Jakarta, Kominfo - Kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat berdampak kepada perubahan cara hidup biasanya dilakoni. Perkembangan teknologi dirasakan telah menyentuh seluruh aspek, tidak ada ruang yang tidak dimasuki kemajuan teknologi.

"Kita bicara bagaimana perkembangan teknologi di berbagai aspek seperti pasar, proses pembelajaran, pertanian, keuangan, kendaraan, makanan, kesehatan dan lain-lain, mengubah cara kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam seminar International Conference on Science, Management, and Engineering (ICSME 2018) bertema The Future is Now: How Strategy and Technology Determine the Winners of Tomorrow, di Hotel The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (22/10/2018). 

Menyikapi kondisi dampak akibat kemajuan teknologi tersebut, Menteri Rudiantara mengungkapkan, hampir setiap tahun Kemenkominfo mengirimkan generasi muda Indonesia belajar ke luar negeri, antara lain wilayah Eropa, Amerika, Australia, Cina, India serta kawasan lainnya. 

"Kami juga memiliki program Digital Talent dengan target mencapai 1.000 orang, namun peserta yang mendaftar lebih dari 40.000 orang. Kami seleksi melalui beberapa tahap menjadi 1.000 orang terpilih," ujar Menteri Rudiantara.

Menteri Rudiantara menganggap, cara tersebut dibutuhkan agar sumber daya manusia Indonesia mampu bersaing dan memiliki kualitas yang baik untuk mendukung peningkatan ekonomi digital.

Kehadiran dan kemajuan teknologi, menurut Menteri Rudiantara, tidak dapat dihindari. Justru, ucap Menteri Rudiantara, harus dimanfaatkan untuk mendukung produktivitas. 

Kemudian ditunjang dengan regulasi untuk mengembangkan ekosistem budaya digital yang lebih baik, mindset entrepreneurship dan inovasi yang dibutuhkan di masa depan.

Oleh karena itu, agar kemajuan teknologi dapat diserap dan dimanfaatkan merata di seluruh wilayah Indonesia, maka Menteri Rudiantara menyebutkan diperlukan juga dukungan infrastruktur jaringan internet di seluruh Indonesia melalui program satelit Palapa Ring Internet broadband Backbone.

ICSME 2018 adalah ajang tukar pikiran, ide dan gagasan dari para expert serta peneliti dalam pengembangan hasil riset di bidang strategic management, teknologi dan energi.**

Sumber : www.kominfo.go.id