada saat ini kebutuhan akan visualisasi data dapat menjadi nilai tambah atau bahkan sebuah komoditas.

 

Numbers That Paint the Picture

Data is the new oil. ~ Jer Thorp - Data Artist

 

The Art of Data Visualization

You wanna see to learn something not to confirm something. ~ Edward Tufte - Data Visualisation Pioneer