Peran serta dan kepedulian masyarakat dalam pemerintahan akan membantu mendukung keberhasilan pembangunan bangsa. Informasi yang diberikan masyarakat akan menjadi bahan bagi pemerintah untuk mengambil tindakan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan atau permasalahan, baik terkait perizinan maupun non perizinan, maka dibangunlah aplikasi layanan pengaduan online.

Project aplikasi layanan pengaduan online yang digagas sejak awal tahun oleh Pemerintah DIY melalui Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (KP2TSP) akhirnya telah selesai dibangun oleh JMC IT Consultant. Untuk itulah pada hari Rabu kemarin (04-10-2017) diselenggarakan pertemuan bertempat di Ruang Rapat KP2TSP DIY dengan mengambil agenda sosialisasi dan pelatihan aplikasi.

Acara yang dihadiri oleh seluruh jajaran staff dan petinggi KP2TSP ini bertujuan untuk memaparkan informasi seputar aplikasi, baik mengenai latar belakang pembangunan, maksud dan tujuan hingga detail aplikasi. Dalam acara ini juga dilakukan pelatihan bagi pengguna sistem back end, baik di level admin, operator, dan juga SKPD yang terkait. Pelatihan sore hari tersebut dibawakan oleh Bapak Budi (Manajer Marketing) dan Lusia Pusvita (Project Controller).

 

 

Aplikasi layanan pengaduan online dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat karena berbasis online dan pelaporan dapat dilakukan secara real time. Ketika ada pengaduan, pemerintah sesuai dengan instansi yang bersangkutan, dapat memberikan solusi penyelesaian yang lebih cepat serta dapat melakukan monitoring dengan lebih baik.

Aplikasi pengaduan online dapat diunduh secara gratis melalui application store baik untuk platform Android maupun iOS dengan kata kunci pengaduan KP2TSP DIY. Masyarakat dapat membuat pengaduan dan dapat menelusuri riwayat pengaduan tersebut, apakah sudah mendapat respon atau belum. Dalam aplikasi juga dapat dilihat grafik total pengaduan, sehingga akan terlihat statistik pengaduan yang selama ini masuk ke pemerintah.

Semoga dengan adanya aplikasi pengaduan online, upaya pemerintah DIY dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dapat terwujud, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pula. JMC IT Consultant percaya sekarang adalah saatnya membangun bangsa melalui teknologi.