Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dibutuhkan perencanaan yang baik pula. Dalam proses perencanaan tersebut, teknologi informasi memiliki peran penting dalam membantu kinerja Bappeda menjadi lebih efektif, efisien, transparan, dan juga tepat sasaran. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintah merupakan contoh implementasi e-government. E-government sendiri merupakan langkah reformasi birokrasi untuk menciptakan good governance dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Aplikasi e-Planning JMC IT Consultant hadir sebagai solusi atas kebutuhan tersebut. Bappeda dapat mengelola data perencanaan secara lebih mudah dan cepat. Selain itu, e-Planning JMC IT Consultant memiliki banyak kelebihan, salah satunya dapat diakses secara online maupun offline dan mampu menjaga kesesuaian antara RKPD dengan RPJMD. Aplikasi e-Planning JMC IT Consultant  telah dipercaya untuk membantu kinerja Bappeda di banyak daerah di Indonesia, bahkan menghantarkan DIY dan Provinsi Aceh meraih Penghargaan Perencanaan Terbaik.

e-Planning JMC IT Consultant sebagai alat bantu perencanaan pembangunan di Kabupaten Pidie Jaya hingga saat ini masih dalam proses pembangunan. Rapat koordinasi awal telah terselenggara pada bulan Juli lalu bertempat di Bappeda Kabupaten Pidie Jaya untuk memperoleh gambaran awal pekerjaan serta kebutuhan pembangunan aplikasi.

Selajutnya untuk rapat koordinasi lanjutan juga telah diselenggarakan pada hari Selasa (31/10/2017) bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Pidie Jaya. Pertemuan ini dihadiri oleh pimpinan dan segenap staff Bappeda Kabupaten Pidie Jaya. Agenda pada siang hari tersebut bertujuan untuk memaparkan aplikasi e-Planning JMC IT Consultant yang akan dibangun di Kabupaten Pidie Jaya. Selain menjelaskan mengenai gambaran aplikasi, dijabarkan pula fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi, laporan yang dihasilkan, serta diskusi mengenai hasil analisis RPJMD dan kelengkapan data.

Pembangunan aplikasi e-Planning JMC IT Consultant ini sejalan dengan upaya Kabupaten Pidie Jaya untuk menciptakan pemerintahan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dengan mengimplementasikan e-Planning JMC IT Consultant, Bappeda Kabupaten Pidie Jaya berharap agar pembangunan ke depan dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan transparan melalui proses perencanaan yang terorganisir secara digital.