Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten di DIY yang memiliki berbagai potensi wisata, baik wisata alam, kuliner, kerajinan, dan lain sebagainya. Semakin berkembangnya wisata di Bantul tidak lepas dari upaya pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki di masing-masing wilayahnya. Saat ini kita dapat menjumpai berbagai macam wisata baru yang muncul seiring semakin meningkatnya animo wisatawan yang mengunjungi DIY.

Demi memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten Bantul, maka pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul bekerja sama dengan JMC Pictures memprakarsai pembuatan video profil. Pembuatan video ini bertujuan untuk memperkenalkan keberagaman potensi wisata dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di wilayah Kabupaten Bantul.

 

 

Proses pengambilan gambar sudah dilakukan dengan mengambil latar di beberapa tempat wisata terkenal di Kabupaten Bantul. Bantul terkenal dengan wisata alam seperti pantai dan hutan pinus. Namun tidak hanya itu saja, Bantul juga memiliki mata air berupa sendang yang terletak di Sendang Ngembel. Keindahan pemandangan Bantul bisa disaksikan di daerah Mangunan yang dikelola sedemikian kreatif oleh masyarakat. Wisatawan tidak hanya akan dimanjakan dengan keindahan alam dan pepohonan pinus saja namun juga bisa menikmati objek wisata seperti Rumah Hobbit yang terkenal dalam film layar lebar “The Hobbit”.

Wilayah Bantul memiliki beberapa komoditas unggulan, salah satunya ada perkebunan bawang yang menggunakan sistem pengairan irigasi kabut. Selain itu yang sudah terkenal adalah kerajinan gerabah yang bisa dijumpai di sentra Kerajinan Kasongan, Kasihan, Bantul. Produk kerajinan lainnya yang dimiliki Kabupaten Bantul seperti kerajinan dari bathok kelapa yang diolah menjadi berbagai kreasi cantik.

Bidang kuliner juga menjadi daya tarik Kabupaten Bantul. Industri geplak merupakan salah satu makanan khas Bantul yang diolah dari tepung beras ketan. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati kuliner sate klatak atau mie lethek yang juga khas Bantul. Industri di Bantul pun terus berkembang, seperti industri pengolahan pisang yang turut menyumbang lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Bantul sangat kreatif dan inovatif dalam mengolah potensi yang dimiliki supaya mempunyai nilai lebih bagi masyarakat.

Dalam proses pengambilan gambar, tim JMC Pictures juga melakukan pengambilan gambar bersama dengan Bapak Bupati Bantul, Bapak Drs. H. Suharsono yang memberikan beberapa informasi penting seputar potensi unggulan dan upaya-upaya dalam memajukan Kabupaten Bantul. Dengan pembuatan video profil ini diharapkan akan lebih memperkenalkan potensi wisata di Bantul dan mampu menjaring lebih banyak wisatawan. Pada akhirnya mampu membawa Bantul menjadi kabupaten/kota terbaik, tidak hanya dalam skala nasional namun juga internasional.