Kebutuhan hidup yang semakin banyak menuntut masyarakat untuk mencari pekerjaan yang mampu memenuhi segala kebutuhan. Baik lulusan SMA/SMK maupun Perguruan Tinggi berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi yang layak di perusahaan swasta maupun negeri. Di jaman yang semakin maju, proses melamar kerja menjadi semakin mudah dengan adanya bantuan teknologi informasi. Para pencari kerja dapat mengetahui informasi perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan dan mengirimkan lamaran secara online.

Menyediakan lapangan pekerjaan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melihat banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan dan membutuhkan media pencarian pekerjaan yang terpadu maka Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kominfo bekerjasama dengan JMC IT Consultant untuk mengembangkan sistem informasi aplikasi pencari kerja.

Pada hari Selasa (03/01/2018) kemarin telah diadakan pertemuan dengan mengambil agenda Paparan Akhir Aplikasi yang bertempat di Ruang Rapat Diskominfo Kabupaten Bantul. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo dan pejabat terkait, sedangkan pihak JMC IT Consultant diwakili oleh Lusia Pusvita (Project Controller). Pada pertemuan ini dipaparkan mengenai hasil akhir aplikasi dan fitur-fitur di dalamnya.

 

 

Dengan adanya aplikasi ketenagakerjaan, para pencari kerja dapat mendaftar secara gratis dan mengisi data pribadi lalu melamar ke perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaaan. Selain itu aplikasi ini dibuat sebagai media dokumentasi Dinas Tenaga Kerja untuk melihat sejauh mana perkembangan lulusan Bursa Kerja Khusus (BKK). Para pencari kerja tidak perlu repot melakukan pendaftaran langsung, cukup mendaftar melalui aplikasi, lalu setiap data yang telah masuk akan dikirimkan ke perusahaan yang bersangkutan untuk diproses lamarannya.

Dinas Tenaga Kerja dapat menelusuri data pencari kerja dan mengirimkan data tersebut kepada perusahaan yang membutuhkan. Aplikasi ini juga dapat menampilkan beberapa laporan seperti data pencari kerja, daftar perusahaan, dan daftar lowongan per tahun. Pembuatan aplikasi ini diharapkan mampu membantu masyarakat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bidang minat masing-masing dan pada akhirnya akan mengurangi tingkat pengangguran di wilayah DIY.