Dalam sebuah pemerintahan, pengelolaan tata ruang merupakan salah satu aspek penting yang patut diperhatikan seperti hal nya pendidikan, kesehatan dan aspek penting lainnya. Dengan pengelolaan tata ruang yang baik, sebuah wilayah akan memiliki konsep yang jelas dan matang. Selain itu, penggunaan ruang menjadi lebih efektif dan tepat guna. Dari segi pariwisata, pengelolaan ruang yang rapi dan indah akan mendorong wisatawan untuk mengunjungi wilayah tersebut karena dirasa memiliki nilai lebih.

Sebagai salah satu poin penting dalam penataan ruang, Pemerintah Daerah Istimewa Yogayakarta (DIY) melalui Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY menetapkan penatausahaan pertanahan sebagai bagian dari kegiatan Keistimewaan Urusan Pertanahan Tahun Anggaran 2018 yang meliputi Sultan Ground (SG), Pakualaman Ground (PAG) dan Tanah Desa. Salah satu misi dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan pelayanan pemanfaatan pertanahan di DIY bagi masyarakat umum. Sesuai kebijakan Kraton Ngayogjakarta maupun Kadipaten Pakualaman, masyarakat umum diperbolehkan memanfaatkan tanah-tanah tersebut diatas dengan terlebih dahulu mendapatkan perizinan dalam hal ini kekancingan baik dari pihak Karaton Ngayogyakarta maupun Kadipaten Pakualaman.

Belum lama ini, JMC IT Consultant kembali melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY terkait pengadaan Sistem Informasi Otomasi Penerbitan Kekancingan. Acara berlangsung di Ruang Rapat Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY dengan dihadiri oleh Drs. Krido Suprayitno, SE. M.Si selaku Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY beserta Kepala Bidang dan Kepala Seksi terkait. Selain itu, turut hadir perwakilan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang tingkat Kabupaten di DIY. Rapat koordinasi tersebut membahas kesesuaian ruang lingkup, proses bisnis, dan teknis pekerjaan. Selain itu, rapat koordinasi juga membahas terkait keamanan dari aplikasi. Hal ini dikarenakan data dan dokumen dari Sultan Ground (SG), Pakualaman Ground (PAG) dan Tanah Desa merupakan dokumen sangat penting yang patut dijaga. Tim dari JMC IT Consultant menyatakan bahwa sistem keamanan aplikasi dari JMC IT Consultant tidak perlu diragukan lagi keamanannya.

Dengan adanya pembangunan Sistem Informasi Otomasi Penerbitan Kekancingan, JMC IT Consultant berharap pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal dengan percepatan pengambilan keputusan dalam pengelolaan Sultan Ground (SG), Pakualaman Ground (PAG) dan Tanah Desa di DIY. Sesuai dengan pesan dari Drs. Krido Suprayitno, SE. M.Si selaku Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, beiiau berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat bekerjasama membangun tata ruang di DIY kearah digital. JMC IT Consultant percaya, sekararang sudah saatnya membangun Indonesia melalui teknologi!