Indonesia menyongsong SDGs! Kalimat inilah yang menggambarkan semangat dari pemerintah Republik Indonesia dalam merealisasikan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakatnya. Sustainable Development Goals (SDGs) atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip "memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan" (menurut Brundtland Report dari PBB, 1987). Seperti kita ketahui bersama, pemerintahan Republik Indonesia saat ini memiliki Sembilan program prioritas yang lebih dikenal dengan Nawacita. Visi-misi Nawacita sendiri memang menganggap penting kerjasama global seperti SDGs.

SDGs berisi 17 (tujuh belas) tujuan yang disepakati dan berlaku bagi seluruh bangsa tanpa terkecuali. Berbeda dengan Millennium Devolopment Goals (MDGs, 2000-2015), pada dasarnya tujuan SDGs adalah menempatkan masyarakat sebagai pusat pembangunan. Metode dan cara pelaksanaan SDGs menuntut adanya partisipasi warga dan partisipasi publik.

 

 

Di lain sisi, Bappeda DIY telah menjawab perkembangan teknologi dengan membangun e-Data (Aplikasi Dataku). Aplikasi Dataku merupakan wujud dari satu data pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta yang mampu memonitor, mengevaluasi dan menginformasikan hasil pembangunan secara berkesinambungan. Data dan informasi yang berada dalam Aplikasi Dataku dapat digunakan sebagai landasan dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

Dengan semangat yang sama, di tahun 2018, Balai Statistik Daerah (BSD) DIY sebagai pengelola aplikasi Dataku melakukan pengembangan terhadap aplikasi Dataku bekerjasama dengan JMC IT Consultant. Dalam pengembangan kali ini, BSD DIY memiliki misi untuk menerapkan implementasi SDGs pada aplikasi Dataku. Dengan adanya pusat data yang baik, maka akan dengan mudah menentukan indikator untuk pencapaian SDGs. Dalam pengembangan aplikasi Dataku, JMC IT Consultant sangat mengapresiasi munculnya ide – ide brilian dari pengguna aplikasi untuk hasil pengembangan yang semakin optimal. JMC IT Consultant sadar betul bahwa masukan dan ide-ide baru dari pengguna aplikasi adalah kunci untuk pengembangan Aplikasi Dataku.

Dengan adanya Pengembangan Aplikasi Dataku ini, diharapkan mampu meningkatkan sinergi antara data dan informasi pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan SDGs, sehingga Pemerintah DIY dapat ikut serta dalam menyukseskan visi dan misi Nawacita. Dengan penuh semangat, BSD DIY siap menjadi leading sector penyedia data untuk pemerintah daerah dalam mengimplementasikan program Sustainable Development Goals (SDGs).

Bersama JMC IT Consultant, mari membangun Indonesia melalui Teknologi!